6 Cara agar Kamar Tidur Tak Mudah Berjamur

Loading...

Kamar TidurDinding berjamur dapat menjadi masalah pada kamr tidur yang sangat tak menyenangkan. Selain warna dinding yang dapat berubah menjadi hijau, cat dinding yang mengelupas hingga bau yang tidak sedap dapat timbul dari jamur pada kamar tidur.

Berbeda dengan ruangan lainnya, sebagian besar kamar tidur berukuran lebih kecil dari ruangan lainnya di rumah. Selain itu, sirkulasi udara dalam kamar tidur yang tidak baik juga dapat menyebabkan jamur dengan mudahnya merusak kenyamanan kita di kamar tidur.

Ditambah lagi saat musim hujan seperti sekarang ini, kelembaban dalam kamar semakin meningkat dan menyebabkan dinding lebih mudah berjamur ketimbang pada musim lainnya.

Jamur tidak hanya terjadi pada dinding kamar namun juga pada pada lemari dan perabotan lainnya seperti rak buku dan meja rias.

Sebenarnya jamur pada kamar tidur selain disebabkan oleh kelembaban yang tinggi juga kondisi kamar yang jarang dibersihkan secara rutin. Ditamlah lagi jika terdapat kamar mandi dalam yang semain meningkatkan potensi kamar tidur berjamur.

READ:  Bersihkan Perabot Rumah Anda Dengan Kulit Pisang

Berikut tips kami untuk mengatasi kamar tidur berjamur.

1. Sirkulasi Udara

Buka pintu beberapa kali untuk membiarkan udara masuk ke dalam kamar. Begitu juga untuk jendela.

Kamar yang ber-AC seringkali tidak memiliki ventilasi cukup dan dapat menyebabkan udara tidak bisa leluasa masuk ke dalam kamar. Sebaiknya kamar tidur tetap memiliki ventilasi berupa jendela.

2. Menyapu dan Mengepel Lantai Kamar

Terkadang kita menyapu, mengepel atau membersihkan debu dalam kamar beberapa hari sekali. Sebaiknya bershkan kamar setiap hari secara rutin.

Mengepel lantai kamar juga sebaiknya gunakan cairan khusus anti bakteri karena dapat menghambat pertumbuhan jamur pada dinding dan perabot kamar.

Untuk beberapa perabot kamar yang sudah dihinggapi jamur, bersihkan setiap kali untuk menghindari jamur berkembang banyak dan akhirnya susah dibersihkan. Saat membersihkan sebaiknya gunakan lap kering untuk tidak menambah kelembaban barang yang dapat menyebabkan jamur.

3. Menyusun Perabot Kamar dengan Rapi

Menyusun perabot dalam kamar sebaiknya diberi jarang antar perabot untuk menjangkau lantai saat mengepelnya.

READ:  5 Ide Membuat Kamar Tidur sebagai Ruang Relaksasi

Selain itu, perabot yang terlalu berdempet dalam peletakkannya juga dapat menyebabkan jamur cepat berkembang karena tidak ada space udara diantaranya.

4. Tidak Menggantung Baju pada Dinding

Kita sering menggantung pakaian pada dinding. Padahal, hal tersebut dapat menambah kelembaban yang disebabkan oleh kondisi dinding dan bakteri dari pakaian yang terlah terpakai.

Sebaiknya gantung baju anda di dalam lemari yang telah diberi kapur khusus anti jamur dan bahan anti jamur lainnya.

5. Cukup Cahaya

Kamar yang tidak cukup mendapat cahaya dan gelap dapat menyebabkan kamar mudah berjamur. Untuk mengatasinya usahakan buka tirai atau jendela kamar untuk mendapat cahaya masuk.

Selain itu, jika kamar dirasa gelap, nyalakan lampu baik siang ataupun malam hari untuk mencegah jamur semakin bertambah.

6. Penghilang Bau Ruangan

Kamar yang berjamur tentu menyebabkan kamar tidur berbau tidak sedap. Untuk mengatasinya anda dapat meletakkan kapur barus atau peralatan lainnya untuk mengurangi kelembaban ruangan dan mengatasi bau yang tidak sedap.

***

READ:  Tips Desain Kamar Tidur Modern

Yang terpenting untuk memiliki kamar tidur yang tidak mudah berjamur adalah dengan membersihkannya secara rutin. Semoga bermanfaat.