Penuhi Nutrisi Tubuh Anda di Usia 20 Tahun

Asupan Nutrisi RemajaMencapai usia 20 tahun menjadi usia dimana pertumbuhan tubuh dan kesehatan penting untuk diperhatikan, karena itu dibutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup. Pada usia ini dapat dikatakan Anda masih memiliki metabolisme yang aktif, sehingga nafsu makan akan lebih banyak dibandingkan saat memasuki usia 30, 40 dan 50-an tahun.

Namun hal ini bukan berarti menjadi alasan untuk Anda mengonsumsi berbagai jenis makanan hanya karena di usia Anda saat ini. Anda harus mulai memikirkan makanan apa yang baik untuk dikonsumsi dan tidak akan memberikan dampak saat Anda telah lanjut usia.

Karena itu, berikut akan kami bagikan untuk Anda para remaja mengenai zat apa saja yang perlu untuk Anda penuhi saat mencapai usia  20 tahun.

1. Kalsium

Kalsium menjadi nutrisi yang penting untuk Anda penuhi saat memasuki usia 20 tahun. Meskipun saat anak-anak kebutuhan nutrisi juga sangat diperlukan, tetapi saat mencapai usia 20 tahun akan lebih banyak pemenuhan kalsium yang dibutuhkan untuk tubuh Anda.

READ:  Menakjubkan, 6 Jenis Buah ini Penghasil Zat Besi untuk Tubuh Kita

Makanan yang kaya akan kalsium akan mencegah osteoporosis dan tulang lemah di usia tua nantinya. Sebagai seorang wanita, Anda secara alami akan cenderung kehilangan kepadatan tulang saat menjadi  lebih tua.

Tetapi dengan banyaknya jumlah kalsium yang Anda penuhi untuk tulang saat berusia muda maka akan lebih menjaga  kepadatan tulang saat tua nanti. Karena itu beberapa jenis makanan seperti susu, telur dan ikan dapat Anda konsumsi untuk memenuhi kebutukan kalsium harian Anda.

2. Protein

Saat berusia 20 tahun, kebutuhan nutrisi sangat diperlukan. Karena itu sebaiknya hindari program diet yang banyak dilakukan remaja saat ini karena ingin menghindari tubuh yang gemuk nantinya.

Jika Anda melakukan diet di usia 20 tahunan, resiko Anda kehilangan banyak nutrisi penting untuk tubuh menjadi lebih besar. Salah satu efek samping dari diet  adalah Anda tidak hanya kehilangan lemak tapi massa otot akan berkurang padahal otot sangat penting untuk menjaga tubuh tetap kuat dan sehat.

Mengonsumsi banyak protein sangat diperlukan untuk menjaga otot-otot pada anggota tubuh Anda. Mengonsumsi ayam dapat menjadi salah satu cara pemenuhan protein jika Anda tidak suka biji-bijian. Salah satu sumber protein yang paling baik untuk Anda adalah ikan.

READ:  Rahasia Kesehatan dibalik Sayuran Kubis

3. Lemak

Pada usia 20 tahun lemak bukan menjadi musuh Anda. Tetapi penting diingat untuk menjaga jumlah lemak dalam tubuh agar tidak memberi dampak buruk nantinya.

Anda dapat memilih yoghurt rendah lemak untuk dijadikan sebagai  sarapan atau sebagai camilan. Ini akan lebih membuat Anda merasa kenyang lebih lama dibanding harus mengonsumsi berbagai jenis makanan cepat saji yang hanya akan menyebabkan penyakit.

4. Karbohidrat

Sama dengan lemak, pemenuhan karbohidrat  juga tidak seharusnya menjadi hal yang harus Anda takutkan saat berada dalam usia 20-an. Mengonsumsi banyak pasta dan roti putih akan memenuhi kebutuhan karbohidrat harian Anda.

**

Demikian beberapa jenis nutrisi dan gizi yang penting untuk dipenuhi saat memasuki usia 20 tahun. Masih banyak jenis gizi dan nutrisi yang harus untuk dipenuhi seperti serat untuk kelancaran sistem pencernaan Anda.

Usia 20 tahun menjadi usia pertumbuhan untuk tubuh Anda, karena itu bekali tubuh Anda dengan nutrisi dan gizi sesuai dengan kebutuhan agar saat tua nanti tidak akan mudah terserang berbagai jenis penyakit. Semoga bermanfaat.