Aneka Manfaat Rumah Tangga dari Kulit Jeruk

Aneka Manfaat Rumah Tangga dari Kulit JerukKulit jeruk sangat bermanfaat untuk pekerjaan sehari-hari dalam rumah tangga, sehingga Anda seharusnya tidak membuangnya begitu saja.

Kulit jeruk mengandung minyak jeruk alami yang baik untuk kulit Anda, dari membersihkan logam hingga kulit bercahaya, kulit jeruk dapat mengejutkan Anda dengan banyak hal.

Berikut adalah beberapa penggunaan tak biasa dari kulit jeruk, dilansir dari PositiveMed:

Loading...

1. Membersihkan stainless steel

Kulit jeruk segar dapat digunakan untuk membersihkan dan mengkilapkan benda stainless steel seperti wastafel. Hanya dengan mengambil beberapa kulit jeruk segar dan gunakan seperti Anda menggunakan spons untuk menggosok. Steel juga akan menjadi resistan terhadap air. Anda bisa menggunakan minyak alami sebagai perintang alami. Hindari cairan pencuci piring.

2. Melembutkan gula merah

Sekarang Anda bisa menyimpan gula merah tanpa takut kering. Masukkan beberapa kulit jeruk dalam kontainer gula merah dan ia akan melembutkannya.

3. Sepatu bau

Anda bisa menyingkirkan bau tak enak pada sepatu Anda dengan memasukkan kulit jeruk kedalamnya. Biarkan bagian dalam kulit jeruk menghadap sol sepatu dan ia akan menyerap kelembabannya dan memberikan wangi yang enak.

READ:  Tips Membuat Sanggul Kepang Cantik Gaya Perancis

4. Pembersih

Letakkan sisa kulit jeruk ke dalam wadah tertutup dan tambahkan dengan cuka putih. Simpan wadah dalam kulkas selama beberapa minggu dan gocok sekali-sekali. Pindahkan ke dalam botol semprot dan gunakan untuk membersihkan jendela, countertop dan lantai Anda.

5. Gunakan sebagai cangkir

Saat makan jeruk, jika Anda bisa menarik paling tidak setengah dari kulit jeruk utuh, Anda bisa menggunakannya sebagai cangkir dan meletakkan agar atau camilan diatasnya.

6. Teh jeruk

Anda bisa menggunakan kulit jeruk dalam teh Anda. Lain waktu saat Anda membuat teh, tambahkan dengan kulit jeruk dan nikmati hasilnya.

7. Penolak nyamuk

Jauhkan nyamuk dengan menyemprotkan kulit jeruk pada kulit Anda dan gosokkan bagian luar jeruk pada kulit Anda sebelum keluar.

8. Body scrub

Anda bisa menggunakan kulit jeruk sebagai body scrub. Bungkus kulit jeruk dengan kain kasa dan gosokkan pada kulit Anda saat sedang mandi. Kulit jeruk akan menjadikan kulit Anda bersinar dan tampak lebih cerah.

READ:  5 Rahasia Menjaga Jantung agar Tetap Sehat

9. Menurunkan tekanan darah

Pengobatan Cina menggunakan Seville orange sebagai obat alami. Ahli herbal merekomendasikan kulit Seville orange untuk menurunkan tekanan darah secara alami.

10. Meringankan kebingungan dan depresi

Minyak dari kulit jeruk dapat digunakan untuk meringankan kebingungan dan depresi secara alami. Lakukan pijat dengan minyak dan rasakan perbedaannya.

11. Minyak lampu darurat

Isi setengah kulit jeruk utuh dengan minyak zaitun untuk dijadikan sebagai lampu darurat. Gunakan intinya sebagai sumbu lilin. Hal ini mudah dilakukan dan merupakan alternatif yang baik saat tidak ada rencana lain.

Aneka Manfaat Rumah Tangga dari Kulit Jeruk

12. Penyala api

Minyak jeruk mudah tersulut api dan terbakar. Lain waktu Anda ingin menyalakan api, gunakan kulit jeruk sebagai pengganti koran untuk menyalakan api. Membakar kulit jeruk di perapian juga akan menghilangkan kreosot.

13. Deodoran

Anda bisa menggunakan kulit jeruk sebagai deodoran. Masukkan beberapa kulit jeruk ke dalam lemari pendingin Anda untuk memberikan wangi enak. Anda juga bisa menyimpan beberapa di sekitar tempat sampah untuk menyingkirkan bau tak sedap.