Cara Menghilangkan Belang Akibat Berenang

Loading...

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga outdoor yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti membantu menurunkan dan menjaga berat badan, melatih otot-otot tangan dan kaki, serta merangsang pertumbuhan saraf motorik.

Namun seperti kebanyakan olahraga outdoor yang lain, berenang seringkali dilakukan pada pagi dan siang hari, dan memang waktu-waktu tersebut adalah waktu yang paling baik untuk berenang.

Apalagi bagi anda yang suka berenang dari siang sampai sore hari, berenang terlalu lama akan membuat kulit menjadi belang hingga bisa menjadi gosong.

Cara Menghilangkan Belang Akibat Berenang

Menggunakan sunblock sebelum berenang merupakan salah satu cara menghilangkan belang akibat renang. Meskipun tidak akan menghilangkan belang, setidaknya penggunaan sunblock atau lotion SPF dapat mencegah kulit anda menjadi belang dan gosong.

Namun, bagi anda yang sudah terlanjur gosong atau kulit menjadi belang setelah berenang, berikut beberapa cara menghilangkan belang akibat renang yang dapat anda lakukan:

Berendam dengan Air Dingin

Setelah berenang segera rendamkan tubuh anda dengan air dingin. Air dingin disini bukan berarti air dari lemari es, melainkan air dengan suu normal. Rendamlah tubuh anda selama lebih kurang 15 menit.

READ:  Ternyata Balita juga Bisa Stres, Kenali Gejalanya!

Hal ini dilakukan agar kulit anda tidak belang ataupun gosong. Usahakan mandi dengan berendam, jangan mandi dengan shower atau gayung karena akan rentan terjadi iritasi pada kulit anda, apalagi jika mandi beberapa saat setalah berenang. Usahakan pula hindari untuk mandi dengan air yang mengalir.

Gunakan Lidah Buaya, Kunyit, dan Lemon

Penggunaan bahan-bahan alami merupakan salah satu cara yang aman dan tanpa efek samping bagi kulit. Setelah berenang dan mandi, gunakan lidah buaya dan kunyit untuk mengembalikan kecerahan dan kenormalan warna kulit tubuh, sedangkan lemon untuk kulit wajah.

Caranya yakni ambil sebatang lidah buaya ukuran sedang, lalu oleskan jeli nya secara merata pada bagian tubuh, setelah agak kering, bilas denggan air bersih. Atau parut kunyit dan campurkan bersama tepung chickpea dan minyak zaitun, oleskan pada tubuh dan diamkan selama lebih kurang 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Sedangkan untuk wajah, gunakan perasan jeruk lemon lalu olesi pada wajah, dan diamkan selama lebih kurang 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

READ:  Mengenal Pengobatan Ayurveda

Gunakan Susu

Bagi anda yang hobi berenang, berendam dengan air susu merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan belang dan gosong pada kulit. Mandi susu bisa anda lakukan di salon atau spa perawatan kecantikan.

Namun, bagi anda yang tidak mempunyai biaya cukup, perawatan di rumah adalah lebih baik. Caranya yakni campurkan 200ml susu sapi segar, kulit jeruk sunkist dan dua sendok makan madu. Gunakan campuran ini seagai pencuci muka pada malam hari sebelum tidur.

Perawatan dari Dalam

Bagi anda yang ingin menghilangkan belang dan gosong pada kulit setelah berenang. Selain melakukan perawatan dari luar, perawatan dari dalam jangan sampai ketinggalan.

Caranya yakni konsumsilah air mineral yang banyak, karena hal ini dapat membantu mengembalikan dehidrasi pada tubuh. Juga konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A dan vitamin C seperti jambu,pepaya, dan tomat (dapat membantu meregenerasi sel kulit mati).

###

Demikianlah beberapa tips dan cara menghilangkan belang akibat renang. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang hobi berenang untuk mendapatkan kulit yang tetap normal meski seharian melakukan renang.