Amankah Ibu Hamil Naik Pesawat Terbang?

Amankah Ibu Hamil Naik Pesawat TerbangPada umumnya perjalanan dengan menggunakan pesawat itu aman-aman saja bagi ibu hamil, tentu dengan catatan jika kehamilannya normal dan sehat.

Namun disarankan untuk tetap waspada, karena akan timbul banyak masalah yang harus Anda khawatirkan selama naik pesawat terlebih saat masa kehamilan yang memasuki trimester akhir. Di antaranya yaitu sirkulasi darah Anda yang menjadi sangat rawan mengalami gangguan.

Amankah Ibu Hamil Naik Pesawat?

Secara alamiah kehamilan memang dapat menyebabkan masalah sirkulasi pada ibu hamil. Hal ini dapat diketahui  ketika Anda sedang terbang, Anda memiliki berpotensi mengalami pembekuan darah dan menjadi cikal bakal banyak resiko lainnya.

Loading...

Langkah dini mengaantisipasi resiko tersebut adalah dengan memakai pakaian yang longgar nyaman, ini akan membantu menjaga darah tetap bergerak stabil dari pergelangan kaki Anda ke hati dan paru-paru.

Jadi jika Anda memang tidak terdesak untuk bepergian menggunakan pesawat, ada baiknya mengurungkan niat dan menyimpan niat Anda sampai si kecil lahir. Namun jika memang tak dapat ditunda ada baiknya terlebih dahulu memeriksakan kondisi kandungan Anda ke bidan atau dokter kandungan untuk mengetahui apakah kehamilan Anda memiliki resiko atau potensi prematur atau terjadinya keguguran.

READ:  Kenali 5 Gejala Kesehatan Serius Pada Anak

Salah satu dari kekhawatiran terbesar lain bagi banyak ibu hamil adalah apakah aman atau tidak saat Anda melalui pendeteksi metal di bandara, mungkin Anda sering berpikir  mesin tersebut dapat mempengaruhi atau mengganggu kandungan Anda. Jawabannya adalah salah.

Mesin pendeteksi metal ini sangat-sangat aman dan tidak akan memberi dampak buruk bagi keselamatan diri Anda maupun kandungan Anda. Mesin berbahan metal ini hanya merupakan sinar-x yang sudah dirancang hanya untuk scan secara view-shoot tanpa meresap ke dalam tubuh Anda sedikit pun, jadi dapat dipastikan aman bagi Anda dan si jabang bayi. Jadi, ibu hamil tak perlu khawatir lagi ya.

Hal lain yang harus diperhatikan oleh ibu hamil sebelum naik pesawat adalah memastikan usia kandungan yang harus di bawah 28 Minggu. Jika di atas usia tersebut, kehamilan Anda akan menjadi sangat rentan dan resiko keguguran semakin besar karena penurunan tekanan udara selama penerbangan bisa sedikit mempengaruhi jumlah oksigen dalam darah anda.

Demikian juga dengan paparan radiasi kuat selama Anda di ketinggian menjadi penyebab utama gangguan kehamilan yang akan ditimbulkan.

READ:  5 Jenis Kegiatan Pengusir Rasa Bosan Untuk Ibu Hamil

Perjalanan Menggunakan Pesawat bagi Ibu Hamil

Lakukan banyak antisipasi untuk menjaga bayi dalam kandungan Anda, dan cobalah beberapa tips perjalanan aman menggunakan pesawat bagi ibu hamil di bawah ini :

1. Memeriksa kredibilitas perusahaan penerbangan yang akan Anda tumpangi apakah akan memberi langkah bantuan pertama jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan berkaitan kehamilan Anda.

2. Baca pedoman pesawat dan ketentuan mereka dalam servis ibu hamil

3. Berhati-hatilah memilih kursi, utamakan kenyamanan dan gerak timbul yang akan mempengaruhi kandungan Anda.

4. Pastikan Anda memasang sabuk pengaman dengan baik untuk meminimalisir guncangan pada kandungan Anda.

5. Saat pesawat berjalan cobalah sesekali berdiri di lorong dan melakukan jalan-jalan kecil untuk melancarkan sirkulasi darah.

6. Duduklah dengan kaki memanjang ke arah depan agar Anda merasa lebih leluasa dan tidak terhimpit oleh perut Anda.

7. Seringlah minum air putih untuk mengurangi dehidrasi.