Bawang Bombay, Bawang Jumbo dengan Manfaat Super

Bawang BombayApakah yang terlintas dalam pikiran Anda jika berkesempatan mengetahui lebih banyak tentang bawang bombay?

Kata bombay mengacu kepada jenis bawang merah berukuran super jumbo. Dahulu kala, para pedagang dari kota Bombay India-lah yang pertama kali menyebarkan atau membudidayakan tanaman ini ke seluruh Nusantara, Indonesia. Saat ini kota Bombay lebih dikenal dengan sebutan Mumbai.

Bawang dengan ukuran besar ini ternyata tidak hanya istimewa dari namanya saja melainkan khasiatnya pun banyak diperhatikan oleh orang – orang. Karena memang manfaat dari bawang bombay ini sangat kompleks, lebih dari sekedar sebagai bumbu pelengkap masakan.

Loading...

Manfaat bawang bombay untuk kesehatan

Berikut penjelasan lengkap dari khasiat kesehatan yang diberikan oleh bawang bombay jika Anda rutin mengonsumsinya :

1). Konsumsi bawang bombay akan membantu Anda dalam menjauhkan diri dari penyakit kardiovaskuler karena ia mampu meningkatkan kadar kolesteril baik yang ada di dalam tubuh yakni HDL.

2). Bawang bombay juga ampuh memperbaiki keluhan penyempitan pembuluh darah manusia sehingga kecenderungan terkena penyakit hipertensi dapat direduksi.

3). Manfaat bawang bombay lainnya yaitu mencegah terjadinya pemecahan insulin terutama pada organ hati. Selain itu, senyawa APDS (Allyl Propyl Disulphide) yang banyak terdapat dalam bawang bombay sangat membantu tubuh dalam memproduksi lebih banyak insulin.

Hal ini berpengaruh bagus terhadap penderita diabetes, untuk meringankan gejala dan sakitnya bahkan bisa dipakai sebagai obat alami.

4). Konsumsi bawang bombay mentah setiap hari akan banyak membantu Anda dalam menurunkan potensi terkena kanker perut dan menekan serta mencegah atau mengobati sakit osteoporosis.

5). Melindungi tubuh terhadap serangan alergi. Manfaat bawang bombay erat kaitannya dengan kandungan senyawa quercetin di dalam daging bawang yang segar dan renyah tersebut. Senyawa ini mempunyai sifat antiradang dan anti terhadap berbagai alergi.

6). Konsumsi bawang bombay secara teratur akan memberikan multifungsi dalam menjaga kesehatan otak. Hal ini erat kaitannya dengan kandungan vitamin B kompleks yang terdapat di dalamnya mampu untuk menutrisi otak sehingga fungsinya terjaga dan bekerja dengan baik.

7). Manfaat bawang bombay adalah untuk melawan kanker. Hal ini disebabkan oleh karena kandungan senyawa sulfide pada bawang bombay ampuh melindungi tubuh Anda dari ganasnya sel kanker atau tumor.

Manfaat bawang bombay untuk kecantikan

Selain memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh beserta organ – organnya, ternyata bawang bombay juga ampuh sebagai sumber perawatan dan kecantikan kulit serta wajah.

Salah satunya adalah bawang bombay sangat tinggi kemampuannya dalam fungsi memperkuat akar rambut sehingga rambut tidak mudah rontok.

Untuk mendapatkan kegunaan dari bawang bombay sebagai media kecantikan, cukup lakukan beberapa langkah sederhana sebagai berikut ini:

A). Haluskan beberapa biji bawang bombay yang sudah dibersihkan dari kulit kasarnya. Kemudian blender hingga membentuk pasta. Pisahkan ampas dan air bawang bombay dengan menggunakan saringan.

B). Campurkan pasta bawang bombay dengan beberapa tetes minyak kelapa hangat dan barulah aplikasikan ke kulit kepala Anda secara merata.

C). Basuh juga helai demi helai rambut Anda dengan sisa air perasan bawang bombay sampai merata ke semua helaian rambut.

D). Diamkan selama 30 menit dan setelahnya bersihkan rambut Anda, boleh menggunakan shampoo pilihan tepat untuk fungsi yang diinginkan.

E). Lakukan perawatan rambut ini secara rutin setidaknya 2 kali dalam seminggu supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

**

Demikianlah beberapa manfaat kesehatan dan kecantikan yang diberikan oleh sebutir bawang bombay yang bersumber dari senyawa yang terkandung banyak di dalam daging buah bawang ini.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat.