Waspadai Wasir Paska Melahirkan

Wasir atau ambeien memang sangat menyiksa, apalagi bagi wanita yang baru melahirkan.

Wasir sebenarnya ada dua jenisnya, wasir dalam (internal) atau wasir luar (eksternal).

Wasir dalam memang berada cukup jauh di bagian rectum yang tidak bisa dilihat atau anda raba dan rasakan. Wasir jenis ini biasanya disebabkan oleh luka saraf di rectum sehingga terjadi perdarahan.

Loading...

Wasir luar atau eksternal terletak di anus dan sangat menyakitkan, bisa dilihat dan diraba berupa gumpalan kemerahan kadang berwarna ungu atau biru dan kemungkinan berdarah.

Wasir Paska Melahirkan

Perdarahan pada wasir memang sangat nyeri , jika dibiarkan bisa mengkhawatirkan dan bahkan dapat menyebabkan kanker. Pada ibu hamil dan setelah melahirkan, wasir sering kali muncul sebagai akibat dari pembengkakan saraf atau varises di daerah anus, biasanya sebesar kelereng atau buah anggur.

Penyebab Wasir Saat Kehamilan

Biasanya tekanan dari rahim yang berisi janin menyebabkan aliran darah di saraf-saraf dinding anus menjadi ikut membengkak dan menonjol, terkadang gejalanya ditandai dengan timbulnya rasa gatal pada daerah anus.

READ:  5 Keuntungan Ibu Melahirkan Secara Normal

Wasir ini akan semakin menjadi jika dipicu oleh sembelit, sehingga usahakan selama kehamilan mencegah sembelit terjadi karena sembelit dapat memperburuk kondisi wasir.

Wasir pada Wanita Setelah Melahirkan

Wasir juga banyak terjadi pada wanita setelah melahirkan. Ini diakibatkan proses mendorong atau mengejan bayi saat proses persalinan.

Meskipun demikian, sudah banyak beredar obat khusus wasir pasca melahirkan di pasaran, sehingga penyembuhannya tidak begitu lama dan susah.

Jika anda tidak tahu bagaimana gejala wasir setelah melahirkan, pencegahannya dan pengobatannya, berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui:

1. Keluar darah namun tidak begitu banyak

2. Terasa gatal pada tonjolan di dekat lubang anus karena ada pembengkakan saraf

3. Jika anda sudah sembelit sebelumnya berarti ini menandakan ada munculnya wasir di anus anda, karena wasir sangat mudah dipicu jika anda sembelit. Jadi usahakan sebelum terkena sembelit, konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat.

4. Yang harus anda pahami, baik itu anda melahirkan normal atau melalui operasi cesar, kemungkinan anda terserang wasir akan sangat besar karena pengaruh tekanan rahim saat hamil yang membuat saraf rectum anda membengkak. Tapi jangan khawatir, karena obatnya juga banyak tersedia di pasaran.

READ:  Tips Perawatan Alami Untuk Kulit

5. Kenali obat-obatan yang bisa digunakan. Ada beberapa jenis obat wasir dengan kemasan tube, cukup anda olesi saja ke wasir anda sambil ditepuk pelan,. Kemungkinan wasir anda akan sembuh dalam dua hari ke depan.

6. Ada juga obat wasir berbentuk peluru, yang pemakaiannya dimasukkan ke anus agar ambeien anda terdorong ke dalam.