Perbedaan Dorama Jepang dan Drama Korea

Zaman semakin berkembang dengan pesatnya, menciptakan sebuah arus deras perkembangan tekhnologi. Di bidang perfilman contohnya. Saat ini, tengah populer drama-drama yang terlahir dari negara-negara bagian timur Benua Asia seperti, Jepang dan Korea.

Negara-negara ini merupakan negara yang memproduksi drama-drama yang kini tengah sangat populer di tanah air. Dengan segenap warna-warni kisah cinta yang disuguhkan dan alur cerita yang kebanyakan merupakan kehidupan anak sekolah. Dengan 2 hal utama tersebut, 2 negara tadi telah sukses menarik perhatian muda-mudi tanah air.

Perbedaan Dorama Jepang dan Drama Korea

Di antara 2 negara penghasil drama yang tengah mendunia itu, terdapat banyak perbedaan yang terkandung di dalamnya, yang bisa saja tidak disadari para penikmatnya. Penasaran ingin tahu apa saja perbedaannya?

Berikut akan dijelaskan perbedaan-perbedaan yang tedapat di drama Korea dan dorama Jepang.

Tema

Jika sekilas, mungkin teman yang dimiliki drama Korea dan dorama Jepang memang nyaris sama, sama-sama memiliki unsur pecintaan. Akan tetapi, coba perhatikan lebih seksama.

Dorama Jepang biasanya memiliki tema yang lebih luas, tidak hanya menitik beratkan pada unsur percintaannya saja, namun unsur lainnya juga. Dan juga, dorama Jepang lebih berani dalam mengambil tema di luar perkiraan kita, lihat saja Power Ranger. Sedangkan drama Korea biasanya menitik beratkan atau memusatkan perhatian penikmatnya hanya pada unsur percintannya.

READ:  You Who Came From the Stars, Drama Kisah Cinta Antara Alien dan Superstar

Karakteristik Tokoh

Pemeran dorama Jepang biasanya memiliki wajah yang tergolong sedang jika dibandingkan dengan pemeran drama Korea – tidak terlalu cantik, namun juga tidak jelek. Yang menonjol dari pemeran dorama Jepang adalah karakter masing-masing tokohnya sehingga penonton lebih mendapatkan feel-nya.

Sedangkan pemeran drama Korea memiliki wajah-wajah pangeran dan putri impian.  Wajah pemeran laki-lakinya yang begitu menawan dan menyilaukan, membuat para penontonnya seakan meleleh, dan wajah pemeran perempuannya yang bagaikan boneka – putih mulus tanpa goresan.

Tingkah Laku Tokoh

Salah satu perbedaan paling menonjol di antara drama Korea dan dorama Jepang ialah bagaimana pemeran-pemerannya bermain. Terlepas dari bagaimana pemeran drama Korea berlaga, para pemerannya selalu terlihat serius, stay cool, dan pemeran wanitanya pada umumnya terlihat jual mahal.

Sedangkan pada dorama Jepang, meskipun merupakan drama percintaan, dorama Jepang mampu mengimbangi dengan suasana komedi. Sehingga penonton tidak selalu dibuat tegang dan berdebar, namun penonton juga dapat dibuat tertawa ngakak oleh para pemerannya.

READ:  Two Weeks, Drama Action Korea yang Mengharukan

Honor

Nah, menurut bocoran beberapa website, honor pemeran drama Korea ternyata lebih tinggi. Honor yang diberikan pada para pemeran dramanya lebih tinggi daripada honor yang diberikan pada pemeran dorama Jepang.

Pemeran dorama jepang hanya diberi honor 20-30% dari hasil produksi, pemeran drama Korea diberi honor 60% dari hasil produksi.

Penayangan

Sistem penayangan yang ada pada dorama Jepang adalah jika syuting seluruh episode telah selesai, maka dorama itu baru bisa ditayangkan. Berbeda dengan drama Korea.

Dorama jepang dapat lebih memaksimalkan doramanya dan dapat melakukan perbaikan jika terdapat kesalahan pada episodenya. Sehingga dorama yang ditayangkan merupakan dorama yang telah diperbaiki seluruhnya.

**

Itulah perbedaan-perbedaan yang terdapat pada dorama Jepang dan drama Korea. Dari pihak keduanya pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.