Makanan Terbaik Saat Sedang Menstruasi

Makanan Terbaik Saat Sedang MenstruasiIni adalah waktu dimana Anda merasa lelah, mudah marah dan kembung. Meskipun Anda lebih suka meraih sebungkus keripik kentang, percayalah.. makanan buruk hanya akan membuat gejala Anda memburuk.

Cari tahu makanan yang bisa membuat siklus bulanan Anda lebih mudah dikelola dan ikuti tips sederhana berikut, silansir dari She Knows:

1. Konsumsi karbohidrat kompleks

“Buah-buahan dan sayuran selalu menjadi teman Anda, terutama saat menstruasi. Buah manis dapat membantu Anda mengurangi ngidam gula,” jelas konsultan kesehatan dan kebugaran Tari Rose. Coba tambahkan aprikot, jeruk, plum, pir, ketimun, artichoke, jagung dan wortel pada diet Anda.

2. Jangan minum kafein

Mengurangi asupan kafein dapat membantu mengurangi kembung dan menenangkan perut Anda. “Kafein dapat meningkatkan asam lambung dan berat bagi usus yang sensitif. Jika Anda ingin mencicipi minuman pengganti yang kaya rasa kopi, cobalah traditional Indian chai,” kata koki profesional dan ahli hidup sehat Jennifer Iserloh.

3. Konsumsi makanan kaya kalsium

Menurut konselor kesehatan holistik dan ahli gizi bersertifikat Latham Thomas, wanita membutuhkan setidaknya 1.200 mg kalsium setiap hari. “Beberapa sumber kalsium yang baik termasuk kale, collard hijau, brokoli dan yogurt,” tuturnya.

READ:  Jenis-Jenis Gangguan Menstruasi

4. Jangan makan terlalu banyak garam

Meskipun garam sangat penting untuk kesehatan yang baik, retensi air dan kembung dapat terjadi jika berlebihan. Menurut Iserloh, ahli gizi merekomendasikan diet dengan 2.300 miligram per ??hari, atau kira-kira satu sendok teh. “Cara terbaik untuk mengontrol asupan garam adalah menghindari makanan olahan dan cepat saji, banyak yang mengandung tiga sampai empat kali garam lebih banyak dalam satu kali makan.”

5. Manjakan diri dengan dark chocolate

Sedang melirik cokelat batangan? Tidak mengapa! Rose menuturkan bahwa sepotong cokelat hitam (dengan 60 persen biji kakao atau lebih) setiap hari selama periode menstruasi akan membantu Anda mengurangi ngidam. Selain itu, dark chocolate memiliki antioksidan yang sangat membantu dan terkait dengan peningkatan serotonin, yang dapat memperbaiki suasana hati Anda.

6. Jangan lewatkan air

Yang satu ini mungkin tidak terasa intuitif, tetapi Rose menjelaskan bahwa minum lebih banyak air akan membantu tubuh Anda melepaskan retensi air dan mengurangi kembung. “Tubuh Anda menahan air karena takut tidak mendapatkannya dalam jumlah memadai. Jadi, jika Anda memberikan apa yang dibutuhkan (lebih banyak air), tubuh akan melepaskannya.”

READ:  Apa Saja Efek Samping Aspirin?

7. Konsumsi makanan kaya magnesium

“Makanan kaya magnesium seperti kacang-kacangan, tahu dan kacang tanah diperkirakan mengurangi kembung pada wanita menstruasi,” kata Thomas.

8. Jangan lupa vitamin

Thomas menyarankan untuk menambahkan makanan ramah-vitamin ke dalam diet Anda, khususnya selama siklus. Vitamin E dapat membantu menghilangkan beberapa gejala PMS, Anda akan menemukannya dalam alpukat, biji rami dan kuning telur. Vitamin B6 dapat membantu meringankan kembung dan meningkatkan suasana hati Anda, temukan dalam kentang, pisang dan oatmeal.

Terakhir, vitamin C dan seng mendukung kesehatan sel telur dan sistem reproduksi wanita. Vitamin C banyak terkandung dalam jeruk bali dan lemon, dan seng dalam biji labu kuning dan labu.

Resep Cemilan Sehat

Dr. Tom Potisk merekomendasikan camilan bergizi ini untuk memenuhi kebutuhan ngemil saat Anda sedang menstruasi:

Bahan :
1 cangkir kismis
1 cangkir kenari tawar
1 cangkir kacang kedelai panggang tawar
1 cangkir carob chips
½ sendok teh garam laut

Cara membuat:
Campurkan semua bahan dan aduk rata. Selamat menikmati!