10 Resep Mudah Camilan Tengah Malam

10 Resep Mudah Camilan Tengah MalamKeinginan ngemil larut malam biasa datang dari waktu ke waktu. Tetapi Anda mungkin sudah pernah mendengar sebelumnya, ngemil tengah malam dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Meskipun dapat menyebabkan makan berlebihan atau peningkatan asupan kalori, Anda tidak memerlukan junk food untuk merasa kenyang. Makan camilan tengah malam tidak harus menggagalkan rencana diet sehat Anda.

Berikut adalah 10 camilan tengah malam yang mudah dibuat, dilansir dari SymptomFind.com:

Loading...

1. Cracker Gandum dan Selai Kacang

Selai kacang bisa menjadi camilan sehat bila dimakan dalam jumlah moderat. Selai kacang merupakan sumber protein yang baik dan membantu memberikan perasaan kenyang.

Sedangkan cracker gandum rendah lemak dan rendah gula. Sebarkan 1 sendok makan selai kacang pada cracker gandum untuk memuaskan gigi manis Anda dan mengekang rasa lapar Anda sebelum tidur.

2. Greek Yogurt

Greek yogurt merupakan camilan tengah malam yang sehat untuk beberapa alasan. Tidak hanya mengandung kalsium dan protein, tetapi juga merupakan sumber probiotik yang baik, yang membantu Anda menjaga keseimbangan pencernaan.

Greek yogurt juga kurang karbohidrat dan gula dibandingkan yogurt biasa.

3. Sereal Gandum dan Susu

Sereal tidak hanya untuk sarapan. Namun juga bisa menjadi camilan tengah malam cepat dan sehat. Jauhi sereal manis, yang menambah kalori ekstra. Sebaliknya, pilih yang mengandung biji-bijian.

READ:  Cokelat, Teh dan Buah Beri Mampu Turunkan Resiko Diabetes

Pertimbangkan untuk menggunakan susu bebas lemak atau satu persen untuk menjaga kalori lebih rendah. Susu juga mengandung L-tryptophan, yang merupakan asam amino dan dapat membantu mempromosikan tidur.

4. Apel Hangat dengan Kayu Manis dan Granola

Jika Anda menginginkan sesuatu yang manis untuk camilan sebelum tidur, lewatkan pai dan kue. Panaskan apel dalam microwave selama sekitar tiga menit. Taburi dengan sedikit kayu manis dan percikkan dengan madu atau granola.

Apel merupakan sumber serat dan vitamin C sekitar 100 kalori. Dengan memanaskan apel dan menambahkan rasa ekstra, Anda mendapatkan rasa yang mirip dengan pai apel, tanpa kalori tentunya.

5. Daging Ayam Turki Iris dan Cracker Gandum

Irisan daging ayam turki pada cracker gandum adalah pilihan yang baik untuk ngemil tengah malam. Cracker gandum renyah dan merupakan sumber yang baik dari biji-bijian. Plus, triptofan dalam daging ayam turki dapat membantu menginduksi tidur, bahkan jika Anda hanya mengkonsumsinya sedikit.

6. Bar Buah Beku

Kadang-kadang Anda menginginkan makanan ringan yang dingin, menyegarkan, di akhir malam, tanpa perlu persiapan. Tidak ada yang lebih mudah daripada meraih bar buah beku dari freezer Anda. Bar buah beku merupakan camilan tengah malam sehat dikemas dengan vitamin.

READ:  Manfaat Kesehatan Buah Salak untuk Ibu Hamil

Anda dapat membuat sendiri atau membelinya dalam bentuk kemasan. Ketika membeli bar buah beku, carilah bar tanpa tambahan gula, yang terbuat dari 100 persen sari buah.

7. Almond

Kacang-kacangan, seperti almond, bisa menjadi camilan sehat setiap saat sepanjang hari, termasuk tengah malam.

Menurut World’s Healthiest Foods, almond tidak hanya mengandung antioksidan, tetapi juga mengandung vitamin B dan magnesium. Almond juga memiliki kalori lebih sedikit daripada jenis kacang lainnya.

8. Santan dan Strawberry

Meskipun susu sapi merupakan camilan tengah malam yang sehat, Anda bisa mencoba sesuatu yang sedikit berbeda. Tuang santan di atas sajian strawberry segar.

Santan tidak hanya mengandung kalsium dan protein, tetapi juga zat besi, niasin dan vitamin E dan C dalam jumlah tinggi. Strawberry, yang rendah kalori, merupakan sumber folat, magnesium dan vitamin C.

9. Keripik Kedelai dan Saus Sayuran Rendah Lemak

Jika saat tengah malam Anda menginginkan camilan asin, keripik kedelai dengan saus sayuran rendah lemak dapat memuaskan keinginan Anda.

READ:  4 Cara Penggunaan Bahan Kimia yang Dapat Merusak Rambut

Keripik kedelai merupakan pengganti keripik kentang yang baik karena rendah lemak dan kalori, sekaligus menyediakan protein. Sama seperti keripik kentang biasa, keripik kedelai datang dalam berbagai rasa.

10. Pisang Beku

Ketika ingin meraih camilan manis tengah malam, lewatkan es krim dan cobalah pisang beku. Pisang mengandung kalori lebih sedikit daripada es krim dan memberikan porsi kalium, yang dapat membantu masalah tidur.

Untuk menambahkan sedikit rasa ekstra dan kalsium, celupkan pisang ke dalam vanilla yogurt sebelum memasukkannya ke dalam freezer.

**

Hubungan antara camilan larut malam dan berat badan masih diperdebatkan di antara para peneliti. Menurut John Hopkins Medicine, asupan kalori dan aktivitas fisik Anda lebih penting daripada waktu saat Anda makan.

Meskipun ngemil tengah malam sesekali mungkin tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan, pastikan untuk membuat camilan yang ringan dan sehat.