7 Kebiasaan yang Dapat Membuat Rambut Anda Sehat dan Indah!

Rambut Sehat dan IndahPernah melihat seorang wanita dengan rambutnya yang berkilau, tampak sehat dan indah alami? Wanita dengan rambut yang indah memang sering membuat kita bertanya bagaimana cara dia merawatnya.

Memiliki rambut yang tidak hanya indah namun juga sehat memang menjadi impian banyak wanita, terutama karena rambut adalah mahkota dan aset yang sangat penting untuk menunjang penampilan.

Jika anda bertanya-tanya apakah ada rahasia merawat rambut agar tampak sempurna, kami bagikan rahasianya untuk anda, dilansir oleh salah satu website kecantikan, thefashionspot.com.

1. Lewatkan Keramas Setiap Hari

Jika anda mencuci rambut anda setiap hari, itu sama saja dengan anda tidak membiarkannnya ‘bernapas’ dan akan membuatnya kering dalam waktu singkat.

Jika kita sering mengeluh akan rambut yang mudah sekali berminyak, mencucinya setiap hari dapat menjadi penyebabnya. Cuci rambut anda dua hari sekali dan jika rambut depan berminyak, anda dapat mencuci bagian itu saja untuk membuatnya terlihat tidak lepek.

Saat mencuci rambut pun, sebaiknya gunakan shampo dan pijat rambut perlahan hingga ke kulit kepala, dan saat menggunakan kondisioner, hindar mengaplikasikanya pada kulit kepala. Usapkan kondisioner pada rambut hingga ke ujungnya saja.

READ:  7 Ide Unik dan Lucu Merayakan Hari Valentine Bersama Pasangan  

2. Konsumsi Banyak Vitamin

Jika anda melihat produk perawatan rambut yang mengandung mineral oil, vitamin dan nutrisi tertentu, kandungan-kandungan tersebut tentu dapat membuat rambut sehat, namun tahukan anda jika anda juga dapat mengkonsumsinya dari dalam?

Ya, konsumsi banyak vitamin yang terdapat pula pada uah dan sayuran hijau, seperti vitamin A, E dan C yang juga sangat baik untuk kesehatan rambut,

3. Sisir Rambut Agar Sehat

Sisirlah rambut anda, dengan sisir yang sesuai dengan jenis rambut. Lurus, ikal, maupun keriting akan tampak sehat dan alami jika anda rajin menyisirnya.

Menyisir rambut terlalu sering tidak baik, akan tetapi, menyisir rambut juga dapat melancarkan peredaran darah di area kulit kepala yang juga mempengaruhi kesuburan rambut. Maka dari itu menyisir rambut sebelum tidur sangat dianjurkan.

4. Hindari Proses Kimia

Bagi anda yang sering bergonta-ganti gaya rambut sesuai tren terkini, anda tentu tak asing dengan proses pelurusan, pengeritingan, bleeching, pewarnaan rambut dan masih banyak lagi. Tentu beberapa proses tersebut sangat membantu penampilan rabut anda agar tampak indah.

READ:  Tips Menjaga Rambut Ikal Tetap Lembut dan Berkilau

Tapi semua proses tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi rambut, mulai kering, bercabang hingga rontok dan merubah warna asli alami rambut anda. Minimalkan proses kimia pada rambut agar rambut anda tetap sehat.

5. Perhatikan Kulit Kepala

Kulit kepala sering terlupakan dalam perawatan rambut. Padahal, kulit kepala yang tidak sehat akan berpengaruh pula pada kondisi rambut kita. Kulit kepala yang berketombe misalnya, akan membuat rambut mudah rontok.

Pilih shampo yang sesuai juga dengan kondisi kulit kepala anda, apakah kering, normal atau berminyak. Selain itu, saat proses mencuci rambut, pijat kulit kepala dan prioritaskan kesehatan kulit kepala untuk rambut yang sehat.

6. Lindungi Rambut

Kita sering lupa melindungi rambut dari sinar matahari, hujan hingga debu dan polusi. Jika dalam cuaca panas, gunakan penutup kepala untuk melindungi rambut dari kerusakan karena sinar matahari.

Begitu pula saat berada di luar ruangan yang penuh polusi dan debu, gunakan topi, syal dan penutup kepala lainnya. Bagi anda yang berkendara dengan motor misalnya, gunakan help yang bersih karena akan mempengaruhi kebersihan kulit kepala dan rambut.

READ:  5 Alasan Mengapa Wanita Butuh Suplemen Protein

Bagi anda yang hobi berenang, kolam renang yang mengandung banyak kaporit juga dapat menyebabkan kondisi rambut menjadi kering dan rusak. Gunakan shampo khusus sesuai berenang.

7. Trim!

Pergilah ke salon dengan rutin sebulan sekali misalnya, untuk merapikan ujung rambut. Proses ini sangat penting untuk memotong ujung rambut yang tidak sehat.

Jika ujung rambut yang kering dan bercabang terus dibiarkan, rambut akan semakin panjang dan ujung yang bercabang akan semakin naik dan pada akhirnya, rambut perlu dipotong cukup panjang.

***

Merawat rambut agar terlihat indah ternyata tak begitu sulit dilakukan. Cintai rambut anda dan tampillah dengan menawan!