7 Manfaat Hebat Jus Bayam untuk Kesehatan Tubuh

Bayam merupakan sayuran yang mengandung banyak zat besi berupa Fe2+ (ferro), dan apabila bayam lama berinteraksi dalam O2 (oksigen), maka kandungan Fe2+ akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri).

Walaupun sama – sama zat besi, yang berguna untuk kesehatan tubuh manusia adalah ferro, lain halnya dengan ferri justru bersifat racun.

Jadi jangan Anda memanaskan sayur bayam secara berulang – ulang, lebih baik segera mengkonsumsi bayam sesaat setelah diolah, atau hindari mengkonsumsi bayam yang sudah dimasak lebih dari 5 jam di atas meja makan Anda, karena zat ferri yang terkandung di dalamnya bisa merusak kesehatan tubuh.

Loading...

Manfaat Hebat Jus Bayam

Beragam manfaat yang bisa diperoleh dari mengolah sayur bayam menjadi aneka hidangan olahan seperti nasi goreng sayur bayam, sayur bening, keripik daun bayam atau dibuat jus.

Resep Jus Bayam

Berikut ini kami berikan satu resep olahan makanan dari bayam yaitu berupa jus bayam yang selain rasanya segar, juga sangat menyehatkan tubuh Anda.

Adapun bahan – bahan yang diperlukan adalah : 50 gr daun bayam berwarna hijau pekat, 400 gr apel hijau dipotong kecil – kecil, 2 sdt jeruk lemon, 3 sdm madu, es serut dan air putih bersih secukupnya.

READ:  Karakteristik dan Penyebab Psikopat

Cara membuat: masukkan bayam dan apel ke dalam juicer/jus ekstraktor. Tuang air dan es serut, tambahkan air jeruk lemon dan madu. Aduk rata. Lalu sajikan dalam gelas – gelas cantik.

Tidak hanya buah – buahan segar saja yang dapat diolah menjadi segelas minuman yang menyehatkan tubuh, sayuran pun bisa dimanfaatkan sebagai minuman sehat.

Manfaat Sayur Bayam

Berikut beberapa khasiat sayur bayam untuk kesehatan tubuh Anda, dapat dibaca di bawah ini :

1). Banyak mengandung vitamin yang berfungsi sebagai zat antioksidan, dengan cara mengikat dan menghancurkan radikal bebas serta mampu memberi perlindungan terhadap tubuh dari berbagai reaksi oksidatif yang bisa menghasilkan racun di tubuh.

2). Sayur bayam sebagai sumber serat bebas lemak, sangat cocok buat menu diet yang sehat.

3). Semua sayuran hijau termasuk bayam, banyak mengandung kalori yaitu kurang dari 25 per porsi bersih tanpa tambahan lainnya. Makan seporsi sayuran hijau dapat menghasilkan rasa kenyang sama dengan sepotong roti gandum.

4). Banyak mengandung zat betakaroten, alfakaroten dan lutein yang terbungkus aman di dalam kantong pigmen hijau daun (klorofil). Dengan banyak dan rutin makan sayuran hijau atau bayam, klorofil dapat melindungi sel lemah tubuh dari serangan benih kanker ganas.

READ:  Rincian Nutrisi Bayam dan Bahayanya

5). Serat kasar yang ada di dalam sayuran tidak bisa diurai satu per satu oleh sistem pencernaan kita dan berfungsi sebagai karet busa khususnya di dalam usus. Karet ini mudah menyerap zat buangan dan menolong gerakan peristaltik usus untuk semakin kuat mendorong sisa makanan ke luar tubuh sehingga BAB lancar atau Anda menjadi mudah berkeringat.

6). Selain konsentrasi lemak dalam darah diusahakan tetap terjaga jumlahnya, sayuran hijau atau bayam menjaga tubuh kita agar terhindar dari berbagai penyakit sebagai akibat gangguan yang ada pada pembuluh darah, seperti hipertensi, diabetes, stroke, jantung koroner, dan katarak.

7). Beberapa jenis sayuran hijau seperti sawi, bayam dan brokoli banyak mengandung zat kalsium yang sangat dibutuhkan dalam membangun tulang yang kokoh. Makan sayur yang banyak dapat mengurangi risiko menderita patah tulang, sekaligus menolong pertumbuhan gigi sehat dan kuat pada bayi.

**

Rugi sekali kalau kita tidak doyan makan sayur karena banyak keuntungan yang dapat kita peroleh jika rajin dan gemar memakan aneka olahan masakan dari sayuran hijau. Semakin gelap warna hijau dalam daun sayuran yang Anda pilih, makin tinggi zat – zat kandungan nutrisinya buat kesehatan tubuh.

READ:  Radiasi Ponsel

Jadi biasakan sedini mungkin tanamkan disiplin tinggi terutama terhadap anak – anak tercinta untuk rajin dan suka makan sayur.