Ingin Berhenti Merokok? Ini Pilihan Bantuannya!

Ingin Berhenti Merokok? Ini Pilihan Bantuannya!Orang-orang yang ingin berhenti merokok tidak lagi harus mengalami penarikan yang terasa berat. Sekarang sudah ada sejumlah pilihan, dan meskipun sebagian besar memiliki beberapa efek samping, para ahli umumnya percaya bahwa manfaat dari berhenti merokok jauh lebih besar melebihi resiko yang ditimbulkan oleh efek samping.

Seperti dilansir dari Newsmax Health, pilihan saat ini meliputi:

Terapi Pengganti Nikotin

Loading...

Berbagai produk pengganti nikotin telah disetujui oleh Food and Drug Administration. Diantaranya termasuk patch nikotin, permen karet, inhaler, permen pelega tenggorokan, dan nasal spray, menurut Hilary Tindle, direktur Tobacco Treatment Service di University of Pittsburgh Medical Center.

Patch, permen karet dan pelega tenggorokan tidak memerlukan resep dokter. Resep dokter diperlukan untuk nasal spray atau inhaler, menurut American Cancer Society.

Obat-obatan

Ada dua obat yang dapat membantu perokok berhenti merokok. Salah satunya adalah bupropion (dipasarkan sebagai antidepresan di bawah nama merek Wellbutrin dan sebagai alat bantu berhenti merokok – di bawah nama merek Zyban), yang lainnya adalah varenicline (Chantix).

READ:  Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Tindle mengatakan bahwa bupropion dapat digunakan dalam kombinasi dengan terapi pengganti nikotin, tetapi varenicline umumnya tidak boleh, meskipun ia berujar ada pengecualian langka untuk aturan tersebut. “Kedua obat, varenicline dan bupropion, efektif,” katanya.

Chantix memiliki peringatan efek samping kejiwaan yang langka, tetapi obat ini sangat efektif dan baik dalam membantu banyak orang berhenti merokok,” kata Dr. Gordon Strauss, seorang psikiater di Lenox Hill Hospital di New York City dan pendiri QuitGroups, suatu layanan gratis untuk berhenti merokok.

Pengobatan Alternatif

Pengobatan alternatif juga tersedia untuk membantu orang berhenti merokok, termasuk hipnosis dan akupuntur. Tindle mengatakan belum ada percobaan besar mengenai hipnosis atau akupuntur sehingga keduanya tidak termasuk dalam pedoman nasional. Namun, dia mengatakan bahwa jika satu-satunya kendala pengobatan adalah biaya atau waktu, dan seseorang benar-benar ingin mencoba pengobatan alternatif, dia tidak mencegah penggunaannya.

Rokok Elektronik

Meskipun para ahli belum memberikan lampu hijau untuk penggunaan rokok elektronik, banyak konsumen yang telah menggunakannya untuk terbebas dari asap rokok. Perangkat yang menggunakan panas untuk mengubah nikotin dan bahan kimia lainnya ke dalam uap yang dihirup, seperti merokok. Sebagian bahkan terlihat seperti rokok tembakau.

READ:  Ini Dia Penyebab Kenapa Orang Sering Oversleeping!

Intinya?

Tindle dan Strauss menekankan bahwa orang tidak seharusnya berkecil hati jika usaha pertama mereka untuk berhenti merokok tidak berhasil. Bagi kebanyakan orang, dibutuhkan lebih dari satu kali percobaan.

“Atur tanggal berhenti, dan sadari bahwa kegagalan adalah bagian dari proses,” kata Strauss. “Beberapa orang mencoba hingga 10 kali untuk berhenti merokok. Kekambuhan kadang datang lagi.”

Dan sementara Tindle mengatakan, “Ingatlah, tidak peduli berapa usia Anda, Anda akan memperoleh manfaat dari berhenti merokok.”