4 Cara Sederhana Cegah Penyakit Jantung

4 Cara Sederhana Cegah Penyakit JantungPenyakit jantung adalah istilah yang digunakan luas untuk menggambarkan berbagai penyakit jantung, yang meliputi: gagal jantung, penyakit jantung bawaan, koroner, cardiomyopathy, penyakit vaskular, irama jantung abnormal, inflamasi jantung.

Jika Anda termasuk salah satu dari faktor resiko dan Anda ingin membuat perubahan, Anda bisa mulai dengan cara-cara berikut untuk mencegah penyakit jantung, dilansir dari Symptom Find:

1. Lebih Aktif Secara Fisik

Seiring bertambahnya usia, kebanyakan orang malah menjadi kurang aktif secara fisik. Fakta bahwa diet dan gizi mulai menurun dan kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menjalani gaya hidup yang lebih aktif:

– Cobalah untuk menggunakan tangga, bukan lift.
– Parkir kendaraan Anda sedikit jauh dari tujuan Anda untuk meningkatkan jarak berjalan.
– Turun dari bus, kereta api atau taksi beberapa blok jauhnya dari tujuan Anda dan berjalanlah untuk sisa perjalanan.
– Lakukan pekerjaan rumah tangga Anda sendiri, seperti membersihkan atau berkebun.
– Cobalah berdiri atau mondar-mandir saat menerima panggilan telepon.
– Lakukan olahraga kecil saat sedang menonton TV.

2. Kurangi Stres

Jika Anda memiliki salah satu faktor resiko penyakit jantung akibat stres, cobalah beberapa teknik relaksasi ini:

– Meditasi: Ini bukan hanya berarti duduk di lantai dengan mata tertutup. Ketika Anda bermeditasi, Anda membersihkan pikiran Anda. Hal ini dapat dilakukan di mana saja dan bahkan bisa dalam bentuk kegiatan dengan tindakan berulang-ulang. Berenang, melukis , berkebun dan memancing adalah contoh kegiatan yang dapat digunakan untuk bermeditasi.

READ:  10 Tips Latihan Kardio Efektif Jadikan Jantung Anda Sehat

– Tarik napas dalam: Secara harfiah mengambil langkah mundur dan bernapas dalam-dalam saat sedang stres.

– Sisihkan waktu untuk diri sendiri: Sangat mudah untuk mengabaikan waktu yang sangat diperlukan untuk diri sendiri jika Anda dibombardir oleh pekerjaan dan kehidupan keluarga. Atur waktu dalam sehari hanya untuk diri sendiri dan coba untuk tetap berpegang pada itu.

– Musik: Jika anda berencana untuk menghilangkan stres dengan mendengarkan musik, jangan memutar musik sembarangan. Coba dengarkan musik instrumental dengan tempo lambat untuk membantu Anda meringankan stres.

3. Buang Kebiasaan Buruk

Studi menunjukkan bahwa orang yang merokok memiliki dua kali lipat resiko serangan jantung dibanding yang bukan perokok. Berhenti merokok atau tidak merokok sama sekali tampaknya menjadi salah satu cara termudah untuk mencegah penyakit jantung. Namun, perokok lama akan memiliki waktu yang sangat sulit untuk mengubah kebiasaan itu.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menghentikan kebiasaan adiktif ini:

– Tetapkan tanggal kapan Anda ingin berhenti, dan minta dukungan dari teman dan keluarga untuk membantu Anda memenuhi tenggat waktu itu.
– Bicaralah dengan dokter dan cari bantuan dan dukungan profesional.
– Kurangi perlahan-lahan dan coba terapi pengganti nikotin.
– Ganti kebiasaan merokok dengan kebiasaan oral lainnya seperti mengunyah permen karet ketika ingin merokok.

READ:  Suntikan Sel Punca Dapat Membantu Menyembuhkan Penyakit Jantung

4. Makanan Pencegah Penyakit Jantung

Ubah diet Anda dan temukan makanan yang dapat mencegah penyakit jantung, diantaranya adalah sebagai berikut:

– Ikan: Salmon, herring, tuna dan mackerel sarat dengan asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh. Kadar trigliserida tinggi telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan stroke, dan biasanya akibat dari obesitas dan diabetes yang tidak diuji. Menurunkan kadar trigliserida juga dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh.

– Makanan unggas: Kalkun, ayam dan unggas lainnya rendah lemak dan tinggi protein, terutama jika Anda mengkonsumsinya tanpa kulit. Cobalah untuk menghindari gorengan dan roti ayam roti yang tinggi lemak.

– Daging tanpa lemak: Daging tidak buruk jika Anda mencoba untuk mencegah penyakit jantung. Pastikan Anda mendapatkan potongan daging tapa lemak untuk steak dan burger, dan cobalah untuk membatasi asupan daging merah Anda mungkin sekali atau dua kali seminggu.

– Buah: Apel, jeruk, pisang, aprikot, strawberry, melon dan hampir semua buah lainnya yang dapat Anda pikirkan harus ditingkatkan dalam diet Anda. Serat dan nutrisi lain seperti vitamin C dan kalium menjadikan buah-buahan sebagai sumber makanan yang sangat baik. Banyak buah-buahan juga rendah GI, seperti melon dan apel, menjadikannya pilihan makanan bagi penderita diabetes.

READ:  Tips dan Cara Merawat Kulit dan Mengurangi Keriput

– Gandum: Serat dan omega-3 yang ditemukan dalam makanan gandum baik untuk mengatur tekanan darah dan menurunkan kolesterol. Tidak heran mengapa produk gandum telah ditemukan dapat mengurangi resiko penyakit jantung, kanker dan diabetes.

– Anggur merah: Jika Anda ingin mencegah penyakit jantung, cobalah minum satu gelas anggur merah per hari. Anggur merah mengandung senyawa yang disebut resveratrol, yang telah ditemukan dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Dan juga merupakan pengencer darah yang efektif, yang dapat melindungi arteri dan menjaga dari pembentukan gumpalan darah.