Memoto, Kamera Yang Merekam Setiap Momen Berharga Anda


Memoto, Remember Every Moment

Sudah bisa diprediksi, hal ini tak terelakkan bukan? Kamera semakin mengecil dan media penyimpanan semakin murah, maka bukan tidak mungkin suatu hari nanti semua kenangan hidup kita akan diawetkan secara digital.

Techcrunch melansir bahwa Memoto, sebuah startup yang berbasis di Stockholm terinspirasi oleh Quantified Self movement, mengambil kesempatan ini dengan mencoba kamera berukuran perangko dimana pemakai kamera tersebut dapat membawanya secara terus menerus.

Loading...

Kamera ini akan meng-capture foto setiap 30 detik, menjaga jejak visual kehidupan sehari-hari Anda. Sebuah layanan online akan mendata dan menyimpan semuanya, menyusun katalog berdasarkan waktu, tanggal dan tempat, dan bahkan dapat membantu memilihkan momen visual paling menarik.

Memoto lifelogging camera Memoto lifelogging camera – 36x36x9 mm 

Perusahaan ini meluncurkan kampanye di Kickstarter untuk menarik minat. Mereka berharap dapat memberi harga untuk kamera tersebut sebesar $279 di tahun depan, dengan tiga warna berbeda yaitu abu-abu, putih dan orange cerah. Para pendukung awal akan memperoleh kamera dan satu tahun berlangganan web sebesar $199.

READ:  Tips Pintar Belanja Online

Nah, pertanyaannya, bukankah ini mengerikan?

Mungkin, tapi sesungguhnya perusahaan di balik Memoto berpikir tentang situasi canggung ketika sedang merancang kamera. Satu hal, kamera tidak dapat dimatikan hingga Anda menyimannya dalam kegelapan. Jadi, teman-teman, keluarga ataupun orang lain akan tahu bahwa mereka sedang direkam atau tidak.

Co-founder Martin Källström memulai startup Memoto setelah transisi keluar dari startup terakhirnya, Twingly, yang memonitor blog, tweet, sosial media lainnya untuk melacak apa yang pelanggan katakan tentang produk suatu perusahaan. Dia menjadi bergairah karena Quantified Self movement dan menyukai ide-ide Gordon Bell, seorang peneliti Microsoft terkenal karena eksperimen dalam life-logging.

Memoto - Kamera Yang Merekam Setiap Momen Berharga Anda

Kallstrom menginginkan sebuah cara untuk merekam momen-momen tak terduga dalam hidupnya seperti langkah pertama anak-anaknya. Dia menunjukkan bahwa seringkali kita lupa untuk merekam momen atau menyalakan video ketika peristiwa penting berlangsung.

Pada saat yang sama, hal-hal yang nampaknya tidak penting saat ini, tiba-tiba menjadi sangat berarti saat kita mereview kembali perjalanan hidup. Karena itulah Memoto hadir, mengabadikan memori bahkan disaat kita belum menyadari betapa berharganya momen tersebut.

READ:  7 Teori Menarik Mengenai Hilangnya Pesawat MH370

Adapun spesifikasi kamera adalah resolusi gambar 5 megapixel dengan GPS dan pencatat waktu. Kamera ini juga memiliki baterai built-in rechargeable yang dapat bertahan hingga dua hari. Anda dapat memasangnya dengan menggunakan klip kecil dan melekatkannya di pakaian.

(video/photo: kickstarter.com)