Penyebab Ketiak Hitam dan Cara Mengatasinya

Loading...

Ketiak yang hitam akan sangat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri anda. Banyak wanita mencari cara untuk menyingkirkan ketiak hitam. Ketiak yang bersih tentu menjadi harapan bagi banyak orang.

Memiliki ketiak yang bersih tentu lebih nyaman dan akan menjadikan anda lebih percaya diri, tetapi jika ketiak Anda hitam dan kontras dengan warna lengan, itu akan mempengaruhi harga diri, rasa malu, terutama ketika menggunakan pakaian tanpa lengan.

Penyebab Ketiak Hitam dan Cara Mengatasinya

Sebelum kita berbicara tentang trik untuk menghilangkan ketiak gelap, kita harus tahu apa penyebab ketiak gelap. Berikut ini adalah beberapa penyebab ketiak bisa menjadi berwarna gelap atau kehitaman:

Mencabut dan Mencukur Bulu Ketiak

Kadang-kadang ketiak membuat wanita pada umumnya menjadi tidak nyaman, ini menjadi salah satu alasan bagi banyak wanitamencabut atau mencukur bulu ketiak. Namun anda harus berhati-hati dalam melakukannya karena ternyata ketiak bisa teriritasi.

Jika anda terlalu sering mencukur atau mencabut bulu ketiak anda, hal ini  dapat menyebabkan luka parut atau peradangan yang menyebabkan kulit ketiak lebih gelap dari aslinya.

READ:  Rahasia Alami Untuk Memutihkan Kulit Ketiak

Faktor Hormonal

Sebagai contoh, selama kehamilan, kulit ketiak dan beberapa bagian tubuh seperti leher dan pinggang akan mengalami penggelapan.

Hal ini disebabkan aktivitas hormonal selama kehamilan memungkinkan pelepasan terlalu banyak pigmen coklat sehingga kulit akan menggelapkan beberapa bagian tubuh.

Penggunaan Deodoran dan Powder

Dalam beberapa kasus, kandungan dalam deodoran dan bedak dapat memicu perubahan warna ketiak. Selain itu, perubahan warna di ketiak juga dipicu oleh bakteri yang akan mengubah sisa-sisa bubuk dan deodoran, yang tersisa pada bagian ketiak.

Gesekan Kulit dengan Pakaian

Gesekan pakaian yang keras pada kulit serta pakaian yang terbuat dari jeans bisa memicu perubahan warna di ketiak menjadi menghitam. Oleh sebab itu, sebaiknya anda memilih bahan pakaian yang lembut untuk dipakai.

Tips Memutihkan Ketiak Hitam

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab ketiak hitam, hal tersebut tentu belumlah cukup. Oleh sebab itu ada baiknya anda menyimak beberapa tips untuk memutihkan ketiak hitam di bawah ini:

Campuran Lemon dan Ketimun

Lemon dan mentimun dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk ketiak Anda. Caranya dengan mencampur 1 sendok teh jus lemon dengan 1 sdt jus mentimun dan sejumput bubuk kunyit. Kemudian menerapkan tiga bahan di ketiak Anda, kemudian bilas dengan air bersih setelah 20 menit.

READ:  Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Warna Gelap pada Kulit Ketiak

Buah Pepaya

Kandungan dari enzim yang terkandung dalam pepaya, dapat berfungsi untuk membersihkan kulit. Gunakan pepaya yang tidak terlalu matang dan kemudian diparut sampai halus. Setiap selesai mandi, gunakan parutan pepaya tersebut pada ketiak Anda, tunggu beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

Ketela

Ketela  segar dapat berguna untuk memutihkan kulit, maka tidak mengherankan bahwa banyak bahan kecantikan, seperti handbody, sabun kecantikan, pelembab, menggunakan ketela atau ubi sebagai bahan dasar.

Parut ubi segar dan oleskan pada ketiak, lalu diamkan sekitar 15 menit. Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara teratur. Jika Anda terlalu malas untuk membuatnya, Anda dapat membeli masker ubi dan menerapkan pada ketiak Anda dan bilas hingga bersih.

Pilih Waxing

Alih-alih mencukur, Anda dapat menggunakan waxing untuk menghilangkan rambut di ketiak. Waxing bisa menghilangkan kulit mati di sekitar ketiak dan juga dapat membersihkan kulit di sekitarnya.

Pengobatan Dokter

Jika beberapa cara tersebut tidak berhasil membuat ketiak putih kembali, Anda dapat berkonsultasi tentang kondisi kulit ketiak anda pada dokter. Dermatologi akan mencari tahu apa yang menyebabkan ketiak Anda menghitam dan memberikan solusi bagaimana menanganinya secara efektif.

READ:  Tips Untuk Mix & Match Celana Berwarna Permen

Biasanya perawatan yang  sering dilakukan oleh dokter kulit untuk mengatasi ketiak hitam adalah dengan “mengupas” atau stripping. Ini dilakukan dengan menghapus lapisan luar kulit ketiak, dan Anda akan diberikan semacam salep yang mengandung pemutih, yang harus diterapkan setiap malam sebelum tidur.

(foto: Venusbuzz.com)