Perawatan Modern Diabetes Tipe 2

Perawatan Modern Diabetes Tipe 2Belum ada obat untuk diabetes, tetapi perawatannya saat ini lebih efektif dari sebelumnya. Pengelolaan penyakit ini melibatkan modifikasi gaya hidup, seperti diet dan olahraga, kemungkinan insulin, obat oral atau operasi bariatrik. Sederhananya, perawatan untuk kebanyakan orang dengan diabetes adalah seumur hidup.

“Pada saat ini, tidak ada obat untuk diabetes tipe 1 maupun tipe 2,” kata Robert Ratner, MD, kepala petugas ilmiah dan medis di American Diabetes Association. “Kami telah belajar bagaimana mengelola penyakit kronis ini, dan cukup efektif dalam mengurangi resiko komplikasi.”

Sebagian besar kasus tipe 2 disebabkan oleh defisiensi relatif dari insulin karena berkurangnya sensitivitas tubuh terhadap hormon. Dengan kata lain, hormon insulin (yang diproduksi oleh pankreas) membantu menyerap dan mengatur gula berlebih (atau glukosa) dari darah. Menariknya, baik lingkungan dan genetika Anda memainkan peran kunci dalam pengembangan tipe 2.

Loading...

Pendekatan Medis

Diabetes tipe 2 adalah penyakit berbahaya, yang jika tidak diobati, dapat menyebabkan masalah jantung, gangguan ginjal, masalah mata dan akhirnya, kematian, menurut Centers for Disease Control and Prevention. Untuk memerangi epidemi, dalam beberapa tahun terakhir, intervensi diabetes telah menjadi multidisiplin, melibatkan dokter perawatan primer, ahli gizi, dokter mata, ahli jantung, podiatrists dan spesialis lain, kata Ratner.

“Sekarang ini ada pendekatan yang berpusat pada pasien lebih karena kita memahami bahwa pasien yang berbeda merespon secara berbeda terhadap obat pada berbagai tahap dalam penyakit mereka.”

READ:  Bagaimana Diet Hibernasi Bekerja?

Sekarang ini, penyedia layanan kesehatan juga lebih baik dalam menjelaskan manajemen nutrisi gula pada pasien dan menekankan pentingnya pemantauan gula darah harian.

Jenis Perawatan Diabetes Tipe 2

Perawatan modern diabetes tipe 2 sebagian besar berupa menyingkirkan gejala yang berhubungan dengan hiperglikemia dengan membatasi kerusakan pembuluh darah dan memungkinkan orang dengan diabetes untuk hidup tanpa cacat.

Seperti yang dilansir dari Symptom Find, ada tiga jenis perawatan diabetes, dan orang dengan diabetes pada akhirnya dapat berkembang melalui semua tahapan. Sebagai usaha terakhir untuk pasien dengan obesitas, operasi juga telah terbukti sangat sukses dalam pengobatan diabetes.

– Tahap pertama: Terapi non-obat. Diet dan olahraga tetap menjadi pilar pengobatan diabetes. Kelangkaan penelitian membuktikan bahwa bahkan pengurangan moderat dalam berat badan dapat memperlambat perkembangan diabetes.

Diet bagi penderita diabetes juga disesuaikan dengan riwayat medis khusus mereka. Sebagai contoh, penderita yang obesitas harus menjaga diet rendah lemak, penderita yang rentan terhadap fluktuasi besar dalam gula darah harus menghindari karbohidrat sederhana dan meningkatkan asupan serat, penderita dengan penyakit jantung harus mengurangi asupan lemak jenuh, dan, akhirnya, penderita dengan masalah ginjal harus mengonsumsi lebih sedikit protein.

READ:  5 Vitamin Penting Yang Dibutuhkan Wanita

– Tahap dua: Obat oral. Obat oral akhirnya dapat menjadi kebutuhan bagi penderita diabetes tipe 2. Obat andalan ialah metformin, efektif hanya dengan adanya insulin, hal ini membantu insulin melakukan tugasnya dengan mengurangi pengeluaran glukosa dari hati. Obat-obatan oral baru sedang dikembangkan, canagliflozin adalah salah satu obat yang baru-baru ini disetujui untuk beberapa orang dengan diabetes.

– Tahap tiga: Insulin. Insulin biasanya disuntikkan di bawah kulit. Ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan ketika meresepkan insulin karena berbeda dalam biaya, komposisi dan durasi kerja (atau berapa lama mereka bekerja).

– Bedah: Ketika semuanya gagal, ahli medis dapat merekomendasikan bariatrik atau operasi penurunan berat badan; merupakan perawatan yang sangat efektif untuk pasien obesitas dengan diabetes tipe 2.

Langkah Selanjutnya

Tergantung di mana Anda berada dalam spektrum diabetes, konsultasi dengan dokter secara teratur tentang modifikasi gaya hidup. Ratner menyarankan untuk melihat seorang ahli diet terdaftar yang dapat membantu mengatur diet Anda sebelum Anda terpaksa harus minum obat.

READ:  Tips Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes

“Untuk menilai toleransi olahraga, pasien harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai,” ia memperingatkan. Namun, Ratner juga mengatakan bahwa 30 menit berjalan lima hari dalam seminggu dapat meningkatkan kemampuan untuk mengatur gula darah.