6 Tips dan Cara Mengatasi Bau Kaki

Loading...

Cara Mengatasi Bau KakiKaki merupakan bagian tubuh kita yang sering terlupakan atau luput dari perhatian, padahal kakilah yang membawa kita melakukan berbagai aktivitas harian.

Perhatian yang sering luput, seperti menjaga kebersihan dan kesehatan kaki dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. Namun hal yang paling mudah terjadi ada bau kaki yang tidak menyenangkan.

Bagaimana tidak? Selain bau yang mengganggu, kita juga merasa tak nyaman karena kaki terasa berkeringat. Namun yang paling menyebalkan adalah ketika bau tersebut juga mengganggu kenyamanan orang lain.

Sebenarnya bau kaki disebabkan oleh 2 faktor, kelenjar keringat dan kondisi sepatu yang kita kenakan. Tahukah anda jika tubuh kita mengeluarkan 250.000 kelenjar keringat dan kelenjar keringat banyak keluar pada bagian kaki.

Sebenarnya keringat tidak serta merta membuat kaki bau. Yang menjadi penyebabnya adalah bakteri yang tercampur dengan keringat. Bakteri pun dapat berasal dari kaki kita maupun sepatu yang kita kenakan.

Untuk menghindari dan mengatasi bau kaki, berikut kami bagikan tipsnya untuk anda.

1. Rajin Mengganti Kaus Kaki

Terkadang kita menggunakan 1 kaus kaki berulang-ulang. Hal tersebut dapat mennyebabkan kaus kaki kotor dan mengandung banyak kuman maupun bakteri sehingga dapat menyebaban bau kaki.

READ:  Tips Atasi Bau Kaki Secara Alami

Gantilah kaus kaki dengan rutin dan pastikan anda mengenakan kaus kaki yang kering dan bersih untuk tetap menjaga kebersihan kaki.

Memilih bahan kaus kaki yang menyerap keringat dan dapat menjaga sirkulasi udara pada kaki juga dapat membantu mencegah bau kaki. Pilih kaus kaki berbahan katun atau yang mengandung serat kain berbahan alami ketimbang yang berbahan nylon.

2. Masukkan Penghilang Bau dalam Sepatu

Saat sepatu tak dikenakan, letakkan penghilang bau yang dapat berupa spray maupun bentuk lainnya. Hindari menyemprotkan parfum atau pengharum biasa karena akan mencampur bau yang ada namun tidak menghilangkannya.

3. Menjaga Kebersihan Sepatu

Tanpa kita sadari, sepatu dapat menjadi sarang kuman yang mengganggu kesehatan kaki. Untuk menegah bau kaki, pastikan sepatu anda terjaga kebersihannya dan tetap kering.

Jika sepatu berbahan menyerap air terkena hujan, keringkan dengan cara memasukkan koran kedalamnya dan biarkan hingga dalamnya kering.

Anda juga dapat mengeringkannya dengan cara instan dengan pengering rambut maupun menjemurnya.

Untuk menjaga kebersihan sepatu, bersihkan sepatu seminggu sekali dengan cara menjemur dan membersihkan dalamnya. Anda juga dapat menyemprotkan spray antiseptik.

READ:  Mengenal Jenis dan Manfaat Jamur

4. Bedak

Sebelum menggunakan sepatu dan untuk menjaga kaki tidak lembab dan bau, anda dapat menggunakan bedak khusus penghilang bau kaki maupun jenis lainnya.

5. Soda Kue

Ya, soda kue dapat menjadi bahan untuk menghilangkan bau dalam sepatu. Caranya cukup mudah, masukkan atau taburkan soda kue ke dalam sepatu sesuai dengan ukuran sepatu (1 atu 2 sendok teh) dan biarkan semalam.

Keesokan harinya, anda dapat membersihkan soda kue dalam sepatu dengan cara menggunakan penyedot debu atau dengan menepukkan sepatu dan membersihkan sisa soda kue yang menempel dengan sikat gigi.

6. Menjaga Kebersihan Kaki

Untuk menjaga kebersihan kaki, selain memastikan kaki kering sebelum memakai sepatu, anda dapat rajin mencuci kaki anda dengan sabun antiseptik.

Alternatif lainnya adalah menggunakan alkohol maupun cairan penyegar mulut. Pada intinya, anda dapat menggunakan bahan-bahan penghilang bakteri untuk menjaga kebersihan kaki.

***

Tetap menjaga kebersihan kaki dan sepatu anda untuk terbebas dari bau kaki. Bye smelly feet!