5 Ide Buah Tangan Khas Indonesia

Loading...

Buah Tangan Khas Indonesia Pernah punya pengalaman memberi buah tangan khas Indonesia untuk sahabat yang berasal dari luar negeri?

Jika iya, anda mungkin sudah tahu jenis buah tangan apa yang mereka suka atau yang dapat menjadi ide ‘tetap’ anda untuk sahabat yang lainnya.

Memberi buah tangan khas Indonesia dapat dikatakan tidak mudah, bukan karena tidak tahu apa yang sebaiknya kita hadiahkan, namun karena jenisnya yang amat beragam dan selera teman kita yang mungkin berbeda-beda.

Buah tangan memang sebaiknnya berupa benda-benda khas Indonesia yang merupakan ciri-ciri budaya baik itu nasional maupun beberapa daerah dan kota tertentu.

Buah tangan ini juga sebaiknya merupakan sesuatu yang dapat dikenakan, dipajang sehingga dapat diingat bahwa barang tersebut diberikan oleh anda sebagai kenangan dari Indonesia.

Tips Membeli Souvenir Khas Indonesia

Sebelum mengulas ide buah tangan, ada beberapa tips yang perlu kita perhatian dalam membeli souvenir khas Indonesia :

– Ukuran : Jika benda tersebut akan dibawa kembali ke negaranya, sebaiknya pilih yang tidak terlalu berat dan memakan banyak space karena akan memudahkan untuk dimasukkan ke dalam tas maupun dibawa dalam perjalanan

READ:  Menggali Manfaat Melakukan Solo Traveling

– Kualitas : Ada beberapa kerajinan tangan yang mungkin sedikit rapuh jika dibawa kesana kemari, terutama yang memiliki detil dekorasi yang kualitas lem atau jahitannya kurang kuat. Perhatian kualitas barang dan sebaiknya pilih yang tidak mudah patah atau sobek.

– Karakterisitik Teman : Ya, jika anda mengenal baik kerabat anda, anda mungkin dapat menebak jenis barang apa yang ia sukai dan dari tipe seseorang, anda juga dapat mengetahui model apa yang mereka suka.

Berikut ini kami ulas juga beberapa ide buah tangan yang menarik untuk diberikan kepada teman berkebangsaan asing.

1. Kain Batik

Batik memang sudah menjadi ciri khas Indonesia, meski motif dan jenisnya dapat beragam bergantung pada daerah asal pembuatan batik tersebut.

Kain batik dapat menjadi ide buah tangan yang tepat karena fungsinya yang beragam. Mereka dapat menjadikannya sebagai sarung, dijahit menjadi pakaian atau digunakan sebagai dekorasi dalam rumah.

2. Wayang

Kesenian yang mayoritas berasal dari pulau Jawa ini tentu menarik untuk diberikan sebagai buah tangan. Anda pun dapat memberikannya dalam berbagai bentuk, baik dalam bentuk asli seperti wayang golek dan wayang kulit, atau dalam bentuk lainnya seperti lukisan, motif kain, gantungan kunci dan lain sebagainya.

READ:  8 Tips Traveling Bagi Ibu Hamil

Selain detil wayang yang sangat unik, wayang sangatlah menarik karena sejarah di baliknya. Jika perlu, selipan penjelasan tentang nama wayang yang anda berikan.

3. Pembatas Buku

Memang terdengar sangat simpel, tapi pembatas buku adalah ide buah tangan yang akan selalu mereka gunakan. Budaya membaca buku yang kental juga akan membuat pembatas buku pemberian anda terpakai.

Pilih pembatas buku yang memiliki motif dan gambar khas Indonesia seperti lukisan tokoh wayang maupun kesenian tertentu dan bahan yang alami seperti kayu maupun bambu.

4. Peralatan Makan

Peralatan makan yang terbuat dari kayu maupun bambu dapat menjadi buah tangan yang menarik karena bahan-bahan tersebut sangat mencerminkan negara tropis dan memiliki eksotisme tersendiri.

Jangan lupa memastikan produk peralatan makan tersebut aman digunakan dan tidak memiliki lapisan yang luntur jika terkena panas.

5. Resep Makanan

Mengapa tidak? Sebagian besar orang asing sangat menyukai masakan khas Indonesia dan siapa tahu mereka dapat memasaknya di negara asal. Beri mereka resep beberapa masakan yang mudah dibuat dan tidak berisi bahan yang terlalu sulit dicari.

READ:  Menghadapi Penerbangan Delay secara Hukum

Makanan seperti nasi goreng, tumis sayur, sate ayam dan beberapa lainnya dapat menjadi pilihan.

***

Dengan memberi buah tangan kepada orang dari negara lain, hal tersebut juga membantu mempromosikan pariwisata Indonesia.