Cara Mudah Mengolah Bahan Alami Menjadi Masker Kecantikan

Loading...

Mengolah Bahan Alami Menjadi Masker KecantikanAda begitu banyak bahan-bahan alami di sekitar Anda yang dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi masker guna menjaga kesehatan serta mempertahankan kecantikan kulit.

Anda tidak harus selalu melakukan perawatan mahal di salon kecantikan, karena hanya dengan bahan alami sederhana, Anda bisa mendapatkan hasil yang juga memuaskan.

Simaklah beberapa bahan dan cara alami berikut untuk mendapatkan kulit yang cerah berkilau:

Bengkoang

Bengkoang sudah sangat dikenal karena manfaatnya yang dapat mencerahkan kulit wajah. Di dalam bengkoang terkandung fosfor, vitamin C serta kalsium alami yang mampu membuat kulit tampak lebih sehat.

Cara penggunaan:
Pertama-tama kupaslah bengkoang, setelah itu cuci hingga bersih. Parut bengkoang hingga menjadi lebih halus, kemudian ambil perasan airnya, masukkan dalam wadah.

Air perasan tersebut lalu didiamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah didiamkan, Anda akan melihat adanya endapan yang berwarna putih di dasar wadah, buanglah air bening yang ada diatasnya.

Bersihkan wajah Anda lalu terapkan endapan putih tersebut secara merata pada wajah dan leher Anda. Biarkan sampai mengering, setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin.

READ:  3 Resep Masker Alami untuk Mengatasi Jerawat

Alpukat

Buah ini memiliki banyak khasiat baik untuk kecantikan kulit Anda, kandungan vitamin A di dalamnya sangat efektif membantu membersihkan sel-sel kulit mati. Minyak yang dikandung juga mampu membuat kulit tetap lembab dan terhidrasi, kandungan vitamin E di dalam alpukat dapat membuat rambut Anda tampak lebih lembut dan berkilau.

Dan yang tak kalah penting adalah antioksidannya akan menjauhkan Anda dari racun-racun yang dapat menyebabkan keriput.

Cara penggunaan:

Ambillah alpukat secukupnya lalu hancurkan, tambahkan sedikit madu. Campuran ini dapat Anda oleskan pada wajah dan juga seluruh tubuh Anda, diamkan sekitar 20 hingga 30 menit, setelah itu Anda dapat membilasnya dengan air hangat secara lembut.

Anda juga bisa menerapkan alpukat pada rambut Anda, caranya hancurkan alpukat lalu campurkan dengan olive oil. Oleskan campuran ini sebagai masker pada rambut Anda, biarkan selama 30 menit lalu kemudian bilas dengan air hangat.

Oatmeal

Gandum dan serat yang terkandung dalam oatmeal sangat membantu untuk membersihkan kotoran yang seharian menempel pada wajah dan kulit tubuh Anda.

READ:  6 Langkah Mudah Memiliki Kulit Cerah Bersinar Seperti Porselen

Oatmeal juga baik digunakan bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering, kandungan lemak sehatnya efektif untuk berperan sebagai pelembab tubuh serta mampu mengatasi jerawat.

Cara penggunaan:

Untuk mengatasi jerawat yang timbul pada wajah, oatmeal adalah salah satu solusi terbaik. Masaklah oatmeal dengan air secukupnya, lalu biarkan hingga dingin. Setelah dingin, oleskanlah pada bagian wajah yang terdapat jerawat, diamkan selama 20 menit kemudian cuci hingga bersih.

Untuk membuat scrub dari oatmeal juga cukup mudah, ambillah 2 sendok makan oatmeal serta 1 sendok makan baking soda, campurkan lalu tambahkan air secukupnya, aduk sampai campuran menjadi agak kental. Terapkan pada seluruh tubuh Anda lalu diamkan selama sekitar 10 hingga 15 menit. Bilas hingga bersih.

Madu

Madu berkhasiat membuat kulit Anda menjadi lembut dan tampak lebih segar, hal ini dikarenakan madu mampu menyerap serta mempertahankan kelembaban kulit.

Selain itu madu juga merupakan anti penuaan terbaik untuk kulit wajah. Anda juga dapat menerapkan madu sebagai kondisioner alami guna membuat rambut Anda tampak lebih berkilau.

READ:  Kombinasi Masker Apel dan Madu Untuk Kesehatan Kulit

Cara penggunaan:

Untuk membuat masker wajah dari madu, caranya adalah mencampurkan madu dengan tomat setelah itu terapkan pada wajah Anda. Diamkan selama 15 menit setelah itu cuci wajah hingga bersih. Sebaiknya Anda melakukan perawatan ini sekali dalam seminggu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Untuk membuat kondisioner, Anda dapat mencampurkan madu dengan sedikit olive oil, oleskan secara merata pada rambut sesaat setelah keramas kemudian diamkan selama 1 jam dan bilas hingga bersih.