3 Manfaat Hebat si Kecil Telur Puyuh

Khasiat Telur Burung Puyuh Telur dan daging puyuh sangat populer di kalangan para pecinta kuliner sebagai salah satu makanan sumber protein hewani yang penting untuk kesehatan manusia. Selain itu telur puyuh mudah diperoleh dengan harga yang murah sehingga terjangkau oleh masyarakat luas.

Manfaat apa saja yang dapat diberikan oleh burung puyuh terutama telurnya untuk kesehatan tubuh manusia, berikut diberikan penjelasannya :

1) Membantu menyembuhkan beberapa penyakit

Beberapa pakar kesehatan menjelaskan bahwa telur burung puyuh bisa berfungsi mempercepat penyembuhan sakit seperti pada penderita stroke darah dan sakit jantung, telur ini menolong menjaga otot-otot jantung supaya bekerja dengan kuat sehat.

Beberapa dari mereka yang positif terkena penyakit terutama kanker dan diabetes, bisa mengalami penyembuhan luka dan gastritis secara cepat setelah mengkonsumsi telur puyuh secara rutin. Hal ini diperkuat oleh penjelasan dari beberapa ahli kesehatan bahwa telur ini bisa membantu mencegah tumbuhnya sel-sel ganas kanker dan mengobati sakit diabetes.

Telur burung puyuh dapat dimakan biasa atau pun dibuat setengah matang dan tidak begitu banyak menimbulkan risiko salmonella karena suhu tubuh burung puyuh lebih tinggi dibandingkan ayam.

READ:  Manfaat Beeswax dan Efek Sampingnya

Burung puyuh tahan/kebal terhadap kontaminasi dan infeksi karena banyak mengandung zat-zat yang disebut zat lysozyme yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri.

Sangat disarankan mengkonsumsi telur puyuh dalam keadaan mentah atau merebus sebentar (setengah matang) kurang dari 30 detik dimana kuning telur masih mentah.

Karena panas dari proses memasak terlalu matang bisa menghancurkan dan menghilangkan beberapa kandungan nutrisi tinggi untuk kesehatan tubuh maka disarankan agar memasak telur puyuh setengah matang saja.

2) Telur burung puyuh tidak akan menimbulkan alergi

Selain merupakan dasar dari hypoallergenic, telur puyuh tidak menyebabkan diatesis. Kebanyakan orang-orang yang gemar telur menggunakan telur ini untuk melawan gejala alergi.

Konsistensinya bahwa dengan rajin makan telur burung puyuh berarti bisa membantu Anda untuk mempunyai satu sistem kekebalan tubuh yang kuat, juga dapat menolong menjaga kecantikan kulit agar tetap terlihat sehat dan lebih segar.

Jadi telur burung puyuh sangat baik sebagai penjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

3) Pengaruh positif telur puyuh pada kekebalan dan kesehatan

Ada beberapa khasiat dari telur burung puyuh terhadap daya tahan tubuh manusia dalam menghadapi serangan beberapa jenis penyakit tertentu.

READ:  4 Bahan Umum Berbahaya Dalam Maskara

Manfaat tersebut di antaranya adalah bisa menyediakan tubuh Anda dari asupan kalsium yang berasimilasi, membantu menjaga kekebalan tubuh, sebagai manfaat utama penghasil kalsium dan bisa meningkatkan kadar hemoglobin untuk kesehatan tubuh.

Pada penderita sakit asma dan TBC, telur burung puyuh dapat berfungsi secara alami mengandung banyak protein ovomucoid yaitu jenis protein yang ditemukan dan terdapat dalam obat-obat bersifat anti allergy. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa telur burung puyuh mengandung kalsium dan fosfor tinggi.

Selain telur burung puyuh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda, daging burung ini pun cukup nikmat untuk disantap. Telur maupun daging burung puyuh paling banyak digemari dan dikonsumsi sebagai hidangan lezat dan sumber protein tinggi.

Tak hanya di Asia, beberapa negara Eropa seperti Perancis juga senang membuat makanan berbahan dasar telur dan daging burung puyuh. Negara lain seperti Malta, Portugis dan India juga merupakan negara-negara kuliner yang banyak menggunakan telur dan daging puyuh sebagai salah satu makanan favorit mereka.

READ:  7 Keajaiban Si Kecil Daun Kelor

Sementara di Jepang, telur burung puyuh sering dijadikan sebagai pelengkap masakan sushi dan soup. Lain lagi di Kolombia, telur burung puyuh diolah sebagai pelengkap masakan Eropa pada umumnya yaitu hot-dog dan hamburger. Di Filifina, telur burung puyuh paling sering disantap bersama saus tertentu.

Di Indonesia, telur burung puyuh lebih disenangi daripada daging burung puyuh. Apalagi daerah Jogjakarta, di pinggir-pinggir kompleks pertokoan di pusat kota pada malam hari, banyak ditemukan sate dari telur burung puyuh maupun daging burung puyuh.

Memang kuliner berbahan dasar dari telur burung puyuh maupun dagingnya telah terkenal sebagai budaya kuliner di Indonesia maupun beberapa negara di luar negeri, karena selain nikmat, khasiatnya juga luar biasa untuk kesehatan tubuh sehingga membuat orang-orang jatuh cinta!

(foto: shutterstock)