8 Tips dan Cara Merawat Perhiasan Perak

Cara Merawat Perhiasan PerakPerhiasan perak memang dikenal amat menawan. Selain karena harga yang lebih murah dibanding perhiasan emas, model perhiasan perak juga amat beragam.

Perpaduan dengan batu-batu yang dapat membuatnya tampak semakin eksotis, ditambah dengan ciri detil yang rumit menjadikan perhiasan perak menjadi favorit tidak hanya di kalangan wanita namun juga pria.

Dibalik indahnya perhiasan perak, terdapat pula kekurangannya yaitu dalam urusan perawatan. Ya, urusan merawat perhiasan perak agar tetap terlihat bersih memang tidak mudah.

Menggunakan perhiasan perak setiap hari kapan membuat kilau pada perhiasan pudar dan perawatan yang tidak rutin akan membuat perak terlihat gelap dan tak lagi cantik. Merawat perhiasan perak ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan. Bahan-bahan perbersihnya pun dapat dengan mudah ditemukan.

Yuk ikuti tips merawat perhiasan perak dari kami berikut.

1. Bersihkan perhiasan secara rutin

Setiap setelah atau  akan mengenakan perhiasan perak, sebaiknya anda bersihkan menggunakan kain dari bahan yang lembut. Untuk menghindari kerusakan pada perak, bersihkan dengan cara menggosok lap ke arah yang sama dan tidak menggosoknya dengan kasar.

READ:  Cara Memerahkan Bibir Secara Alami Tanpa Menggunakan Lipstik

2. Jangan gunakan saat mandi

Perhiasan perak sebaiknya tidak digunakan saat mandi atau beraktivitas outdoor yang berat. Hal ini untuk menghindari perak cepat rusak dan kotor. Lepas perhiasan ketika mandi maupun untuk aktivitas yang berat.

Selain tidak baik jika sering terkena air, cairan seperti sabun dan lainnya juga dapat membuat kilau perak cepat pudar.

3. Baking soda

Anda dapat memanfaatkan baking soda yang dapat membersihkan namun tetap merawat perhiasan perak anda.

Caranya cukup mudah. Rendam perhiasan dalam air panas yang telah dicampur 2 hingga 3 sendok teh baking soda. Angkat setelah beberapa menit dan bersihkan hingga kering dengan lap kain berbahan lembut.

4. Deterjen

Anda juga dapat membersihkan perak dengan deterjen yang tidak berbahan keras. Campur deterjen secukupnya ke dalam air panas dan bersihkan perhiasan perak anda di dalamnya dengan menggunakan sikat gigi.

Sikat dengan lembut dan seksama terutama dalam detil perhiasan. Lalu keringkan dengan lap kain.

Hindari menggosok batuan yang ada pada perhiasan dengan deterjen karena dapat merusak kilaunya. Untuk perhiasan perak dengan bebatuan sebaiknya dibedakan cara membersihkannya.

READ:  Tips Memilih Perhiasan yang Tepat Sesuai Warna Kulit

5. Hindari bahan mengandung sulfur

Hindari menggunakan perhiasan perak saat anda menggunakan sesuatu yang berbahan sulfur, misalnya lotion atau sabun. Hal tersebut dapat membuat perak ceat berubah warna.

Begitu juga saat berenang di kolam yang mengandung kaporit, hindari mengenakan perhiasan perak anda.

6. Parfum

Kandungan parfum dapat membuat perhiasan perak cepat berubah warna dan tidak berkilau lagi. Sebaiknya kenakan parfum lalu tunggu sesaat hingga kulit anda kering.

7. Pasta gigi berwarna putih

Jika kilau perhiasan perak maupun warnanya sudah tidak sama lagi, anda dapat memanfaatkan penggunaan pasta gigi berwarna putih untuk membersihkan perak anda.

Pastikan tidak anda pasti gigi yang tersisa maupun terselip di setiap detil perhiasan karena akan terlihat tidak indah.

8. Bahan-bahan perawatan khusus perak

Ini yang amat praktis, biasanya di toko yang menjual perhiasan perak mereka juga memiliki bahan-bahan maupun produk perawatan khusus perhiasan perak.

***

Jaga kemilau perhiasan perak anda dan tetaplah terlihat menawan!