Peluang Bisnis Kue Kering

Loading...

Peluang Bisnis Kue KeringBisnis kue kering sudah bukan sesuatu asing lagi. Sejak zaman dulu hingga saat ini, bisnis ini tetap digandrungi oleh banyak orang terutama kaum wanita.

Terlebih lagi menjelang hari-hari saya seperti Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru. Penjualan kue kering bisa melonjak dibanding hari biasanya.

Apa alasannya? Mengapa bisnis kue kering menjadi idaman oleh banyak orang? Bisnis kue kering cenderung lebih mudah dalam pengelolaannya, lebih awet dan tahan lama, dan tidak terlalu rumit bagi pembuatnya.

Kue kering juga memiliki ketahanan yang lebih lama dibanding kue basah, dimana kue kering bisa bertahan hingga 6 bulan bahkan setahun, sehingga resiko kerugian usaha kue kering masih lebih kecil dibanding resiko kerugian usaha kue basah yang hanya bertahan sampai 4 hari.

Memang karakter keduanya hampir sama saja, akan tetapi yang terlihat lebih menarik tetaplah usaha kue kering. Selain pengemasannya yang lebih rapi, pendistribusiannya juga lebih mudah dilakukan.

Tips Sukses Berbisnis Kue Kering

Mungkin sejumlah orang beranggapan bahwa bisnis kue kering hanya akan melejit di saat hari raya saja, namun pada kenyataannya, bisnis kue kering tetap dapat berkelanjutan asalkan memperhatikan beberapa hal berikut:

READ:  Kunci Sukses Usaha Penyewaan Busana Pengantin

Mempertahankan kualitas dan merek secara konsisten

Kenaikan BBM menyebabkan kenaikan berbagai harga di berbagai bidang, salah satunya ialah kenaikan harga bahan baku pembuatan kue. Sebaiknya anda juga ikut menaikkan harga dan kualitas kue kering anda.

Jika merasa belum sanggup meningkatkan kualitas, setidaknya kualitas dan merek kue kering anda tetap bertahan dan tidak menurun. Menaikkan harga jauh lebih baik dibanding mempertahankan harga, namun kualitas kue merosot.

Berinovasi dengan aneka variasi

Seringkali konsumen merasa bosan dengan sajian yang itu-itu saja dari hari ke hari. Untuk menghindari kejenuhan tersebut, anda harus berinovasi dengan menciptakan variasi yang berbeda dari kue kering anda. Variasi yang anda ciptakan dapat berupa variasi rasa, bentuk, ataupun warna, sesuaikan saja dengan minat kebanyakan konsumen anda.

Ciptakan kue yang sehat

Saat ini, teriakan dan ajakan untuk hidup sehat semakin digencarkan. Berbagai media menampilkan bagaimana pola hidup yang sehat dengan makanan yang sehat. Hal ini tentu harus anda perhatikan agar kue kering anda tetap dapat diterima masyarakat.

READ:  5 Cara Memulai Bisnis dari Nol

Kue kering candy dan rainbow cake yang cenderung menonjolkan warna yang beragam adalah contoh dari kue yang hanya bertahan sebentar. Sekalipun anda menggunakan pewarnaan pada kue, sebaiknya gunakanlah pewarna alami yang menjamin kesehatan konsumen yang akan mengkonsumsi kue kering anda.

Mengubah kemasan

Ubahlah kemasan kue kering anda secara berkala tanpa meninggalkan identitas dari usaha anda, tentunya anda harus mengubahnya menjadi lebih menarik. Cara ini dapat menarik perhatian konsumen anda dan jangan heran bila sesekali terdengar pujian “Eh. Udah upgrade kemasan ya. Makin cantik ya”.

Pesanan tepat waktu

Dalam memenuhi pesanan konsumen, anda harus melakukannya dengan tepat waktu. Ketepatan waktu dalam menyajikan menjadi nilai plus di mata konsumen. Mungkin anda akan sedikit kewalahan jika pesanan yang harus dipenuhi berjumlah banyak, namun anda tetap dapat mensiasatinya dengan menjadwalkan pembuatannya secara teratur, bisa dengan memo pada kulkas ataupun reminder pada Gadget anda.

Berpromosi dengan baik

Selain berpromosi melalui outlet yang eye catching dan menarik, anda juga bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan produk kue kering anda. Media online seperti Facebook dan Twitter yang saat ini tengah digandrungi oleh banyak orang dapat membantu anda untuk memasarkan kue kering tanpa harus berkeliling.

READ:  6 Tips Mudah Jadi Bos yang Lebih Baik

Nah, selamat mencoba bisnis kue kering, semoga berhasil!