Ketimun, Si Hijau yang Berguna

Siapa yang tidak kenal sama bahan acar ini. Ternyata ketimun tidak hanya bisa digunakan sebagai makanan (acar) tetapi juga memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan dan kecantikan wajah.

Ketimun adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung antioksidan yang cukup tinggi, selain itu juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

manfaat mentimun

Loading...

Berikut adalah beberapa manfaat hebat dari buah ketimun.

1. Baik untuk kulit wajah

Secara khusus ketimun sangat baik untuk kesehatan kulit wajah, karena kandungan antioksidan dan vitamin dari ketimun sangat mendukung untuk memulihkan kesehatan kulit terutama kulit wajah.

Kulit sangat mudah terpengaruh paparan radiasi dari sinar matahari dan dari polusi, nah kandungan anti oksidan dari ketimun akan membantu mencegah pengaruh radikal bebas tersebut menyerang kulit kita.

2. pH buah ketimun

pH ketimun sangat cocok dan sama dengan pH kulit kita, sehingga ketimun menjadi pasangan yang tepat dalam perawatan kulit wajah. Kandungan asamnya bisa melindungi kulit dan nutrisinya bisa memberi makan kulit wajah, terutama wajah yang sering terkena konsmetik dengan pH yang tidak cocok.

READ:  Terserang Flu? Konsumsi 8 Jenis Makanan Ini

3. Vitamin C

Kandungan vitamin C pada ketimun sangat baik untuk meremajakan kulit wajah. Sifat vitamin C yang menutrisi dan melembabkan sangat baik jika ketimun dijadikan masker wajah untuk fungsi melembabkan dan meremajakan.

4. Vitamin A

Kandungan vitamin A sebagai pencegah kerusakan kulit dan mata, dengan cara mengkonsumsi jus ketimun secara rutin untuk menjaga kesehatan mata dan kulit anda.

5. Menjadikan kulit lembut

Isi bak mandi anda dengan air, tambahkan garam Epsom, tambahkan irisan mentimun dan daun mint, maka anda akan mendapatkan efek kulit lembut yang merata di seluruh tubuh anda bukan hanya wajah saja.

Daun mint juga bisa anda campur dengan timun kemudian diblender dan dijadikan masker untuk wajah anda. Sensasi dingin ini memberi efek mendinginkan wajah yang terpapar sinar matahari.

6. Menghaluskan kulit wajah

Irisan ketimun yang dicampur dengan minyak almon dan yogurt juga sangat baik untuk wajah, dijadikan masker untuk efek menghaluskan kulit wajah anda.

7. Menyegarkan mata

Ketimun diiris tipis dan ditempel di kantong mata bawah anda yang lelah, akan memberikan efek merelaksasi sehingga kantong mata lelah anda akan berkurang dan menjadi mata yang segar.

READ:  10 Manfaat Tersembunyi Ketimun

8. Mengatasi mata panda

Jika ada lingkaran hitam di mata anda karena lelah begadang, aplikasikan ketimun yang diblender dicampur dengan susu, anda tunggu sampai dingin lebih kurang 30 menit.

Oleskan di lingkaran hitam mata, diamkan 20 menit dan bilas dengan air dingin. Ini akan menjadikan mata lelah anda setelah begadang menjadi segar kembali.

**

Demikianlah 8 manfaat buah mentimun untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Buah mentimun mudah diperoleh baik di pasar tradisional maupun di supermarket. Harganya pun murah.

Jadi, tak ada salahnya untuk memanfaatkan potensi si hijau ini demi kebaikan Anda dan keluarga. Semoga bermanfaat.