4 Cara Penggunaan Bahan Kimia yang Dapat Merusak Rambut

Setiap wanita pastinya ingin selalu tampil fresh dan berbeda. Biasanya ini dilakukan dengan mengganti gaya rambut. Paling tidak mereka ingin mengganti model rambut setidaknya sekali dalam sebulan.

Model atau tren dari rambut juga mmemberikan pengaruh besar bagi wanita mengubah model rambut setiap bulannya.

Bahkan ketika Anda sudah memiliki rambut dan model  yang cocok dengan bentuk wajah, tidak jarang sebagian dari Anda akan tetap merasa senang untuk bereksperimen dan akhirnya melakukan hal yang dapat merusak kesehatan rambut.

Loading...

Tanpa disadari, Anda menggunakan banyak bahan kimia untuk mengubah model dan tatanan rambut berdasarkan model yang lagi nge-trend atau mengikuti gaya rambut para selebritis idola.

Bahan Kimia yang Dapat Merusak Rambut

Nah, berikut akan kami bagikan pada Anda beberapa cara perubahan rambut yang ternyata mengandung banyak bahan kimia dan berbahaya untuk kesehatan rambut Anda.

1. Bleaching (Membuat Rambut Tampak Berkilau)

Bila Anda melakukan bleaching pada rambut Anda untuk membuat warna rambut lebih terlihat berkilau, maka bahan kimia dalam produk bleaching tersebut akan masuk ke kutikula rambut dan merusak pigmen alami rambut.

READ:  5 Cek Kesehatan Diri Yang Harus Dilakukan Setiap Wanita

Ketika Anda mengeringkan rambut dan mengaturnya, maka rambut akan mengalami kerontolan, kusam dan kering. Rambut akan melemah dan  rentan terhadap banyak kerusakan rambut lainnya.

2. Mengeriting dan Meluruskan

Dengan menggeriting rambut atau meluruskan rambut keriting Anda, Anda hanya akan menambah sejumlah bahan kimia pada rambut Anda. Bahan kimia yang begitu kuat akan menembus rambut Anda dan menata ulang obligasi untuk membuat rambut nantinya terlihat berbeda.

Untuk membuatnya tetap seperti itu, maka Anda perlu untuk menambahkan serum dan penggunaan sampo setiap hari, yang berarti akan membuat rambut mendapatkan semakin banyak bahan kimia. Ini adalah salah satu cara  kerusakan terburuk yang dapat Anda lakukan pada rambut Anda.

Satu-satunya cara untuk mendapatkan kembali rambut Anda ke bentuk aslinya adalah dengan memotong pendek dan membiarkan rambut Anda tumbuh lagi.

3. Pewarnaan Rambut

Meskipun tidak seburuk bleaching, namun pewarnaan rambut juga tetap akan merusak kesehatan rambut. Rambut menjadi rusak sehingga akan selalu tampak kering dan rapuh tidak peduli berapa banyak kondisioner yang Anda gunakan.

READ:  5 Manfaat Susu Kelapa Untuk Perawatan Rambut

Mewarnai rambut Anda tidak hanya merusak rambut, tetapi juga dapat menyebabkan banyak masalah kulit jika Anda ternyata terbukti alergi terhadap bahan kimia. Salah satu tanda Anda alergi terhadap pewarnaan rambut yaitu kulit kepala yang terasa gatal.

4. Penggunaaan Shampo, Gel, Serum dan Konditioner

Shampo, gel, vitamin rambut dan kondisioner adalah beberapa perawatan sehari-hari rambut, yang tanpa Anda sadari akan menimbulkan kerusakan pada rambut Anda.

Selama kerama,s Anda menggunakan banyak bahan kimia yang akan melekat pada kulit kepala Anda. Kulit kepala Anda tidak dapat bernapas  sehingga menyebabkan pori-pori Anda tersumbat dan dengan mudahnya membuat rambut rontok.

Menggunakan terlalu banyak gel pada rambut setiap hari juga merupakan salah satu penyebab kerontokan rambut. Penggunaan vitamin rambut setiap hari juga tidak disarankan karena hanya akan membuat kerusakan rambut lebih parah.

**

Demikian beberapa cara perawatan rambut yang tidak disadari akan membuat rambut rusak. Bila Anda menggunakan bahan kimia pada rambut secara berlebihan, akan mengubah struktur alami rambut Anda.

READ:  Tips dan Cara Mengatasi Stres di Perkotaan

Cara terbaik adalah membiarkan rambut Anda tumbuh secara alami dan memotongnya untuk mendapatkan model yang Anda inginkan, tanpa harus menggunakan bahan kimia.