3 Ciri-ciri dan Tanda Keguguran pada Ibu Hamil

 Tanda Keguguran pada Ibu HamilKeguguran merupakan sebuah kejadian yang pasti sangat dihindari dan tidak diinginkan oleh setiap wanita hamil. Bisa juga dikatakan bahwa keguguran menjadi momok paling menakutkan khususnya untuk para wanita yang sedang dalam keadaan hamil.

Keguguran bisa berdampak sangat negatif terhadap kandungan, si jabang bayi bisa saja tidak terselamatkan jika si calon ibu mengalami keguguran.

Banyak hal yang dilakukan oleh ibu hamil untuk tetap menjaga janin yang dikandungnya agar tidak mengalami keguguran, misalnya, ibu yang sedang hamil biasanya selalu menjaga aktifitasnya, pola dan asupan makan serta gizinya.

Namun jika telah berusaha secara masimal dalam menjaga dan merawat janin dalam kandungan, tapi ternyata tetap saja keguguran mungkin untuk terjadi karena beberapa faktor misalnya si ibu terjatuh.

Nah untuk mendeteksi secara dini dan menjaga dari hal yang tidak diinginkan, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebagai pertanda bahwa anda mengalami keguguran.

Berikut 3 ciri-ciri anda mengalami keguguran:

1. Terjadi pendarahan

Hal ini bisa langsung dideteksi oleh anda, dimana jika terjadi pendarahan yang berupa bercak darah dalam waktu yang sudah cukup lama selama dalam masa kehamilan.

READ:  Cara Mudah dan Alami Menurunkan Berat Badan

Pendarahan memang hal paling umum terjadi sebelum keguguran, biasanya pendarahan ini terjadi dikarenakan adanya robekan yang terjadi di dinding ramin dan juga ketuban.

2. Rasa nyeri di bagian perut bawah

Biasanya jika anda merasakan rasa nyeri di bagian perut bawah yang terjadi cukup lama atau rasa nyeri dari selangkangan dan di daerah alat kelamin, rasa nyeri yang timbul akan memakan waktu beberapa jam bahkan beberapa hari paska anda mengalami pendarahan.

Jika sudah demikian bisa saja itu adalah tanda keguguran.

3. Kram dan kejang di bagian perut

Rasa kram dan kejang ini hampir sama dengan kram yang terjadi sebelum datang bulan. Biasanya kram yang merupakan tanda keguguran akan terjadi secara berulang-ulang dan dalam waktu yang cukup lama.

Tanda lainnya adalah terjadinya rasa keram dan kejang di bagian panggul anda.

**

Nah, jika anda khususnya wanita yang sedang mengandung dan merasakan 3 hal di atas, sebaiknya langsung saja melakukan pemeriksaan dan konsultasi kepada pihak dan petugas kesehatan di daerah anda. Ini dilakukan untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi.

READ:  Ini Dia Strategi Aman Membersihkan Paru-Paru Bagi Perokok

Semoga bermanfaat.