6 Tips dan Cara Menjaga Kamar Kost Tetap Aman

Menjaga Kamar Kost Tetap AmanKamar kos sering menjadi sasaran pencurian yang empuk. Sebagian besar kamar kos hanya memiliki 1 pintu dan langsung mengarah ke kamar tidur dimana kita meletakkan semua barang di sana.

Tak sedikit kamar kos yang pernah kemalingan walaupun dengan penjagaan yang cukup ketat. Selain banyaknya jumlah penghuni kos dan juga setiap penghuni memiliki kerabat yang sesekali dapat datang berkunjung, pencurian pun dengan mudah terjadi karena sulit membedakan antara penghuni kos dan yang bukan.

Selain karena kurangnya penjagaan, kamar kos sering menjadi incaran karena biasanya anak kos dengan mudahnya membuka pintu sembari beraktifitas di dalam sehingga orang dapat melihat barang berharga apa yang dimiliki.

Begitu juga dengan posisi meja yang sering berdekatan dengan jendela sehingga akan sangat mudah mencuri benda-benda berharga melalui jendela yang tidak aman.

Nah untuk tetap menjaga kamar kos tetap aman, yuk ikuti tips dari kami.

1. Kunci Dobel

Jika anda memiliki pintu dengan 1 kunci, sebaiknya tambahkan slot atau gembok tambahan di dalam maupun luar kamar. Hal ini berfungsi untuk menambah keamanan kamar kos.

READ:  Minyak Almond, Rahasia Rambut dan Kulit Indah

2. Jendela dengan Tralis

Jendela kos yang aman adalah yang memiliki tralis di dalamnya dan yang tidak terlalu renggang. Hal ini akan sangat membantu keamanan kamar terutama dengan posisi meja yang berdempetan dengan jendela.

3. Tidak Lupa Mengunci

Tidak hanya saat keluar rumah kos, kamar juga sebaiknya dikunci bahkan saat anda pergi ke halaman depan, menerima tamu atau sekedar menengok kamar teman.

Mengunci pintu kamar kos walau sebentar sangat berguna karena biasanya pencuri menjalankan aksinya dengan sangat cepat.

4. Tidak Meletakkan Barang Berharga dengan Mudahnya

Jika anda memiliki barang-barang berharga di dalam kamar, usahakan untuk tidak terlalu show off dan pamer kesana-kemari akan barang-barang tersebut. Kita tidak akan pernah tahu jika ada seseorang yang sudah mengincar barang berharga kita dari awal.

Simpan barang-barang berharga anda dengan baik dan aman. Anda dapat memanfaatkan sarung batal, tumpukan baju hingga bawah kasur untuk beberapa barang berharga yang sangat beresiko.

Ada baiknya juga tidak menyimpan uang dalam jumlah besar dalam kamar.

READ:  4 Langkah Awal Berbisnis Rumah Kost

5. Berhati-hati dalam Berteman

Tidak sedikit pencurian kamar kos didalangi oleh teman maupun kerabat penghuni sendiri. Ketika kita cukup baru di lingkungan kos tersebut, jaga privasi anda dengan baik dan jangan begitu saja dengan mudahnya memasukkan teman dalam kamar dengan keadaan barang-berharga tercecer di mana-mana.

Begitu juga jika anda mempunyai teman di kampus atau tempat kerja yang baru dan sering berkunjung.

6. Melihat Kondisi Rumah Kos

Keamanan kamar kos juga bergantung pada situasi rumah kos, apakah cukup aman atau terbuka dan memudahkan orang asing masuk ke lingkungan kos. Perhatikan lingkungan sekitar kamar kos anda apakah terdapat dinding tinggi atau tangga ke loteng dan sebagainya.

Jika anda merasa situasi kamar kos tidak aman, laporkan kepada pemilik untuk membantu anda misalnya menambah kunci atau slot di pintu kamar, memastikan jendela dapat dikunci, hingga kondisi rumah kos yang sebaiknya lebih aman. Semoga bermanfaat!