5 Kesalahan Saat Pesta Tahun Baru yang Menyebabkan Berat Badan Meningkat

Liburan tahun baru biasanya dihabiskan bagi sebagian besar orang untuk berkumpul bersama teman-teman ataupun keluarga tercinta. Dan nampaknya prinsip “makan gak makan asal ngumpul” tidak akan berlaku saat pesta tahun baru, karena saat ngumpul tahun baru akan selalu ada makanan.

Makanan enak yang berlimpah dan berjejer seolah-olah memaksa anda untuk merusak diet ataupun pantangan Anda. Alhasil Anda terpaksa melanggar aturan Anda dengan dalih “ah, cuma setahun sekali” atau “ah, sekali-kali gakpapa”.

Jika kejadian ini menimpa Anda, nampaknya Anda wajib membaca ulasan dari livestrong.com di bawah ini.

Kesalahan Saat Pesta Tahun Baru

Jika Anda takut berat badan anda naik selama liburan, Anda tidak sendirian. Takut berat badan  akan meningkat memicu kesadaran kesehatan individual. Dan hal ini adalah hal yang bagus.

Rata-rata saat liburan orang akan makan malam dengan makanan yang mengandung 3.000 kalori, menurut Calori Control Council.

Belajar lebih banyak tentang faktor-faktor makan berlebih tersebut dan mengambil langkah untuk tetap di bawah kontrol mungkin akan menjadi hadiah liburan pertama bagi Anda di tahun ini.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan liburan ini yang dapat membuat kita semua bertambah berat badan.

Kesalahan # 1: Terjebak dalam Hingar Bingar Pesta

Sorak sorai pesta di liburan memang menyenangkan tetapi dapat mengganggu kontrol porsi makanan Anda.

“Banyak orang merasionalisasi sikap royal dan berlebih (terutama dalam hal makan) serta memperlakukan musim liburan dengan meyakinkan diri bahwa hal itu adalah hal yang baik-baik saja karena itu adalah acara khusus,” kata Jenny Giblin, seorang psikoterapis dan ahli gizi di Hawaii dan New York.

READ:  4 Tips Mencegah Sakit saat Musim Hujan

Sikap tersebut membuat Anda mudah untuk menambahkan ribuan kalori ke piring Anda. Giblin menyarankan menghindari kecenderungan untuk menjadikan hingar bingar pesta tersebut berlanjut ke bulan-bulan berikutnya.

Sepotong pecan pie menambahkan 500 kalori untuk satu kali makan. Mengulangi hal sehari-hari tersebut selama seminggu dapat memberikan 1 pound kalori untuk rata-rata orang.

Kesalahan # 2: Menggunakan Piring Standar Ukuran Besar

Hal ini nampak sepele. Namun ukuran piring makan secara bertahap meningkat selama seribu tahun terakhir, menurut laporan International Journal of Obesity 2010.

Jika Anda menggunakan piring makan jumbo, Anda cenderung makan dengan porsi jumbo makanan. Pilihan makanan yang berlimpah hari ini juga membuat Anda sulit untuk makan dalam jumlah yang wajar dan sehat.

“Jika Anda khawatir tentang berat badan, penting untuk mengingat Anda tidak harus sempurna sepanjang waktu,” kata terapis dan ahli gizi Jenny Giblin. “Coba saja mengambil tiga item pada satu waktu dan pastikan bahwa Anda masih bisa melihat piring Anda. Anda harus memiliki lapisan makanan, bukan gunungan makanan.

Kesalahan # 3: Berada Terlalu Dekat dengan Makanan

Jika Anda pernah mengalami rasa lapar akibat mencium aroma kue yang fresh from the oven, Anda tahu betapa kuatnya godaan sensorik tersebut. “Dapat menjadi sulit untuk menahan godaan ketika Anda dikelilingi oleh banyak makanan,” kata terapis dan nutrisi pelatih Jenny Giblin.

READ:  Waspadai 9 Perawatan Kecantikan Berbahaya Ini!

Jika pesta Anda penuh dengan sayuran dan makanan sehat lainnya, Anda mungkin bisa lolos dengan asupan kalori yang moderat.

Sebuah studi tahun 2011 dari 464 mahasiswa, yang diterbitkan dalam International Journal of Humaniora and Social Science menunjukkan bahwa duduk di dekat makanan penutup meningkatkan ukuran dan jumlah pilihan “manis” pengunjung .

Dengan kata lain, Anda harus menjaga jarak dengan makanan. Studi tersebut juga menunjukkan bahwa semakin besar kelompok pertemuan, semakin besarkemungkinan bagi para wanita untuk memakan makanan penutup – dibandingkan dengan laki-laki.

Kesalahan # 4: Tidak Berpikir Tentang Serat

Selain meningkatkan fungsi pencernaan, serat bebas kalori meningkatkan pengendalian nafsu makan dengan meningkatkan kejenuhan dan meningkatkan kontrol gula darah. Banyak hidangan libur, seperti makan kue, permen dan lainnya, mengandung sedikit atau tidak ada serat, membuat mereka sangat mudah untuk makan berlebihan.

Untuk mendukung pola makan yang sehat, cobalah untuk meraih jumlah serta yang direkomendasikan yakni sekitar 25-30 gram serat per hari.

Untuk kandungan serat yang lebih di liburan Anda, sajikan Ubi Manis Panggang dan bukannya potato mashed konvensional. Masak bahan makanan hijau, isian gandum, kacang-kacangan dan makanan kaya serat lainnya.

READ:  9 Manfaat Cabai Bagi Kesehatan Tubuh

Kesalahan # 5: Berpikir “Semua atau Tidak Sama Sekali”

Jika Anda berpikir makanan penutup adalah musuh terburuk bagi kesehatan Anda saat libur, pikirkan lagi. Semua atau tidak sama sekali, pola pikir diet semacam ini sendiri dapat menimbulkan risiko yang lebih besar, kata Minh-Hai Alex, RD.

“Ironisnya, pelaku diet berada pada risiko tinggi untuk mendapati liburan menyakitkan selama perayaan liburan karena mentalitas diet meningkatkan risiko pemikiran “semua atau tidak sama sekali.”

Beberapa gigitan makanan yang biasanya Anda hindari mungkin tampak seperti sebuah kegagalan, yang menyebabkan Anda berpikir, “Ah, Aku sudah mengacaukannya (diet),” jelas Alex.

Dalam beberapa kasus, makan berlebihan menjadi suatu bentuk hukuman bagi diri untuk makan yang buruk dan mendorong diri untuk kelaparan sesudahnya, memicu siklus makan berlebihan (overeating), kurang makan (undereating) dan berat badan akhirnya bertambah.

**

Pada dasarnya kontrol diri adalah yang paling utama dalam mengontrol berat badan Anda. Oleh sebab itu, ubahlah mindset Anda pada makanan. Jangan berlebihan dan jangan memaksa diri untuk kekurangan makan. Segala sesuatunya harus berimbang. Semoga bermanfaat.

(Foto: www.burgoynes-marquees.co.uk)