Cara Ampuh Mengusir Semut

Loading...

Cara Ampuh Mengusir SemutSalah satu masalah yang dihadapi di rumah adalah kehadiran tamu tak diundang yaitu semut.

Sedikit saja ada gula atau kue yang terbuka, semut pasti datang mengerubuti, sehingga terkadang kita pun bingung untuk menyimpan di mana makanan kita.

Sebenarnya untuk menjauhkan makanan dari semut itu bukanlah hal yang sulit. Kuncinya adalah kebersihan.

Biasakan membersihkan dapur, meja atau tempat lainnya setelah Anda selesai beraktifitas atau mengerjakan sesuatu. Jika tidak ada sisa makanan, pastinya semut juga tidak akan datang mendekat.

Selain cara di atas, beberapa bahan berikut ini juga dapat mengamankan persediaan makanan Anda dari serbuan semut. Anda bisa meletakkan bahan-bahan berikut di tempat yang sering dilalui semut ataupun di lubang-lubang rumah semut:

Cuka

Semut tidak menyukai bau menyengat cuka. Jadi Anda bias menyemprotkan cuka ke tempat yang sering dilewati semut. Cuka apel juga bisa Anda gunakan dengan cara ini, begitu juga dengan minyak Peppermint.

Kayu manis

Ternyata semut tidak menyukai kayu manis meskipun rasanya manis. Anda bisa menebarkan bubuk kayu manis di tempat dimana semut sering berkumpul.

READ:  5 Tips Aman Memilih Rumah BTN Nyaman

Ampas kopi

Jika Anda penggemar kopi, rupanya sisa ampas kopi yang Anda minum juga ampuh untuk mengusir semut. Anda cukup meletakkan ampas kopi ini di dekat pintu atau jendela tempat masuk semut ke rumah Anda. Atau Anda bisa membungkus bubuk kopi dan menyimpannya dalam lemari makan, maka semut akan menjauhi lemari makan Anda.

Sabun cuci

Selain berfungsi untuk mencuci, sabun cuci juga bisa dipakai untuk mengusir semut. Caranya mudah, cukup campur dengan air secukupnya, lalu semprotkan pada kerumunan semut. Pasti semut-semut itu tidak akan kembali lagi.

Boric acid (boraks)

Boraks juga bisa Anda gunakan sebagai alat pengusir semut. Anda bisa membeli bahan ini di took kimia. Caranya, campurkan Boraks dengan gula halus lalu letakkan di tempat yang kemungkinan akan didatangi semut. Pasti semut akan megusung gula yang sudah bercampur boraks ini ke sarangnya.

Setelah dimakan, boraks akan meracuni semut dan teman-temannya di sarang. Tetapi Anda juga harus berhati-hati. Jangan sampai ini termakan oleh Anda atau anak-anak karena ini termasuk racun.

READ:  3 Makanan Tradisional Jawa Barat Yang Nikmat Di Lidah

Mentimun

Rupanya mentimun juga termasuk salah satu bahan makanan yang tidak disukai semut. Anda cukup meletakkan potongan mentimun di tempat berkumpul semut, maka semut akan menjauhi dan tidak akan kembali.

Daun sirih

Pada jaman dulu daun sirih ini digunakan oleh orang tua untuk dikunyah-kunyah (menyirih). Tetapi ternyata saat ini diketahui pula bahwa daun sirih juga ampuh untuk mengusir semut. Anda cukup meremas-remas daun sirih dan meletakkan di tempat yang tidak ingin didatangi semut. Aroma yang dikeluarkan akan membuat semut tidak suka dan mereka akan menjauh.

Air jeruk nipis

Kesegaran air jeruk nipis yang kita sukai ternyata tidak berlaku bagi semut. Anda bisa menyemprotkan air perasan jeruk nipis di tempat-tempat yang biasa didatangi semut. Aroma yang ditimbulkan tidak disukai semut dan mereka akan meninggalkan tempat yang sudah Anda semprotkan tadi.

Kulit telur ayam

Kulit telur ayam rupanya juga bisa Anda manfaatkan untuk mengusir semut. Caranya Anda bisa menyangrai kulit telur ayam hingga berwarna kehitaman kemudian tumbuk sampai halus. Taburkan ke tempat yang Anda ingin jauhkan dari gangguan semut.

READ:  5 Ide Hadiah Natal untuk Suami

Cengkeh

Bahan masakan yang satu ini juga bisa Anda coba untuk mengusir semut. Cukup letakkan saja beberapa butir cengkeh di tempat yang biasa didatangi semut.

Kapur semut

Bahan ini sudah banyak dijual di tempat umum. Anda bisa gunakan atau gariskan di kaki-kaki meja atau di sudut lemari agar semut tidak mudah masuk/naik ke meja. Salah satu kapur semut yang cukup dikenal adalah kapur bagus.

###

Demikianlah beberapa alternatif yang bisa Anda coba untuk mengusir semut dari rumah Anda. Sekarang Anda bisa bebas dari semut dan makanan Anda akan terjaga. Tunggu apa lagi? Yuk berangkat ke dapur dan melihat bahan apa yang saat ini ada dan bisa digunakan.