4 Tips Membuat Kamar Kost Bersih dan Nyaman

 Kamar Kost Bersih dan NyamanBagi anda yang sedang kuliah maupun telah bekerja dan tinggal di kamar kost, tentu mengidamkan kamar yang bersih dan nyaman.

Meskipun ukuran nyaman dapat dikatakan relatif, namun pada umumnya kamar kost yang nyaman adalah kamar dimana kita memiliki suasana yang baik untuk beraktivitas di dalamnya terutama untuk belajar dan melakukan hobi lainnya.

Kamar kos yang tak nyaman dapat ditimbulkan dari suasana rumah kost maupun kamar kost kita sendiri yang berantakan misalnya, atau terlalu banyaknya barang sehingga kamar terasa amat sempit.

Loading...

Terlebih karena kamar kost bagaikan sebuah rumah kecil dalam satu ruangan dan kita menggunakannya untuk berbagai hal seperti menonton tv, makan, meletakkan sepatu dan tas, bermain musik dan lain sebagainya.

Hal tersebut membuat kamar kost tak jarang dipenuhi banyak barang dan tanpa kegiatan membersihkan kamar secara rutin, kamar pun cepat menjadi kotor dan berdebu.

Simak tips dari kami berikut untuk memiliki kamar kos yang bersih dan nyaman.

1. Ventilasi

Ventilasi udara amat penting dalam kamar untuk jalur masuk udara segar. Kamar tanpa atau dengan ventilasi yang amat minim akan membuat kamar cepat lembab dan tidak baik bagi kesehatan anda.

READ:  5 Ide Dekorasi Untuk Cerahkan Ruang Tamu Anda

Jika ada ventilasi dalam kamar anda, jangan tutup dengan kertas dan tidak membiarkan udara tidak bisa masuk. Sebaiknya gunakan kasa maupun bahan semacamnya yang tetap dapat membuat sirkulasi udara tetap lancar.

Untuk kamar ber-AC, anda dapat membuka pintu maupun jendela sesekali waktu untuk sirkulasi udara yang optimal. Tanpa udara segar yang masuk ke kamar, masalah yang timbul selain pada kesehatan kita adalah kamar yang mudah berjamur.

2. Barang yang Tersusun Rapi

Jika anda memiliki banyak barang dalam kamar anda, sebaiknya rapikan barang-barang tersebut dengan cara mengelompokkannya. Pisahkan area buku, peralatan makan, tas, sepatu, hingga barang-barang kecil lainnya seperti produk perawatan tubuh.

Untuk membuat kamar kecil terasa lapang, anda juga dapat memanfaatkan space untuk merapikan barang, seperti memiliki rak yang cukup memiliki banyak tempat untuk meletakkan barang.

Space di bawah tempat tidur juga dapat berfungsi untuk meletakkan koper dan di dalam koper anda juga dapat memasukkan tas-tas yang jarang dipakai. Dengan merapikan barang, selain kamar anda menjadi lebih nyaman, hal ini juga dapat memudahkan anda ketika sedang mencari suatu barang.

READ:  5 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Kost

3. Pastikan Semua Barang yang Masuk ke Kost Bersih

Baju, sepatu, helm hingga peralatan kebersihan seperti sapu harus dipastikan bersih ketika disimpan di dalam kamar kost.

Sepatu misalnya, sebaiknya miliki rak khusus sepatu maupun rak plastik gantung yang banyak dijual saat ini. Pastikan juga sepatu dibersihkan sebelum diletakkan dalam kamar karena debunya dapat menyebar ke seluruh ruangan.

Baju yang telah digunakan seharian sebaiknya tidak digantung namun langsung dimasukkan ke tempat pakaian kotor. Kuman yang didapatkan dari aktivitas di luar ruangan dapat menyebar jika dibiarkan menggantung maupun disimpan di lemari

Peralatan kebersihan seperti sapu, alat pel dan yang lainnya sebaiknya diletakkan diluar.

Untuk kamar kost yang memiliki kamar mandi di dalam, sebaiknya bersihkan kamar mandi serutin mungkin karena kuman dan bakteri yang ada dalam kamar mandi akan dengan mudahnya masuk ke dalam kamar.

4. Dekorasi Kamar Anda

Mengapa tidak? Untuk menciptakan suasana yang nyaman, anda dapat mendekorasi kamar anda sesuai selera anda. Anda dapat membeli beberapa dekorasi kamar yang cantik maupun membuatnya sendiri.

READ:  6 Tips Menyulap Kamar Kos Jadi Lebih Menarik dan Menyenangkan

***

Pastikan kamar kost anda nyaman dan bersih untuk aktivitas yang optimal serta terjaganya kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.