Cara Membuat Permohonan Surat Keterangan Kehilangan

Kehilangan kartu identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) ataupun SIM merupakan suatu ketidaknyamanan yang sangat besar. Hal ini akan membuat Anda gelisah dan tidak tenang.

Anda bisa saja menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencari kembali di tempat-tempat yang telah Anda singgahi, membongkar segala isi rumah dengan harapan bahwa kartu identitas Anda tersembunyi di suatu tempat dalam rumah Anda.

Meskipun Anda pasti merasa kesal saat sedang kehilangan dokumen ataupun identitas pribadi Anda, Anda mungkin akan merasa sedikit lega saat mengetahui bahwa rupanya hanya dibutuhkan beberapa langkah-langkah sederhana bila ingin mengurus dan mendapatkan pengganti dari identitas atau dokumen berharga yang hilang.

Loading...

Permohonan Surat Keterangan Kehilangan

Di sini Anda dapat mempelajari tentang bagaimana melaporkan kerugian dan mengajukan permohonan penggantian kartu identitas.

Bila Anda akhirnya berhenti mencari karena tidak mendapatkan hasil apapun, saatnya untuk mengganti kartu identitas Anda. Dan hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat Surat Keterangan Kehilangan.

Surat Keterangan Kehilangan merupakan surat yang dibuat ketika ada seseorang yang melaporkan terjadinya kasus kehilangan barang. Baik itu kehilangan kendaraan, KTP, SIM, ataupun surat-surat berharga lainnya.

READ:  Definisi Hukum Pidana dan Mengenali Jenis Perbuatan Pidana

Bagi Anda yang baru pertama kali mengalami kehilangan mungkin tidak begitu tahu bagaimana mekanisme yang tepat dalam membuat surat kehilangan di kepolisian.

Nah, untuk memudahkan Anda, berikut ini adalah tahap-tahap pembuatan Surat Keterangan Kehilangan:

Mendatangi Kantor Polisi Terdekat

Setelah menyadari bahwa Anda telah kehilangan barang atau surat berharga seperti KTP atau SIM, telah mencari kesana kemari namun tidak menemukan apa-apa, segeralah mendatangi kantor polisi terdekat. Pada beberapa tempat, Anda akan dimintai surat pengantar dari Desa atau Kelurahan.

Menyiapkan Data Diri

Setelah melaporkan kehilangan Anda di kantor polisi, petugas setempat akan meminta data diri. Namun jika Anda mengalami kasus kehilangan identitas diri seperti KTP, Anda bisa meminta surat Keterangan Domisili dari Desa ataukah Kelurahan tempat Anda tinggal dan menetap.

Menjawab Pertanyaan

Di kantor polisi, petugas akan menanyai Anda beberapa pertanyaan yang terkait dengan kasus Anda, misalnya saja apa yang hilang? Waktu saat Anda kehilangan? Lokasi kehilangan? dan berbagai pertanyaan lainnya.

Terkadang orang akan merasa panik saat berada di kantor polisi, namun Anda harus tetap tenang dan jawablah pertanyaan tersebut dengan sejujur-jujurnya..

READ:  6 Tips Memilih Pengacara Yang Baik

Mengecek Form Surat Keterangan Kehilangan

Setelah menjawab semua pertanyaan yang diajukan, petugas akan membuat form Surat Keterangan Kehilangan sesuai dengan segala hal yang telah Anda utarakan. Setelah selesai mengetik, Anda akan diminta untuk mengecek kembali form yang telah dibuat.

Anda harus memeriksanya dengan teliti, jika ada sedikit kesalahan segera sampaikan kepada petugas sebelum Surat Kehilangan tersebut ditandatangani dan disahkan oleh petugas yang berwenang.

Pengesahan

Pengesahan adalah tahap terakhir dalam mekanisme permohonan Surat Keterangan Kehilangan ini. Jika form yang Anda periksa telah benar dan sesuai, Anda tinggal menunggu petugas untuk menandatangani dan memberi stempel pada surat tersebut.

**

Jika Anda menjadi korban kehilangan kartu identitas, panik bukanlah jawaban. Berusahalah setenang mungkin kemudian ingat kembali kira-kira dimana Anda terakhir kali melihatnya.

Jika masih tidak menemukan, saatnya untuk membuat Surat Keterangan Kehilangan dengan mengikuti langkah-langkah seperti di atas.