7 Tips dan Cara Agar Tidak Minder

Loading...

7 Tips dan Cara Agar Tidak MinderDalam era globalisasi yang menyebabkan majunya zaman saat ini ternyata membuat banyak orang justru minder dengan dirinya.

Mereka merasa tidak memiliki kemampuan yang lebih, sehingga tidak jarang pembatasan diri pun terjadi.

Pada akhirnya, mereka cenderung takut berekspresi dan tidak percaya diri, padahal kesempatan untuk meraih mimpi itu selalu ada asalkan mereka berani untuk membuka diri.

Berikut beberapa langkah yang dapat diterapkan untuk meningkatkan rasa percaya diri, terutama bila anda termasuk salah satu orang yang sering merasa minder:

1. Perhatikan penampilan

Tampillah dengan penampilan yang baik saat memulai aktivitas, baik itu tempat belajar atau kantor, hang out bersama sahabat, kursus, dan sebagainya. Dengan penampilan yang rapi, pakaian yang sederhana dan bersih, aroma tubuh dan rambut wangi serta rapi, dapat dipastikan anda akan lebih merasa percaya diri.

2. Terima diri apa adanya

Setiap orang terlahir dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Anda tidak perlu malu dengan kekurangan anda, tetapi cobalah untuk menerima diri apa adanya dan menyelesaikannya secara perlahan.

READ:  Waspadai Pengaruh Buruk dari Selfie

Jika anda memiliki kekurangan dalam bidang perhitungan, maka anda harus berlatih secara perlahan agar lambat laun dapat menyukai bidang tersebut bahkan menguasainya.

3. Optimalkan kemampuan diri

Jika anda telah berlatih untuk kekurangan anda, maka yang harus dilakukan berikutnya ialah mengoptimalkan segenap kelebihan yang anda miliki. Anda harus meningkatkan apa saja kelebihan dan keahlian yang ada untuk meningkatkan rasa percaya diri anda.

Mungkin anda memiliki kekurangan dalam mengungkapkan pendapat dengan berbicara karena selalu gugup dan takut dilihat banyak orang, maka anda dapat menyampaikan pendapat lewat keahlian menulis anda.

Tuliskan saja pendapat anda dengan kemampuan merangkai kata yang anda miliki. Anda dapat mencoba wordpress, blogspot, kompasiana, dan sebagainya. Dengan begitu karya anda akan dilihat banyak orang dalam dunia maya.

4. Hargai setiap pencapaian dan keberhasilan

Berusahalah untuk selalu menghargai setiap pencapaian yang telah anda raih, sekalipun itu tidak sebesar pencapaian yang diraih oleh orang-orang ternama. Anda dapat merayakan pencapaian anda yang begitu baik dalam Ujian Sejarah dengan menghabiskan waktu di Museum dan tempat-tempat wisata lainnya.

READ:  6 Tips Menjaga Hubungan Sehat

5. Cari lingkungan dan komunitas positif

Tidak jarang lingkungan sosial menjadi penentu kepribadian seseorang, sekalipun masih terdapat beberapa orang yang teguh dengan pendiriannya di tengah lingkungan sosial yang buruk. Anda harus mencari teman yang berpengaruh positif bagi anda, yaitu yang berani dan mau memberi anda semangat untuk berkembang.

Bergabunglah dengan komunitas-komunitas positif yang bersifat membangun, misalnya komunitas menulis bagi anda yang suka menulis, komunitas bahasa bagi anda yang suka memperdalam berbagai bahasa, komunitas entrepreneur bagi anda yang suka berwirausaha dan lain sebagainya. Dengan begitu, anda dan para teman dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

6. Pertahankan semangat dan gairah hidup

Milikilah niat dan gairah yang berkobar untuk mengejar mimpi dan cita-cita anda. Semangat anda untuk menjadi apa yang anda ingin akan semakin menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri anda.

Anda tidak akan menjadi penulis, jika anda memiliki kelebihan dalam menulis, tetapi tidak pernah berusaha untuk menulis secara intens. Bersemangatlah jika anda ingin meraih mimpi dan cita-cita, salah satunya adalah dengan berlatih terus-menerus.

READ:  Ini Dia, 3 Hal yang Tidak Boleh Dikatakan Pada Pria Anda!

7. Belajar dari kegagalan masa lalu

Mungkin sebelumnya anda pernah mengalami kegagalan hingga akhirnya anda malu dan merasa minder dengan ketidakmampuan anda. Perlu anda ketahui bahwasannya kegagalan hanya sebatas intermezzo sebelum anda mencapai mimpi, agar anda bisa mempelajari banyak hal. Jadikanlah pengalaman kegagalan itu sebagai pelajaran yang bisa memantapkan diri anda untuk bisa lebih baik dari sebelumnya.