8 Fakta tentang Penyakit Jantung

Loading...

Fakta tentang Penyakit Jantung Penyakit jantung menjadi penyebab utama kematian di banyak negara. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui tanda-tandanya sejak dini, sehingga kita bisa mencegah masalah jantung sesegera mungkin.

Berikut 8 fakta yang harus Anda ketahui menganai cara menjaga kesehatan jantung dilansir dari fitnea.com :

1. Tidur 7-8 jam per hari

Orang-orang yang tidur di bawah 6 jam per hari memiliki resiko besar mengembangkan penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidur 7-8 jam per hari. Tidur membantu mengatur aktivitas insulin.

Kurang tidur menyebabkan resisten terhadap insulin yang menghasilkan kadar gula yang lebih tinggi di dalam darah. Hal ini berkontribusi terhadap penyakit jantung karena kenaikan berat badan.

Kelelahan adalah gejala lain dari penyakit jantung yang sering dialami oleh wanita. Jika Anda merasa selalu kelelahan, bahkan setelah tidur nyenyak, konsultasikan masalah ini pada dokter Anda.

2. Lingkar pinggang

Mengurangi berat badan untuk menurunkan resiko penyakit jantung memang penting. Namun, ukuran pinggang bisa menjadi indikator yag lebih baik untuk menilai kesehatan jantung Anda. Wanita dengan lingkar pinggang lebih dari 40 inci dan laki-laki dengan lingkar pinggang lebih dari 45 inci lebih beresiko terkena penyakit jantung.

READ:  Waspadai 9 Perawatan Kecantikan Berbahaya Ini!

Studi menunjukkan bahwa kehilangan berat badan bahkan 10-15 % dari berat badan tidak secara signifikan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Latihan aerobik selama 25-55 menit setidaknya selama empat kali seminggu dapat membantu memperkuat jantung Anda dan mengurangi kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi, apalagi jika dikombinasikan dengan diet sehat.

3. Tertawa

Tertawa bisa melemaskan arteri sehingga menjadi salah satu obat terbaik untuk penyakit jantung. Tubuh merespon tawa dengan menurunkan kadar hormon stres, kortisol.

Orang yang sering tertawa memiliki tingkat kortisol yang lebih rendah, tekanan darah yang lebih renda dan meningkatkan kekebalan tubuh dan suasan hati, ketimbang mereka yang jarang tertawa.

Studi menunjukkan bahwa orang yang depresi dua kali lebih mungkin mengalami serangan jantung. Jadi, pastikan Anda untuk menambah dosis tertawa dalam hidup Anda.

4. Segelas anggur

Satu gelas anggur merah dapat memperkuat jantung Anda karena kandungan antioksidannya yang kaya membantu melindungi pembuluh dari dari penyakit jantung dan dapat menurunkan kadar kolesterol.

Tahukah Anda, bahwa tidak hanya anggur merah yang membantu, tapi juga bir! Minuman ini berisi tingkat vitamin B6 yang melawan penumpukan homosistein, salah satu zat kimia yang bersifat merusak dan dikaitkan dengan resiko penyakit jantung.

READ:  Nutrisi di Balik Manfaat Kedelai Bagi Jantung

Selalu berhati-hati untuk tidak mengonsumsi anggur dan bir secara berlebihan, karena justru bisa berakibat buruk karena mengandung alkohol.

Bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, trigliserida tinggi, gagal jantung, aritmia dan kerusakan otot jantung. Tapi, jika Anda tidak minum alkohol, Anda tidak harus memulai minum.

5. Ketahui riwayat jantung keluarga Anda

Mengetahui sejarah keluarga Anda dapat membantu Anda memahami resiko penyakit yang mungkin muncul di tubuh Anda. Jika ada anggota keluarga Anda yang pernah terkena penyakit jantung, maka resiko Anda untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular meningkat.

Pastikan Anda memberitahu dokter mengenai sejarah kesehatan jantung keluarga Anda.

6. Seks  minimal dua kali seminggu

Ini adalah salah satu cara paling alami untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas seksual secara teratur mengurangi tekanan darah.

Berhubungan seks setidaknya dua kali seminggu telah dikaitkan dengan penurunan substansial dalam resiko penyakit jantung pada pria.

7. Mendengkur, tanda bahaya bagi jantung

Jangan abaikan kebiasaan mendengkur Anda. Itu adalah konsisi medis umum, yang meningkatkan resiko terkena masalah jantung. Mendengkur  tergolong penyakit kronis yang membuat sulit bernapas dengan benar saat tidur.

READ:  Waspada Hipertiroid Pada Ibu Hamil

Orang yang kelebihan berat badan mungkin mengembangkan kebiasaan mendengkur. Jika tidak diobati, dapat berakibat pada kerentanan terhadap tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

8. Jangan kebanyakan garam

Mengurangi satu sendok teh garam setiap hari bisa mengurangi tekanan jantung secara drastis. Natrium tinggi dikaitkan dengan perkembangan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kerja jantung yang mengarah ke penyakit jantung.

Periksa asupan natrium Anda, terutama jika Anda berusia di atas 55 tahun. mengurangi satu sendok teh per hari akan membuat kesehatan jantung Anda menjadi lebih baik.