Jaga Kesehatan Hati Anda dengan Cara Ini

Jaga Kesehatan HatiHati (liver) adalah salah satu organ terpenting di dalam tubuh kita. Organ terbesar tubuh ini bertugas membuang racun dari dalam tubuh. Organ ini sangat rentan dengan penyakit, baik karena yang disebabkan oleh virus maupun racun.

Kita mengenal berbagai macam penyakit hati, seperti Hepatitis A, B, C hingga sirosis (kanker) hati. Jika hati sampai mengalami sirosis, maka kecil kemungkinan untuk diobati, kecuali dengan transplantasi hati yang berbiaya mahal dan donornya sulit dicari.

Yang paling bahaya, banyak penyakit hati, seperti sirosis, tidak menunjukkan gejala yang signifikan hingga dapat menjadi sangat parah dan tidak tertolong lagi.

Loading...

Oleh sebab itu, jagalah hati Anda sedapat mungkin. Hindari mengonsumsi minuman keras, makanan terlalu asin dan kebanyakan mengambil obat-obatan kimia.

Selain itu, hati harus dijaga dengan cara yang sederhana, namun efektif, yakni sebagai berikut:

1. Makan sayuran

Sayuran sangat efektif sebagai bahan aktif detoksifikasi hati. Sayuran hijau, kubis, kale, wortel, bit dan lainnya, sangat baik untuk membersihkan hati dari racun. Hati ada organ tubuh pembersih racun, yang juga butuh dibersihkan dengan sayuran.

READ:  Apa saja Komposisi Minuman Bersoda?  

Pastikan Anda mengonsumsi sayuran setidaknya dua porsi sehari. Perbanyak bawang merah, bawang putih dan brokoli karena sayuran ini mengandung belerang yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pembersihan hati.

Saat hati membersihkan dirinya, ia membutuhkan jumlah nutris yang cukup agar bisa bekerja dengan maksimal. Jangan sampai Anda kekurangan nutrisi.

2. Air lemon

Air putih sebanyak 8-10 gelas sehari bisa membantu membersihkan hati. Paling baik jika memulai hari dengan segelas jus buah yang dicampur air lemon dengan perbandingan 1:1.

Lemon kaya asam sitrat yang mendorong hati memproduksi lebih banyak empedu, suatu zat yang mendorong racun dibuang dengan lebih cepat.

3. Pijatan

Cobalah berbaring terlentang, dan pijat dengang lembut daerah kandung empedu dan hati Anda yang terletak di sepanjang tulung rusuk, agak ke bawah, di sisi kanan tubuh. Pijatan lembut ini membantu meningkatkan sirkulasi darah ke hati.

4. Jangan bebani hati

Pekerjaan hati sangat berat, dan menjadi semakin berat jika harus memproses alkohol dan obat penghilang rasa sakit yang tidak perlu. Jangan minum alkohol terlalu banyak dan jangan biasakan minum obat jika penyakit tidak terlalu parah.

READ:  Cara Alami Mengobati Penyakit Asam Lambung

Banyak terjadi kasus kegagalan fungsi hati akibat dari keseringan mengambil obat penghilang rasa sakit.

5. Suplemen

Kunyit dan dandelion dianggap bisa membantu membersihkan sekaligus melindungi hati. Suplemen kunyit seberat 45 miligram dan 400 miligram dandelion setiap hari bisa membantu membersihkan hati.

Dandelion juga bisa diolah menjadi teh yang enak. Upayakan mencari kunyit dan dandelion yang bebas dari pestisida.

6. Cukupi kebutuhan mineral

Mineral sangat penting bagi proses detoksifikasi hati. Jangan lupa banyak mengonsumsi makanan kaya mineral, seperti sayuran. Mineral yang diperlukan untuk detoksifikasi, yakni magnesium, kalium, kalsium, sodium, tembaga, besi, seng, selenium, mangan dan lain-lain.

Saat makan, jangan hanya fokus pada makanan yang mengenyangkan, seperti karbohidrat yang kurang mengandung mineral. Perhatikan asupan mineral Anda.