5 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Kuku

Loading...

Menjaga Kesehatan KukuMelakukan perawatan tubuh memang menjadi salah satu ritual penting yang harus dilakukan oleh setiap wanita guna menjaga kecantikan penampilan mereka. Namun sayangnya, sebagian besar wanita hanya fokus pada perawatan di area wajah saja.

Padahal kita tahu bahwa bagian tubuh lainnya juga perlu diberi perhatian ekstra, salah satunya yaitu kuku.

Kuku memang bagian tubuh yang memiliki tekstur lebih keras dibanding area lainnya, meskipun begitu bukan berarti kuku tidak mengalami masalah kesehatan dan proses penuaan.

Salah satu masalah kuku yang dapat Anda alami adalah berubahnya warna kuku menjadi kuning dan rapuh, akibat penurunan sirkulasi secara bertahap pada kuku Anda, selain itu terlalu sering mengecat kuku juga dapat memberi dampak yang buruk pada kuku.

Untuk membantu Anda menjaga keindahan dan kesehatan kuku, simaklah beberapa cara mudah merawat kuku seperti di bawah ini:

1. Olahraga

Rutin berolahraga bukan hanya dapat membangun serta membentuk otot tubuh Anda, tetapi juga mampu membuat kuku Anda menjadi lebih sehat dan kuat.

READ:  Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Melakukan latihan kardio selama 20 hingga 30 menit akan meningkatkan aliran darah menuju tangan dan kaki. Jadi sebaiknya lakukan latihan ini paling tidak tiga kali seminggu.

Terkadang Anda bisa mendapati kuku kaki yang menebal namun rapuh. Berhati-hatilah, hal ini biasanya disebabkan oleh penggunaan sepatu yang terlalu ketat serta keseringan menggunakan sepatu dengan hak tinggi.

2. Berikan pijatan

Wanita selalu ingin memiliki tampilan kuku yang indah, untuk itu jangan lupa selalu berikan pijatan dengan menggunakan scrub alami. Anda dapat membuatnya dengan mudah, campurkan gula, minyak zaitun dan jus lemon lalu terapkan pada kuku Anda sambil memberi pijatan lembut.

Dengan menerapkan campuran ini, kuku Anda akan terjaga kelembabannya, membuat kuku semakin putih serta mempelancar sirkulasi darah.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan satu sendok teh ke dalam campuran tersebut lalu kemudian gosokkan pada kuku serta kutikula Anda, lakukan pijatan dengan gerakan memutar selama kurang lebih 5 hingga10 menit.

3. Jangan memotong semua kutikula

Jangan menghilangkan semua kutikula Anda, karena Anda dapat memanfaatkan kutikula guna melindungi kuku dari infeksi.

READ:  Nutrisi Terbaik Untuk Mata Sehat

Anda bisa memotong bagian kecil kutikula yang membuat Anda cukup terganggu, setelah itu oleskan sedikit alkohol, gosokkan pada kuku dengan lembut sehingga minyak alami dari kuku Anda hilang dan kuku menjadi lebih bersih.

4. Cobalah manikur kering

Tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan manikur kering, perawatan ini tentunya tidak akan memakan waktu yang lama.

Selain itu, Anda dapat mengoleskan lotion ataupun minyak pada kuku Anda secara perlahan, karena hal ini dapat membantu membuat kulit tangan Anda menjadi lebih halus serta membuat kuku lebih cepat tumbuh.

5. Aplikasikan base

Bagi Anda yang senang mengecat kuku, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan base coat yang mengandung keratin. Ini dilakukan guna mencegah kuku Anda dari kerapuhan. Anda dapat menggunakan base coat sebelum mengecat kuku.

**

Untuk mendapatkan kuku sempurna, Anda tidak hanya perlu untuk melakukan berbagai perawatan, tetapi juga harus melakukan olahraga agar dapat memiliki tampilan kuku yang indah.

Melakukan perawatan kuku merupakan salah satu hal yang tak boleh lupa untuk Anda lakukan. Perawatan ini tidak harus selalu dilakukan di salon kecantikan, karena Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.