Yogurt, Minuman Super bagi Kesehatan Wanita

Loading...

Manfaat Minuman YogurtYoghurt merupakan salah satu jenis cemilan lezat yang menyehatkan. Mempunyai aneka rasa seperti manis, gurih dan cenderung asam, bisa menimbulkan sensasi rasa luar biasa bagi mereka penggemar minuman ini.

Perkembangan minuman yogurt mengalami kemajuan pesat, berbagai produk makanan dan minuman banyak dijumpai menggunakan yogurt sebagai bahan dasar dari pembuatannya yaitu dalam bentuk es atau frozen yogurt (froyo).

Selain sebagai makanan/minuman favorit bagi mereka dari segala usia, ternyata minuman yogurt juga mempunyai khasiat besar terutama untuk kesehatan perempuan dari segala usia dan ibu hamil.

Berikut adalah beberapa macam manfaat mengkonsumsi yogurt secara rutin setiap hari agar kesehatan tubuh tetap terjaga :

1). Kesehatan organ pencernaan

Dapat menjaga kesehatan tubuh terutama terhadap organ pencernaan karena bahan yoghurt banyak mengandung zat yang berguna sebagai penangkal masalah penyakit diare, kanker usus atau intoleransi laktosa dan radang usus.

2). Infeksi dalam vagina

Yoghurt berfungsi untuk mencegah timbulnya infeksi dalam vagina karena zat-zat terkandung dalam semangkok yogurt bisa bermanfaat untuk mengurangi tingkat keasaman, di samping itu menekan perkembangan infeksi akibat tumbuh suburnya jamur pada area vagina.

READ:  7 Ancaman Kesehatan Bagi Wanita dan Pencegahannya

3). Tekanan darah tinggi

Untuk mereka yang terkena penyakit darah tinggi, perlu mengonsumsi yogurt dalam porsi jumbo secara rutin setiap hari minimal 1x karena dapat menurunkan tekanan darah.

4). Osteoporosis

Yoghurt dapat mencegah terjadinya osteoporosis karena tingginya kandungan kalsium dan vitamin D pada minuman yoghurt yang berbahan dasar susu.

5). Kesehatan jantung

Ada beberapa jenis yoghurt kombinasi buah-buahan segar yang bebas lemak sehingga sangat bagus sebagai makanan/minuman penjaga jantung sehat.

6). Mencegah tumor dan kanker

Zat lactobasillus achidophilus dan lactobasillus bulgaricus dalam yogurt banyak mengandung efek anti tumor dan kanker ganas seperti kanker rahim, atau kanker prostat. Pada yoghurt juga terdapat kandungan asam folat dan seng.

7). Kesehatan ibu dan janin

Yoghurt berfungsi membantu memperkuat tulang janin karena zat kalsium dalam minuman ini bagus untuk kesehatan ibu hamil muda, menjaga tumbuh kembang janin menjadi lebih sempurna karena asupan zat-zat proteinnya berfungsi baik untuk kesehatan ibu dan janin, juga banyaknya vitamin sangat bagus untuk kesehatan ibu dan janin.

READ:  9 Manfaat Hebat Jus Wortel

8). Kesehatan usus ibu hamil

Membantu menjaga kesehatan usus ibu hamil muda agar tetap dalam kondisi fit, serta zat besi berguna sebagai penunjang proses kehamilan terutama karena protein, kalsium, vitamin dan serat.

Kondisi wanita hamil muda ternyata bukanlah merupakan suatu pantangan untuk mengonsumsi yoghurt secara rutin, yang terpenting adalah dalam porsi tepat.  Yoghurt dipercaya mampu membantu menjaga kesehatan para wanita dan ibu hamil, karena minuman ini merupakan salah satu dari 5 jenis makanan dan minuman sehat yang sangat diperlukan oleh calon ibu.

Kandungan nutrisi dalam semangkok minuman yoghurt cukup bernilai gizi tinggi karena mempunyai zat protein dan kalsium, kandungan vitamin dan gizi lainnya sepadan dengan segelas susu segar. Ibu hamil tentu saja sangat membutuhkan gizi cukup dalam rangka mendukung dan menjaga kesehatan bayi dan juga dirinya sendiri.

Yoghurt banyak membantu pemenuhan asupan gizi seperti protein dan kalsium diperlukan untuk tumbuh kembang janin menjadi sehat lahir dan bathin, juga memperkuat tulang ibu dan janin.

READ:  6 Sumber Kalsium Terbaik Bagi Tubuh

Jadi biasakanlah mulai sekarang menyediakan beberapa botol minuman ini di dalam kulkas untuk keperluan Anda sekeluarga.