5 Tips Membuat Anak Tertarik Bermain Alat Musik

Membuat Anak Tertarik Bermain Alat MusikMenguasai alat musik membutuhkan waktu, perhatian fokus, belajar, disiplin dan konsentrasi yang tinggi. Jadi tak heran untuk membuat anak Anda tertarik untuk belajar musik akan sedikit sulit.

Kebanyakan anak-anak lebih memilih bermain game daripada belajar memainkan alat musik. Mempelajari alat musik memang bukan suatu keharusan, namun ada baiknya untuk mengajarkan anak cara bermain musik walaupun hanya satu jenis alat musik saja.

Ini akan melatih kreatifitas dan kemampuan konsentrasi pada anak, selain itu memainkan alat musik membantu dalam meningkatkan keterampilan seni mereka.

Loading...

Mau tahu bagaimana cara membuat anak Anda gemar  dan tertarik memainkan alat musik? Berikut kami bagikan beberapa tips yang akan membantu Anda.

1. Memilih Alat Musik yang Tepat

Memilih instrumen yang tepat menjadi salah satu cara yang paling penting untuk membuat anak-anak tertarik untuk bermain musik. Tetapi tidak jarang anak Anda sendiri yang akan memilih jenis alat musik apa yang mereka inginkan untuk dimainkan.

Ada beberapa anak yang lebih memilih alat musik berdasarkan bentuknya yang akan membuat mereka tertarik untuk memainkannya. Tetapi jika anak Anda tipe yang malas memilih dan kurang antusias, maka alat musik dasar seperti suling atau pianika dapat menjadi langkah awal untuk menarik minat mereka memainkan alat musik.

READ:  6 Perlengkapan Kamar Mandi yang Sebaiknya Kamu Punya

2. Sebagai Pendengar

Akan lebih baik jika Anda secara aktif terlibat dalam pelajaran musik yang dimainkan anak Anda. Saat mereka meminta Anda untuk mendengar apa yang mereka mainkan maka jadilah pendengar yang baik.

Walaupun bunyi yang dikeluarkan belum sempurna namun tetaplah untuk mendengarkannya sampai selesai. Berikan beberapa pujian dan koreksi sehingga mereka akan lebih berusaha lagi dalam memainkannya.

3. Kursus Alat Musik

Memasukkan anak dalam kelas musik juga akan lebih baik. Pilih guru yang dapat mendorong dan menginspirasi anak mengapa mereka lebih baik bermain alat musik dibanding harus bermain game seharian.

Seorang guru musik yang baik akan membuat anak-anak lebih tertarik bermain dan berlatih, serta memastikan bahwa anak Anda menerima instruksi yang tepat sesuai yang dibutuhkan agar dapat menguasai keterampilan bermusik.

4. Pilih Lagu yang Tepat

Memilih musik yang akan anak Anda mainkan dengan alat musiknya. Semakin banyak mereka berhubungan dengan jenis karya musik semakin besar kemungkinan mereka akan merasa tertarik untuk menyempurnakan cara bermain mereka.

READ:  Benarkah Musik Bisa Membuat Anak Jadi Lebih Cerdas?

Berbagai lagu mulai dari lagu anak-anak seperti twinkle-twinkle little star dapat menjadi pilihan awal yang tepat.

5. Jadilah Fans Terbesar Mereka

Sisihkan waktu khusus untuk menyaksikan pertunjukan anak Anda walaupun hanya menyaksikannya di salah satu ruang di rumah Anda.

Buat sistem reward untuk mendorong anak Anda atau cara apa saja yang akan mendorong minat anak untuk lebih banyak berlatih yang akan membantu meningkatkan keterampilannya dan pada gilirannya akan membuat mereka lebih bersemangat untuk terus belajar musik.

**

Demikian 5 tips untuk membuat anak Anda mau belajar bermain musik. Meskipun membutuhkan banyak kesabaran, namun ini akan menjadi keuntungan yang besar untuk anak Anda kelak.  Musik akan membuat anak lebih kreatif.

Anak Anda akan menjadi penerus bangsa, karena itu tidak ada salahnya untuk mengenalkan pada mereka tentang alat musik dan jenis musik yang akan mereka kembangkan nantinya. Ini juga menjadi salah satu cara untuk tetap melestarikan seni kebudayaan yang telah mulai hilang.

Semoga bermanfaat.