5 Cara Efektif Memotivasi Diri Berolahraga

Cara Efektif Memotivasi Diri BerolahragaBanyak orang yang tidak memiliki rencana berolahraga dengan beragam alasan. Ada yang ingin mempertahankan kesehatan, menjaga berat badan, dan mengurangi lemak.

Tapi, tidak semua orang bisa sukses melakukannya. Rasa malas sering datang dan membuat tubuh tidak semangat. Anda sudah menyetel alarm untuk bangun pagi dan berolahraga, tapi Anda malah tidur lagi.

Jika demikian, Anda memerlukan motivasi yang besar. Untuk itu, Anda bisa mencoba langkah di bawah:

1. Bersama teman-teman

Teman-teman kita seringkali bisa memberikan energi positif yang memotivasi hidup dan kegiatan kita. Bukalah diri Anda dengan teman-teman Anda, jadikan mereka mitra dan sumber dukungan Anda.

Teman yang baik pasti bisa memberikan motivasi yang dibutuhkan. Buatlah komitmen dengan mereka untuk berolahraga bersama, seperti jogging bersama atau fitness bersama. Dengan demikian, Anda sulit mengingkarinya, bukan?

2. Variasikan olahraga

Usahakan jangan terpaku dengan satu jenis olahraga saja. Misalnya, Anda senang lari pagi, sebaiknya variasikan rute yang Anda lewati jika Anda bosan dengan rute yang sama.

READ:  Tips Agar Tetap Termotivasi Berolahraga

Jika Anda bosan dengan olahraga pagi, Anda bisa ikut latihan yang lain, seperti treadmill, senam bersama di pusat kebugaran dan sebagainya. Anda bisa memadukan seluruh jenis latihan dan akan lebih baik lagi bila berkonsultasi dengan ahlinya.

3. Dengarkan musik

Seringkali lagu atau musik tertentu bisa sangat membantu menyemangati hidup kita. Irama lagu tertentu bisa mendorong emosi  dan memberikan motivasi. Tempo lagu yang lebih cepat juga bisa mendongrak kemampuan olahraga Anda.

Musik memberikan energi positif yang membuat Anda tetap bergerak. Anda bisa membuat playlist (daftar putar sendiri) di gadget Anda. Pilihlah musik yang membuat Anda tetap bergerak.

4. Jaga kesehatan mental

Berolahraga bisa membuat tubuh lelah secara fisik, tapi juga mampu meningkatkan kesehatan mental. Kualitas tidur menjadi lebih baik, stres dan depresi berkurang, serta menenangkan pikiran.

Para ahli mengatakan otak menjadi lebih tenang jika tubuh bergerak. Anda menjadi lupa dengan masalah dan stres yang membebani. Tidak ada seorang pun yang tidak memiliki masalah di dunia ini, sehingga kita butuh kesehatan mental yang selalu stabil. Ini bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk rajin berolahraga.

READ:  Sedapnya Sup Ayam Saat Musim Penghujan

5. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Kadang-kadang kita perlu meluangkan waktu sendiri untuk merenungkan kembali pencapaian hidup, evaluasi diri atau mencari jalan keluar atas masalah kita. Anda bisa melakukannya sambil berolahraga, misalnya dengan berjalan kaki ke taman seorang diri.

Cara ini bisa membuat Anda lebih bebas dan fokus memikirkan masalah Anda sendiri.

6. Bayangkan hasil akhir

Apa tujuan Anda berolahraga? Jika Anda bertujuan menurunkan berat badan, maka bayangkan hasil akhirnyanya. Anda bisa lebih kurus, bisa mengenakan pakaian renang favorite Anda, gaun favorit Anda menjadi lebih cocok di tubuh Anda, tubuh menjadi lebih bugar dan banyak lagi.

Bayangan-bayangan menyenangkan semacam ini bisa menjadi motivator utama. Tubuh menjadi lebih ringan untuk melakukan olahraga.

7. Bayangkan garis finish

Saat Anda memulai berlari atau latihan di pusat kebugaran, bayangkan saat Anda selesai melakukannya. Misalnya Anda memulai dari depan rumah, maka bayangkan Anda berhasil sampai ke taman. Bayangkan rasa bugar yang bisa Anda dapatkan setelah selesai berolahraga.

READ:  Pelukan Teratur Datangkan Banyak Manfaat Kesehatan

Jika Anda berhasil mencapai tujuan Anda, bayangkan orang-orang yang akan mengakui dan memuji pencapaian Anda.