Bisnis Apa yang Bisa Dilakukan Ibu Rumah Tangga?

Sebagai seorang ibu rumah tangga, tentu kita merasa potensi yang ada pada diri kita akan sangat tersia-sia kan jika tidak dimanfaatkan dan dieksplorasi secara maksimal.

Bakat dan kemampuan dalam berbagai hal justru akan tenggelam seiring kerepotan sebagai seorang ibu dengan tetek bengek pekerjaan rumah yang seabrek-abrek.

Namun anda jangan salah, tidak semua ibu rumah tangga akan pasrah saja dengan kondisi sperti ini, bahkan sekarang para ibu rumah tangga justru lebih ulet dan gesit bekerja. Potensi yang ada dalam diri mereka dapat tereksplor dengan baik, begitu juga dengan hasil yang bisa mereka capai.

Loading...

bisnis ibu rumah tangga

Memulai bisnis sampingan bagi ibu rumah tangga adalah pilihan paling tepat, tapi tentu jenis bisnisnya harus disesuaikan dengan kondisi, keadaan dan kesibukan seorang ibu yang tentu sudah disibukkan oleh anak-anak dan suami serta pekerjaan rumah yang menumpuk.

Beberapa bisnis sampingan yang tepat dan bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga sudah banyak bermunculan, mulai dari bisnis MLM, penjualan pulsa dan sebagainya.

READ:  Tips Perawatan Rambut Untuk Wanita Berhijab

Media yang digunakan pun ada beragam, anda bisa melakukan bisnis offline dengan menjualkan langsung ke pelanggan lewat telepon, bisa juga bisnis online dengan modal koneksi internet saja.

Bisnis apa saja yang bisa anda lakukan? Berikut ada beberapa ide bisnis yang sangat fleksibel dilakukan oleh para ibu rumah tangga.

1. Desain grafis

Jika anda adalah ibu rumah tangga yang mempunyai potensi bisa melakukan desain grafis, kenapa anda tidak mencoba memaksimalkan potensi anda tersebut dengan mulai mendesain gambar-gambar di komputer anda.

Anda bisa memasarkannya dengan membuat desain di beberapa benda seperti kaos, gelas, mug, pin, kartu nama, undangan dan sebagainya.

Pastikan karya anda bukan karya pasaran, dengan desain yang unik dan berbeda tentu membuat pembeli menjadi tertarik.

Anda hanya butuh modal PC atau laptop dengan program sederhana seperti Photoshop. Anda bisa memasarkannya offline dan online.

2. Membuat Website

Jika anda adalah ibu rumah tangga lulusan ilmu komputer yang memiliki pengetahuan tentang cara membuat website, anda bisa menjadikan ini usaha sampingan anda.

READ:  Waspadai Keguguran pada Kandungan 6 Minggu

Promosikan bahwa anda bisa membuatkan website, anda bisa mematok harga yang lebih bersahabat dibanding professional, dan anda bisa mengajak orang-orang di sekitar anda memiliki website sendiri yang bisa dijadikan peluang bisnis.

Anda sendiri juga bisa membuat web pribadi untuk mempromosikan dan menjual berbagai produk yang ingin anda jual.

Jadi ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan. Dari baiya pembuatan website anda mendapat untung dan dari website yang anda miliki, anda bisa mengeruk rupiah juga.

3. Penulis Lepas

Sebagai penulis lepas di beberapa media, biasanya ini di sebut sebagai contributor, bisa di media online, media televise dan koran juga.

Jangan sia-siakan kemampuan menulis anda itu. Selain menambah pundi-pundi keluarga, juga akan menambah wawasan anda meskipun hanya mengerjakannya dari rumah.

4. Les di Rumah

Bagi anda yang punya kemampuan mengajar, anda bisa menggunakan ilmu anda dengan menjadi pengajar les bagi anak-anak di lingkungan anda. Mereka bisa datang ke rumah anda untuk les, tanpa anda harus meninggalkan anak anda di rumah.

READ:  5 Langkah Budidaya Tomat dalam Polybag

5. Kerajinan

Dan bagi anda yang hobi membuat kerajinan dan karya-karya unik dan lucu, daripada hanya anda gunakan sendiri, sebaiknya anda memulai memikirkan untuk memasarkannya.

Misalnya anda suka membuat anyaman, atau ukiran dan beragam asesorisnya, anda bisa menjualnya secara online dan offline.

**

Nah, bagaimana? Ada begitu banyak peluang yang bisa ibu rumah tangga lakukan untuk membantu suami dalam membangun ekonomi keluarga yang lebih baik.