Tips Mencegah Flu bagi Pelacong

Tips Mencegah Flu bagi PelancongPara ahli kesehatan mencatat peluang Anda terkena penyakit meningkat secara dramatis jika Anda bepergian bulan ini – TBC, influenza, virus flu, atau infeksi pernapasan lainnya.

Resiko dan Vaksinasi Flu

“Kami melihat peningkatan influenza pada bulan Desember, Januari, dan Februari dalam beberapa tahun terakhir dan perjalanan liburan mungkin jadi alasannya,” kata Stephanie Haridopolos, MD, praktisi kesehatan keluarga bersertifikat di Melbourne, Florida, dan presiden terpilih dari Brevard County Medical Society. “Dengan bepergian Anda lebih rentan terhadap pilek dan flu.”

Namun Dr. Haridopolos mengatakan ada beberapa langkah yang dapat – dan seharusnya bisa – mengurangi resiko Anda untuk memastikan musim liburan berlangsung menyenangkan dan sehat.

Pertama-tama, belum terlambat untuk mendapatkan suntikan flu. Ada beberapa pilihan baru tahun ini, termasuk vaksin empat-dalam-satu yang melindungi terhadap empat rantai berbeda dari virus – dua tipe virus A dan dua Type B.

Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan mereka yang berusia 6 bulan dan lebih agar mendapatkan vaksinasi, tetapi hanya beberapa orang yang mendapatkan vaksinasi flu. Flu dapat menyebabkan komplikasi serius dan bahkan kematian di antara senior dan orang-orang dengan kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya.

READ:  5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Saat Kena Flu

Selain itu, beberapa vaksinasi flu pilihan baru lainnya juga tersedia tahun ini, termasuk Fluzone vaksin dosis tinggi dianjurkan untuk orang tua yang memberikan dorongan cepat dalam respon imun, vaksin intradermal Fluzone yang menggunakan “jarum mikro” bukan jarum suntik untuk menyuntikkan vaksin ke kulit dibanding otot, dan vaksin rekombinan influenza yang disebut FluBlok tumbuh dalam kultur sel bukannya telur ayam (metode standar selama 50 tahun) bagi orang-orang dengan alergi telur.

Tips Melawan Flu

Langkah lain yang dapat mengurangi resiko Anda terkena pilek, flu, atau sesuatu yang lebih buruk saat di jalan musim liburan ini, dilansir dari Newsmax Health:

– Pak tisu pembersih dan gunakan untuk membersihkan meja pesawat, permukaan kamar mandi, dan apa pun yang Anda sentuh. Cobalah untuk menjaga tangan Anda dari wajah dan mata, untuk menghindari penyebaran kuman. Dan, jika mungkin, menjaga tangan Anda dari saku belakang kursi di depan Anda atau lengan kursi.
– Jangan malu meminta untuk memindahkan tempat duduk Anda jika seseorang di dekat Anda batuk. Lebih baik lagi: Bawa masker yang bisa dikenakan jika Anda pikir orang di sebelah Anda sakit.
– Buka ventilasi udara “gasper” di atas kepala sebanyak mungkin, yang meningkatkan sirkulasi, dan titik ventilasi di atas kepala Anda sehingga udara mengalir di depan wajah Anda untuk menangkis virus atau bakteri udara yang menghampiri Anda.
– Cobalah untuk duduk di dekat bagian depan pesawat, di mana sistem ventilasi paling baik, dan hindari kursi dekat lorong, yang akan menempatkan Anda dalam kontak yang lebih besar dengan penumpang yang berpotensi sakit.
– Tingkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan tetap aktif, makan dengan baik, dan banyak beristirahat di hari-hari menjelang perjalanan Anda.
– Cuci tangan Anda sesering mungkin, atau gunakan sanitizer berbahan dasar alkohol – saat di atas pesawat mau[un turun dari pesawat. Dan hindari berjabat tangan dengan sesama penumpang.
– Minum air atau gunakan semprotan saline untuk menjaga hidung lembab dan terhidrasi. Udara di pesawat sangat kering, yang dapat meningkatkan resiko tertular infeksi pernafasan karena selaput lendir Anda dapat mengering.
– Jangan gunakan bantal dan selimut maskapai kesopanan dan selimut, yang mungkin mengandung kuman dari penumpang sebelumnya.
– Jika sirkulasi pesawat dimatikan selama ground delay, keluhkan pada kru. Ingat: Mengurangi resiko sakit merupakan kepentingan mereka juga.

READ:  Bagaimana Cara Agar Terhindar Dari Flu?

Terakhir, Dr. Haridopolos menyarankan untuk tidak bepergian sama sekali jika Anda sakit – untuk kebaikan Anda sendiri dan demi sesama pelancong. Beberapa maskapai penerbangan bahkan membebaskan biaya, jika Anda membatalkan penerbangan Anda karena Anda sakit.

Jika Anda terkena flu, pengobatan antivirus seperti Tamiflu – diambil dalam dua sampai tiga hari pertama gejala – dapat mengurangi gejala, mempersingkat durasi, dan mencegah komplikasi serius, seperti gangguan pernapasan.