Jangan Biarkan BAB yang Disertai Bercak Darah!

BAB yang Disertai Bercak DarahDarah yang keluar saat buang air besar tidak boleh Anda biarkan. Terkadang, hal ini dianggap tidak penting bagi kebanyakan orang. Padahal, mengabaikan sedikit saja, dapat menimbulkan masalah atau penyakit yang lebih besar

Jika darah yang keluar saat buang air besar jumlahnya sedikit atau hanya satu sampai dua tetes, hal ini bisa saja disebabkan oleh adanya luka di dinding anus ataukah akibat feses yang terlalu keras.

Nah, hal ini masih dapat diatasi dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, serta asupan makanan tinggi serat misalnya buah dan sayuran, agar feses yang keluar tidak keras.

Loading...

Selain itu Anda juga bisa berendam di bak berisi air hangat sesaat setelah melakukan buang air besar untuk membantu mengurangi keluhan.

Namun jika cara tersebut ternyata tidak memberikan hasil yang positif, maka segeralah melakukan konsultasi ke dokter, karena hal ini mungkin saja merupakan tanda-tanda awal penyakit kanker usus besar atau kanker kolorektal.

Penyebab pastinya belum diketahui, namun munculnya bercak darah saat buang air besar dapat dipicu akibat beberapa hal, seperti pola makan tidak sehat yang tinggi akan lemak dan kurang serat, radang usus, merokok serta karena faktor usia lanjut.

READ:  Mengapa Ibu Hamil Rentan dengan BAB Berdarah?

Gejala-gejala yang ditimbulkan oleh kanker kolorektal yaitu

  • pendarahan pada usus besar yang kemudian mengakibatkan timbulnya darah pada feses saat sedang buang air besar,
  • terjadinya perubahan jadwal atau kebiasaan buang air besar (sering mengalami diare ataukah sembelit tanpa alasan yang jelas),
  • terjadi penurunan berat badan,
  • sering merasa lelah,
  • rasa sakit pada perut atau bagian belakang

Ada beberapa jenis buah yang dapat menjadi solusi untuk mengatasi buang air besar yang disertai bercak darah ini:

Semangka

Semangka adalah buah yang kaya akan serat, mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium serta fosfor.

Buah ini memiliki begitu banyak khasiat bagi kesehatan Anda, antara lain mampu meningkatkan daya tahan tubuh, memperlambat proses penuaan serta dapat mencegah terjadinya kanker usus.

Apel merah

Buah yang kaya serat ini sangat efektif untuk menstabilkan tekanan darah, kulit buahnya mengandung pektin yang mampu menyerap kelebihan air dalam usus dan memperlunak feses.

Quercetin yang terdapat dalam apel berfungsi sebagai antikanker karena efektif dalam memberikan perlindungan dalam melawan kanker sehingga baik untuk mengurangi keluhan terhadap buang air besar berdarah.

READ:  Daun Ungu, Herbal Bermanfaat dalam Mengobati Buang Air Besar Berdarah

Buah naga

Disamping memiliki serat yang tinggi, buah naga juga mencakup kalium, pektin, magnesium, fosfor dan zat besi di dalamnya.

Buah naga berkhasiat untuk memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh dan mencegah konstipasi. Kandungan zat antioksidannya mampu membantu Anda untuk mencegah kanker.

**

Kebanyakan orang yang mengalami kanker kolorektal ini memiliki usia di atas 50 tahun, namun bukan berarti bahwa tidak ada penderita yang berusia muda. Selain pola makan yang tidak sehat, penyakit ini juga dapat disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik atau faktor genetik.

Jadi, ketika Anda menemukan bercak darah pada feses Anda, konsumsilah banyak buah dan sayuran, minum air putih yang cukup dan berolahraga secara rutin.

Jika tidak terjadi perubahan, segera konsultasikan kepada dokter. Deteksi awal sangat penting untuk dilakukan agar kanker dapat ditemukan pada stadium dini sehingga kemungkinan untuk sembuh menjadi lebih besar.