Pelajari Makna dan Tujuan Resolusi Tahun Baru

Tahun baru Masehi, boleh dikatakan dijadikan sebagai suatu rujukan oleh hampir seluruh manusia di dunia.

Setiap negara termasuk Indonesia selalu merayakannya dengan berbagai acara meriah dan pesta kembang api hingga matahari terbit di hari pertama pada awal tahun baru.

Berbagai pusat perbelanjaan menganggap tahun baru sebagai ajang untuk meraup omzet sebesar-besarnya dengan menggelar diskon besar-besaran hingga 70 persen. Tempat hiburan atau hotel berlomba-lomba membuat suatu perayaan mewah untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya.

Malam Tahun Baru mungkin tampak seperti perayaan sekuler. Tapi di balik semua kemegahan dan gemerlapnya, ia memiliki makna yang mendalam. Selama berabad-abad, dan dengan cara yang sama, orang telah mengamati akhir tahun sebagai awal yang lain.

Resolusi Tahun Baru

Pada Tahun Baru, banyak orang mengingat pencapaian dan kegagalan mereka di tahun sebelumnya dan mengharapkan lebih banyak kebaikan di tahun baru, dengan semangat baru di awal tahun.

Untuk menyambut Tahun Baru, saat orang-orang merayakannya dengan bernyanyi, menyaksikan kembang api dan bersulang, banyak dari mereka yang menjadi lebih serius akan pentingnya arti hidup. Sebagian besar merencanakan program tindakan baru untuk memperbaiki hidup.

READ:  Bagaimana Cara Mengajarkan Tentang Seks Kepada Anak?

Ya, salah satu kebiasaan yang paling populer dan kunci makna tahun baru: Membuat resolusi.

Resolusi di Awal Tahun

Hari Tahun Baru adalah hari libur dengan pikiran paling aktif, karena banyak orang menilai kehidupan mereka dan merencanakan hingga memutuskan untuk mengambil tindakan.

Nilai tidak hanya bersifat fisik dan eksternal. Nilai juga bisa bersifat psikologis. Banyak resolusi tahun baru mengungkapkan bahwa seseorang ingin memperbaiki diri dengan meningkatkan psikologisnya.

Misalnya, melihat resolusi Anda sendiri selama bertahun-tahun. Resolusi mengekspresikan ambisi moral yang seseorang ingin tingkatkan dalam diri dan kehidupannya.

Arti Resolusi Tahun Baru

Lalu apakah arti filosofi dari resolusi tahun baru? Setiap resolusi yang Anda buat pada hari ini menyiratkan bahwa Anda berada dalam kendali diri Anda, bahwa Anda bukan korban keadaan, tetapi Anda adalah seorang individu yang bisa membuat pilihan untuk mengubah hidup Anda.

Anda dapat mempelajari statistik, meminta promosi, melawan rasa malu Anda, mencari pasangan menikah. Hidup Anda ada di tangan Anda sendiri.

READ:  Tahun Baru 2014 Sebagai Momentum Perbaikan Diri

Tujuan Resolusi Tahun Baru

Tapi apa maksud dari membuat tujuan dan resolusi seperti itu? Mengapa repot-repot?

Membuat resolusi Tahun Baru, dan melakukannya bahkan setelah gagal di tahun sebelumnya, hal ini menekankan bahwa setiap orang ingin bahagia. Pada Tahun baru banyak orang menerima, sering lebih implisit daripada eksplisit, bahwa kebahagiaan berasal dari pencapaian nilai-nilai.

Itulah mengapa Anda memutuskan untuk menjadi lebih sehat, lebih ambisius, dan lebih percaya diri. Anda ingin menikmati rasa tujuan, prestasi dan kesenangan yang dirasakan seseorang ketika mencapai nilai-nilai tersebut.

Ini adalah tahun baru, lebih dari hari lain, yang membuat pencapaian kebahagiaan yang lebih nyata dan mungkin. Ini adalah makna dari hari Tahun Baru dan mengapa psikologis sangat penting dan signifikan terhadap setiap orang di seluruh dunia.

Jika orang-orang menerapkan makna nilai pencapaian Hari Tahun Baru secara eksplisit dan konsisten selama 365 hari setiap tahun, mereka akan lebih bahagia.

**

Jadi isilah gelas hidup Anda sampai penuh dengan nilai setiap harinya, teguk dan dalami untuk hidup Anda dan sukacita yang seharusnya Anda dapatkan.