Cara Membuat Kondisioner Alami dari Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang mempunyai sejuta manfaat tidak hanya untuk kesehatan tubuh, juga bagus dipakai untuk kecantikan wajah terutama kulit hingga rambut dan permasalahannya. Hal ini dikarenakan segudang zat – zat baik terkandung pada buah pisang.

Buah ini menjadi salah satu buah yang populer karena paling mudah  didapatkan, murah dan mudah diolah menjadi aneka hidangan lezat bergizi tinggi serta pemanfaatan lain terutama untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit serta perawatan rambut secara alami.

Manfaat Kondisioner Pisang

Loading...

Berikut ini diberikan satu resep pembuatan kondisioner tradisional dari buah pisang yang bagus dipakai sebagai perawatan sehari – hari.  Perawatan rambut tradisional ini baik untuk mendapatkan kesuburan rambut maupun pencegahan permasalahan rambut lainnya.

Ikuti langkah – langkah sederhana di bawah ini untuk membuat kondisioner rambut dari buah pisang.

Alat dan Bahan yang Digunakan

Siapkan bahan dasar dari:

  • buah pisang (jenis bebas) 2 biji
  • 1/2 cangkir madu
  • garpu

Cara Membuat

1. Kupas kulit pisang, namun kulitnya jangan dibuang karena Anda bisa menggunakannya nanti untuk perawatan kecantikan tubuh dan wajah dalam bentuk lain, simpan di tempat yang aman agar tidak mengganggu kebersihan lingkungan dari sampah kulit pisang.

READ:  Kandungan Gizi dan Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

2. Hancurkan atau tumbuk pisang dalam wadah bersih. Gunakan garpu untuk menghancurkan daging pisang tersebut. Lumatkan hingga membentuk pasta kental.

3. Tuang 1/2 cangkir madu ke dalam mangkuk. Dengan mixer lumatkan pisang sampai tercipta adonan licin, lembut dan berwarna kecoklatan.

4. Tuangkan kondisioner alami pisang yang sudah jadi tersebut ke dalam botol kosong bersih dengan tutup botol yang rapat.

5. Selanjutnya Anda hanya akan membutuhkan sejumlah kecil kondisioner pisang setiap kali akan melakukan perawatan rambut terutama menjelang keramas.

6. Jika diperlukan, Anda dapat mencampur satu atau dua tetes minyak esensial jika ingin mendapatkan aroma rambut dalam keharuman selain aroma seperti cake pisang.

7. Supaya kondisioner benar – benar meresap, oleskan secara merata dan menyeluruh pada permukaan kulit kepala dan rambut hingga ke ujung – ujungnya. Lakukan teknik pijatan ringan creambath beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Manfaat Kondisioner Pisang

Kondisioner ini berfungsi bagus untuk kesehatan kulit kepala dan pertumbuhan akar rambut menjadi subur.

READ:  Nutrisi dan Khasiat Susu Kedelai bagi Kesehatan Wanita

Pisang memiliki kandungan zat gizi yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Pisang memudahkan mengembalikan kilau hitam rambut kusam Anda, bagus untuk melembabkan kulit kepala, dapat pula dipakai dalam mencegah dan mengendalikan ketombe.

**

Demikianlah tips sederhana dalam pembuatan kondisioner berbahan dasar dari buah pisang, sangat mudah untuk Anda buat dan terapkan sesering mungkin hanya di rumah saja.

Tentu hasilnya sangat berbeda dari penggunaan kondisioner berbahan dasar kimia pada umumnya yang banyak ditawarkan di salon/spa modern maupun mall, karena kondisioner pisang bisa diterapkan dengan mudah pada kulit dan rambut kepala, serta tidak menjadikan kulit kepala Anda berminyak.

Jika Anda ingin mendapatkan perawatan dari produk – produk berbahan pisang yang tersedia sebagai salah satu perawatan mahal di spa atau salon kecantikan kelas atas, Anda tentu perlu mengeluarkan biaya ekstra.

Sebaiknya lakukan perawatan ini di rumah saja dengan cara membuat kondisioner rambut dari pisang, disamping biaya murah juga waktu yang diperlukan sedikit yaitu kurang dari 10 menit, di dapur rumah Anda sendiri.

READ:  Apakah Pisang Juga Buruk Bagi Kesehatan Kita?

Selamat mencoba!