Loading...

5 Hal Penting Untuk Dipikirkan Sebelum Merencanakan Anak Kedua

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga, Wanita

Mengatur sebuah rencana setelah memiliki sebuah keluarga menjadi hal yang akan dipikirkan setelah Anda melangsungkan sebuah pernikahan. Anda merencanakan seluruh masalah rumah tangga bersama pasangan mulai dari masalah keuangan yaitu pendapatan, pengeluaran hingga rencana untuk memiliki anak kedua.

Saat Anda berencana memiliki anak kedua, maka akan membutuhkan sedikit perencanaan yang sedikit berbeda  dibandingkan anak pertama.  Anda perlu melihat berbagai aspek mulai dari hubungan Anda dengan pasangan, kondisi  fisik, emosi dan bahkan  keadaan keuangan yang dibutuhkan untuk anak kedua nantinya.

Merencanakan Anak Kedua

Loading...

Nah, berikut akan kami bagikan 5 hal yang penting untuk Anda pikirkan sebelum membuat perencanaan memiliki anak kedua.

1. Masalah Kesehatan

Hal pertama yang perlu untuk Anda lakukan yaitu memeriksa keadaan kesehatan Anda dengan melakukan pemeriksaan dan kesiapan tubuh Anda apakah telah siap untuk melakukan program bayi lagi.

Setelah memiliki anak pertama, akan banyak perubahan kondisi tubuh yang mengharuskan Anda untuk melakukan pemeriksaan seluruh kesehatan untuk bayi kedua. Lakukan konsultasi pada dokter untuk mendapatkan pengarahan apa yang harus dilakukan nantinya.

2. Perubahan Gaya Hidup

Anda mungkin memiliki perubahan gaya hidup yang tidak terlalu berbeda jauh saat belum memiliki anak dan saat telah memiliki anak pertama. Tetapi, akan lain halnya jika Anda sudah memiliki anak kedua.

Anda harus lebih perhatian dan memiliki tanggungjawab yang lebih besar saat telah memiliki dua orang anak. Selain itu, kondisi fisik Anda juga akan mengalami perubahan atau bahkan bisa lebih parah dari anak pertama.

Jadi, jika Anda ingin berencana memiliki anak kedua maka Anda harus siap melakukan perubahan pola dan gaya hidup Anda yang berbeda dan tidak sama saat masih memiliki satu anak.

3. Pengorbanan

Saat memiliki anak pertama, rasa khawatir akan lebih dirasakan oleh Anda dan pasangan karena harus melakukan banyak perubahan dalam kehidupan Anda dan pasangan. Kehidupan Anda hanya akan difokuskan pada anak pertama. Seluruh waktu dan perhatian akan berpusat pada anak Anda.

Saat Anda berencana untuk memiliki anak kedua, maka Anda perlu melakukan pengorbanan dan Anda harus mengatur ulang semuanya.

4. Kesiapan Pasangan

Banyak pernikahan yang secara garis besar awalnya akan berjalan lancar saat mereka telah memiliki anak pertama. Setiap pasangan biasanya akan berdiskusi mengenai masalah apa yang sedang dialami mereka berdua.

Karena itu, sebelum memiliki anak kedua, ada baiknya untuk melakukan pembicaraan dengan pasangan mengenai kesiapannya untuk menyambut anak kedua.

5. Perhatian

Anda perlu menghadapi kenyataan bahwa saat Anda ingin memiliki anak kedua, maka perhatian Anda juga akan terbagi. Anda harus menyeimbangkan perhatian bukan hanya pada anak pertama dan kedua melainkan juga menyeimbangkan perhatian Anda pada suami.

Saat Anda memiliki anak pertama, seluruh perhatian dan kasih sayang akan terfokus pada anak pertama. Namun, saat Anda telah memiliki anak kedua, maka Anda harus belajar keras bagaimana cara untuk menyeimbangkan perhatian dan kasih sayang Anda kepada anak Anda agar salah satu di antara mereka tidak merasa cemburu.

**

Demikian hal-hal yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum berencana untuk memiliki anak kedua. Jika Anda sudah siap untuk memiliki anak kedua maka Anda sudah harus siap menerima segala resiko dan belajar lebih bertanggungjawab lagi.