10 Makanan Sehat bagi Wanita Hamil

10 Makanan Sehat Bagi Wanita HamilSelama sembilan bulan kehamilan, penting bagi wanita hamil mendapatkan nutrisi yang tepat untuk kesehatan bayinya. Di atas semua itu, banyak wanita yang tidak tahu apa yang harus mereka konsumsi.

Berikut adalah daftar beberapa makanan yang bermanfaat bagi kehamilan, tanpa urutan tertentu, dilansir dari SymptomFind.com:

1. Alpukat dan Kacang

Alpukat dan kacang-kacangan baik selama kehamilan. Keduanya sarat dengan lemak yang bermanfaat, yang penting untuk perkembangan otak bayi.

Alpukat juga kaya akan asam folat, yang penting untuk perkembangan sistem saraf bayi; vitamin B6, yang penting untuk pertumbuhan jaringan dan dapat membantu morning sickness pada ibu, juga vitamin C dan kalium.

2. Telur

Telur merupakan makanan yang dikemas dengan protein, yang menyediakan sejumlah manfaat dengan sekitar 90 kalori. Telur mengandung 12 vitamin dan mineral yang berbeda.

Beberapa telur bahkan diperkaya dengan DHA, sejenis asam lemak omega-3 yang baik bagi ibu dan bayi. Telur rendah lemak jenuh, dan meskipun tinggi kolesterol, wanita dengan kadar kolesterol normal dapat mengkonsumsi sampai dua telur per hari dengan aman tanpa masalah apapun.

READ:  Akhir Pekan, Lakukan 7 Perawatan Kecantikan Mingguan Ini

3. Daging Tanpa Lemak

Daging merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang penting untuk perkembangan jaringan. Pilih daging yang setidaknya 95 persen tanpa lemak, atau pangkas lemak yang terlihat.

Daging sapi adalah pilihan yang baik karena selain protein, daging ini juga mengandung kolin, suatu vitamin B esensial. Daging ayam atau kalkun juga bisa jadi pilihan yang baik, karena keduanya secara alami tanpa dan rendah lemak jenuh.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan pembangkit vitamin yang berisi lebih banyak nutrisi dari hampir semua makanan lainnya. Plus, sayuran hijau rendah kalori, sehingga mereka yang memiliki masalah berat badan dapat mengkonsumsinya.

Sayuran berdaun hijau mengandung asam folat, zat besi, vitamin A, dan bahkan kalsium.

5. Buah dan Sayuran Berwarna

Buah dan sayuran berwarna, seperti wortel, brokoli, paprika merah, mangga, persik dan banyak lagi yang dikemas dengan berbagai macam vitamin yang penting untuk pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Menurut Department of Agriculture dan American Dietetic Association di Amerika Serikat, setengah menu makanan apapun harus berupa buah dan sayuran untuk memastikan bahwa nutrisi penting cukup tersedia untuk bayi.

READ:  Cantik dan Tetap Menawan Saat Hamil

6. Sereal gandum

Sereal gandum memiliki sejumlah manfaat bagi wanita hamil. Pertama, cukup ringan pada perut yang mual, jadi jika morning sickness menjadi masalah, keripik gandum bisa jadi pilihan. Mereka juga merupakan sumber serat, vitamin B dan mineral lainnya.

Jika Anda khawatir mengenai kolesterol, ada bukti yang menunjukkan bahwa biji-bijian juga membantu menurunkan kolesterol.

7. Sayuran Kacang-Kacangan

Sayuran kacang-kacangan merupakan sumber protein serta kaya serat. Beberapa hal yang paling tidak menyenangkan dari kehamilan adalah sembelit dan wasir, yang disebabkan ketika saluran pencernaan melambat.

Sayuran kacang dapat membantu menjaganya berjalan lancar dan meringankan beberapa gejala tersebut.

8. Produk Susu

Produk susu menyediakan kalsium, yang sangat penting untuk pembentukan tulang bayi serta gigi ibu, juga tulang yang kuat. Sumber kalsium yang baik termasuk keju cottage, yogurt, keju dan susu.

Banyak sari buah yang diperkaya dengan kalsium, jika produk susu menimbulkan masalah bagi ibu. Susu juga menyediakan protein dan asam folat.

9. Salmon

Salmon sangat baik bagi kehamilan, tetapi harus dikonsumsi dengan hati-hati. Karena salmon memiliki peningkatan kadar merkuri, sehingga mengkonsumsi lebih dari 12 ons per minggu tidak dianjurkan. Salmon sarat dengan protein, asam lemak omega-3, asam folat dan bahkan kalsium.

READ:  Tips Menjaga Kebersihan Tubuh Saat Hamil

Konsumsi salmon mentah, seperti sushi, sebenarnya merupakan salah satu hal yang harus dihindari oleh wanita hamil, jadi pastikan salmon dimasak sepenuhnya.

10. Air

Air mungkin bukan merupakan makanan, tetapi harus berada dalam daftar ini karena penting untuk setiap sel dalam tubuh manusia, baik ibu dan bayi.