6 Tradisi yang Dilakukan saat Natal

Tradisi NatalNatal yang merupakan perayaan untuk umat Kristiani adalah momen dimana semua tentang sukacita, kebahagiaan, keluarga dan hari libur. Ada banyak hal yang dapat dilakukan saat dipagi hari Natal.

Penasaran dengan hal apa saja yang biasanya dilakukan saat pagi natal tiba? Berikut kami bagikan untuk Anda.

1. Buka Kado dan Berdoa

Kado bukan hanya akan didapatkan pada hari ulang tahun saja, tetapi saat pagi natal semua akan berlari tanpa membersihkan diri terlebih dulu. Masih dengan menggunakan piyama, anak-anak dan orang dewasa akan berkumpul bersama. Mereka akan berkumpul dengan menukarkan kado secara acak atau memanggil nama sesuai yang tertera pada bungkus kado.

Loading...

Seharusnya acara penukaran kado dilakukan saat makan malam bersama keluarga, tetapi tradisi di tiap keluarga berbeda. Ada yang membuka kado saat pagi hari dan malam hari. Sebelum membuka kado, biasanya akan diawali dengan berdoa bersama.

2. Membuka kado di bawah Pohon Natal

Setelah semuanya mendapatkan kado dan menukarkannya, maka saatnya untuk membuka kado. Semua anggota keluarga akan berkumpul di bawah pohon natal untuk membuka kado dan melihat apa yang mereka dapatkan.

READ:  5 Jenis Makanan yang Harus Disajikan saat Natal

Bukan hanya anak-anak yang akan membuka kado di bawah pohon natal tetapi para orang dewasa juga akan melakukannya.

3. Video Call Bersama Keluarga

Saat pagi natal tiba, bukan hanya membuka kado yang penting untuk dilakukan, tetapi menghubungi kakek nenek atau paman dan bibi yang berada di luar kota atau luar negeri juga menjadi hal yang dilakukan saat pagi natal.

Bahkan tidak jarang mereka saling mengirimkan video atau melakukan video call untuk membuka kado  bersama-sama sehingga dapat membagi kebahagiaan. Ini akan membuat hari natal Anda menjadi lebih istimewa.

4. Mengajak Keluarga atau Teman-teman ke Rumah

Mengajak keluarga atau teman-teman untuk datang ke rumah sambil merayakan hari natal dengan makan malam menjadi salah satu kebiasaan di hari natal. Berkumpul bersama teman dan keluarga akan lebih menyenangkan dibandingkan harus berlibur saat hari natal.

Anda juga dapat melakukan kegiatan di rumah bersama teman dan keluarga seperti menyanyikan lagu-lagu Natal atau bermain Game Natal dengan mereka.

READ:  5 Games Natal Seru untuk Anak

5. Membuat Gingerbread House

Membuat roti jahe saat pagi natal menjadi tradisi yang dilakukan saat natal. Roti jahe akan dijadikan sebagai teman sarapan pagi. Membuat roti bersama anggota keluarga akan lebih meninggalkan kenangan saat pagi natal.

6. Menulis Surat

Saat malam hari, para orang tua biasanya menyuruh anak-anak untuk menulis surat mengenai hadiah apa yang diinginkannya saat pagi natal nanti. Mitos mengenai santa claus dapat terpenuhi dengan membuat surat walaupun santa claus mereka yaitu orang ta mereka sendiri yang menyuruhnya menulis surat.

Ini akan sangat menyenangkan untuk anak-anak karena akan membuat mereka lebih antusias saat pagi natal. Selain hadiah, anak-anak juga dapat menuliskan kenangan apa yang menurutnya paling manis yang dilakukan bersama keluarga.

**

Demikian beberapa kebiasaan yang dilakukan saat hari natal. Banyak kenangan yang akan diciptakan saat hari natal, selain itu akan ada banyak menu makanan yang akan dihidangkan saat hari natal tiba.

Meskipun hari natal menjadi perayaan untuk umat Kristiani tetapi kebahagiaannya juga dirasakan oleh agama lain. Selamat natal 🙂