4 Cara Alami Melawan Stres

4 Cara Alami Melawan StresEntah itu dari pekerjaan, sekolah atau hanya melakukan tanggung jawab dari hari ke hari, stres telah menjadi bagian rutin dalam kehidupan kita sehari-hari.

Namun, Anda tidak perlu membuat keputusan yang tidak sehat, seperti penyalahgunaan alkohol atau obat, untuk menghilangkan stres.

Ada hubungan yang kuat antara kesehatan mental dan kesehatan fisik, itulah sebabnya mengapa penting untuk menemukan metode sehat untuk menghilangkan stres. Meskipun obat-obatan dapat membantu, ada cara alami untuk memerangi stres.

Loading...

Berikut adalah beberapa cara alami untuk memerangi stres, dilansir dari SymptomFind.com:

1. Konsumsi Makanan Sehat

Tidak bisa dipungkiri, dalam hal kondisi fisik dan mental, kita adalah apa yang kita makan. Jika Anda memilih makan junk food untuk menemukan kenyamanan dari stres, Anda hanya menyakiti diri sendiri dan akhirnya akan menemukan diri Anda berada dalam kondisi lebih stres ketika kesehatan Anda mulai menurun.

Obesitas, penyakit jantung dan diabetes – merupakan kondisi kesehatan akibat pola makan yang buruk dan dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda.

Untuk memerangi stres, konsumsilah makanan sehat seperti salmon, tuna, sayuran hijau, buah-buahan dan biji-bijian. Makanan ini mengandung asam lemak Omega-3, lemak tak jenuh ganda yang membantu neurotransmiter otak agar berfungsi dengan baik.

READ:  Jangan Anggap Remeh Singkong! Ini Alasannya

Bahkan makanan seperti dark chocolate, bila dikonsumsi dalam jumlah sedang (satu ons atau lebih per hari), dapat membantu mengangkat semangat Anda untuk menangkal stres. Dark chocolate dapat merangsang molekul yang sama di otak yang mengatur perasaan kita tentang cinta.

2. Olahraga

Menurut studi yang dilakukan oleh Mayo Clinic, olahraga efektif dalam memerangi stres untuk alasan fisik dan psikologis. Dari segi fisik, merangsang produksi endorfin.

Sedangkan dari segi psikologis, olahraga memberi Anda rasa keberhasilan dan meningkatkan kepercayaan diri. Hal ini juga menjadi saluran untuk mengeluarkan di saat-saat ketika Anda merasa seperti akan meledak karena tekanan dan beban yang Anda hadapi.

Dan, olahraga tidak harus dengan besi atau lari maraton. Namun juga dapat berarti kegiatan sederhana seperti naik sepeda saat pergi bekerja atau bahkan melakukan pekerjaan rumah tangga. Gaya hidup yang aktif tidak hanya dapat meningkatkan mood Anda, tapi juga dapat memperpanjang hidup Anda.

3. Meditasi

Ada beberapa jenis meditasi, termasuk transendental dan mediasi sadar.

READ:  Tips dan Cara Mengatasi Stres di Perkotaan

Sementara banyak kelas dan buku-buku yang membahas mengenai cara yang tepat untuk bermeditasi, hanya duduk dalam posisi yang nyaman, menutup mata, dan mengendalikan pernapasan Anda selama 15 hingga 30 menit sehari dapat melakukan keajaiban untuk membuat Anda melupakan apa yang melanda Anda dan mengarahkan energi mental Anda terhadap hal-hal yang positif. Dan ketika Anda merasa positif, Anda tidak merasa stres.

4. Yoga

Seperti meditasi, popularitas yoga berkembang dengan pesat. Yoga memberikan peningkatan energi, menurunkan stres dan menenangkan kecemasan, tiga manfaat potensial yang dapat melakukan keajaiban bagi kesehatan Anda.

Selain itu, instruksi yoga biasanya dilakukan dalam pengaturan kelompok, sehingga interaksi sosial itu sendiri dapat membantu mengurangi ketegangan dan stres.

Namun, jika Anda lebih tenang dan nyaman dengan kesendirian, yoga dapat dengan mudah dilakukan sebagai aktivitas solo. Anda dapat menemukan banyak buku, situs web dan media yang memberikan tips dan instruksi yang tepat untuk melakukan yoga, semuanya dapat dilakukan dalam kenyamanan rumah Anda.

READ:  Bagaimana Akupuntur Bekerja Untuk Meringankan Stres?

Yoga melibatkan konsentrasi tingkat intens, dan juga bisa jadi intens dari perspektif fisik. Tetapi jika dipraktekkan dengan benar, yoga dapat memberikan manfaat psikologis yang memadai, salah satunya adalah cara yang sehat dan alami untuk memerangi stres.

**

Meskipun keempat cara di atas efektif dan alami untuk memerangi stres, penting untuk mencari bantuan profesional dan peduli jika Anda menderita serangan stres parah.

Dalam beberapa kasus, obat cepat dan sederhana mungkin tidak cukup untuk membantu seseorang mengatasi stres, terutama jika ia menderita suatu kondisi yang memerlukan pengobatan yang tepat dan observasi klinis.