5 Manfaat Berada di Bawah Sinar Matahari

manfaat sinar matahariAda begitu banyak berita menakutkan tentang sinar matahari yang mengandung sinar UV yang berbahaya untuk mata, kulit dan kesehatan secara umum.

Salah satu cara yang biasa dilakukan yaitu menghindari sinar matahari dengan tidak terlalu sering berada di bawah sinar matahari. Anda juga dapat mengurangi waktu di bawah sinar matahari dengan menggunakan sunscreen, topi atau pelindung lainnya yang akan mengurangi sengatan sinar matahari secara langsung.

Namun, menghindari sinar matahari juga sebaiknya tidak perlu Anda lakukan setiap hari. Mendapatkan asupan sinar matahari dengan dosis yang cukup setiap hari juga akan membantu dalam menjaga kesehatan, kulit dan juga mengubah suasana hati menjadi lebih ceria.

Loading...

Berikut akan kami berikan beberapa alasan mengapa Anda harus mendapatkan lebih banyak sinar matahari.

1. Sumber Alami yang Baik dari Vitamin D

Ketika Anda berada di bawah siraman sinar matahari, kulit Anda akan menyerap  vitamin D secara alami bdari sinar matahari. Vitamin D yang tersedia secara alami ini baik untuk kulit Anda dan tidak dapat diganti atau disamakan dengan suplemen lain.

READ:  10 Resep Mudah Camilan Tengah Malam

2. Sinar Matahari Membuat Tulang Kuat

Mungkin Anda hanya mengetahui sumber vitamin D berasal dari susu atau jenis makanan lainnya. Tetapi, berada di bawah sinar matahari juga dapat menjadi kalsium yang dapat membuat tulang menjadi lebih sehat.

Vitamin D yang berasal dari sinar matahari membantu dalam peningkatan tingkat retensi kalsium dalam tubuh Anda dengan menghambat sekresi hormon paratiroid dalam tubuh Anda . Hormon paratiroid adalah hormon yang mengatur jumlah kalsium dalam tubuh.

3. Membantu dalam Penurunan Berat Badan

Vitamin D yang Anda dapatkan dari sinar matahari ternyata dapat membantu Anda dalam menjaga berat badan. Anda akan makan lebih sedikit ketika Anda sudah mendapatkan vitamin D dari sinar matahari.

Kekurangan vitamin Ddapat meningkatkan nafsu makan Anda sehingga membuat Anda ingin makan lebih banyak. Dengan mendapatkan Vitamin D yang cukup maka semakin sedikit keinginan Anda untuk makan berlebihan.

4. Membantu Anda Tetap Ceria

Seseorang yang tinggal dalam sebuah ruangan untuk waktu yang lama saat hujan atau badai salju akan membuatnya merasa sedikit jenuh dan mengharapkan kedatangan matahari lebih awal. Sinar matahari membawa keceriaan bagi Anda dan membantu menjauhkan dari depresi.

READ:  Bahaya Vitamin D Rendah Bagi Jantung

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daya tahan tubuh yang lemah akan lebih memudahkan Anda untuk terserang penyakit, virus dan jamur. Tetapi dengan sinar matahari yang diserap melalui kulit akan menghindarkan Anda dari hal tersebut. Dapat dibuktikan saat musim panas tiba.

Saat musim panas, resiko terserang penyakit lebih sedikit dibandingkan saat musim hujan atau salju. Hal ini  dikarenakan sinar matahari secara alami membunuh beberapa kuman dan vitamin D saat berada di bawah sinar matahari sehingga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Membantu Anda Tidur Lebih Baik 

Ketika Anda menghabiskan beberapa waktu di bawah sinar matahari pada siang hari,  maka Anda lebih mudah merasa bosan dan Anda akan tidur lebih awal di malam hari.

**

Demikian beberapa manfaat berada di bawah sinar matahari. Bahaya dari sinar matahari akan didapatkan jika Anda berada terlalu lama di bawah sinar matahari.

Jam yang baik untuk mendapatkan sinar matahari yaitu di pagi hari sebelum jam 10 dan sore hari setelah jam 4. Ada begitu banyak kebaikan yang bisa Anda dapatkan dari sinar matahari di jam ini.