7 Langkah Bebas dari Flu Tanpa Vaksinasi

Loading...

7 Langkah Bebas dari Flu Tanpa VaksinasiMusim influenza datang lagi, yang berarti waktunya bertemu dokter untuk mendapat vaksinasi flu musiman.

Hanya saja, tidak ada yang benar-benar menyukai suntikan, terutama ketika tidak ada jaminan bahwa vaksinasi pencegahan penyakit flu akan benar-benar menangkal kondisi influenza.

Apakah ada cara untuk mencegah penyakit tanpa mengambil vaksin flu?

Nah, ini kabar baiknya – Anda dapat menghindari suntikan influenza dan flu dengan mengikuti beberapa langkah sederhana berikut, dilansir dari Newsmax Health:

Langkah 1. Perbaiki Diet

Tingkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memperbaiki diet Anda. Tingkatkan asupan sayuran berdaun hijau dan buah-buahan berbasis jeruk yang mengandung antioksidan dan vitamin seperti A, B6, C dan E dalam jumlah besar. Senyawa alami ini sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh dalam melawan infeksi tahap awal seperti influenza.

Langkah 2. Konsumsi Suplemen

Gunakan suplemen untuk memperkuat sistem kekebalan alami tubuh Anda. Nutraceutical dan herbal seperti echinacea, seng, elderberry dan bawang putih menawarkan manfaat kesehatan yang besar, dapat menangkal influenza dan bahkan membantu mengurangi gejala flu aktif tanpa suntikan flu.

READ:  Ketahui Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan dan Cara Mengatasinya

Langkah 3. Cuci Tangan

Bersihkan tangan Anda selama 15 detik. Cuci tangan dengan air hangat, sabun antibakteri, dan pembersih tangan berbasis alkohol adalah cara terbaik untuk membunuh virus flu yang dapat menyebarkan kondisi penyakit dari tangan Anda . Pada saat yang sama, jangan menyentuh hidung, mata, dan mulut selama kondisi influenza hadir di sekitar Anda karena virus flu menyebar dengan cepat melalui kontak fisik.

Langkah 4. Hindari Keramaian

Hindari daerah ramai. Meskipun hal ini tidak mungkin bagi semua orang tapi cobalah untuk menghindari daerah ramai, terutama saat kondisi puncak perjalanan.

Jika Anda harus melakukan perjalanan atau jika tempat kerja atau rumah Anda penuh sesak, pakailah masker dan jaga jarak yang aman dari orang-orang yang tampaknya menderita influenza – mereka mungkin tampak mual, demam atau sakit.

Langkah 5. Tingkatkan Olahraga

Bekerja atau berolahraga selama 20 menit setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda lebih dari suntikan flu dengan meningkatkan aliran darah dan membantu tubuh untuk melawan virus flu. Namun, jika Anda sudah merasa sakit, tinggallah di rumah karena tubuh Anda akan perlu beristirahat untuk menangkal influenza tahap awal.

READ:  10 Makanan Super untuk Konsumsi Setiap Hari

Langkah 6. Berhenti Merokok

Berhentilah merokok karena perokok mendapatkan infeksi flu lebih banyak dibandingkan dengan bukan perokok. Merokok melemahkan sistem pernapasan dan kekebalan tubuh, suatu kondisi yang menyebabkan infeksi flu menjadi lebih parah dengan resiko tinggi komplikasi. Menghindari alkohol selama beberapa hari juga merupakan ide yang baik karena mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Langkah 7. Banyak Istirahat dan Kurangi Stres

Stres melemahkan sistem kekebalan tubuh, dan kondisi fisik yang lemah dapat membuat Anda jatuh sakit lebih cepat. Mendapatkan tidur yang cukup dan mengurangi stres tentunya dapat membantu mencegah penyakit seperti influenza.

Perubahan gaya hidup sederhana ini sangat mudah diterapkan. Diet yang lebih baik, peningkatan olahraga, dan suplemen umumnya akan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan mencegah Anda jatuh sakit, membantu Anda menghindari influenza dan vaksin flu.