10 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

10 Manfaat Lidah Buaya Bagi KesehatanLidah buaya dikenal sebagai tanaman ajaib karena efeknya bagi kesehatan. Gel dari tanaman lidah buaya digunakan untuk banyak hal dan memberikan sejumlah manfaat. Berikut adalah beberapa diantaranya, dilansir dari PositiveMed:

1. Detoksifikasi

Jika Anda ingin mendetoksifikasi tubuh Anda, lidah buaya merupakan cara alami terbaik untuk melakukannya. Hal ini penting untuk membersihkan sistem kita dari polusi dan lingkungan yang penuh tekanan. Mineral, elemen runut, dan vitamin yang ada dalam lidah buaya membantu kita berurusan dengan stres.

Loading...

2. Memperbaiki pencernaan

Penting untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat, untuk penyerapan yang tepat dari gizi dan mineral dalam makanan. Lidah buaya meningkatkan penyerapan protein dan memperlancar buang air besar.

Lidah buaya juga membantu menghilangkan ragi dan bakteri yang ditemukan dalam usus kita. Dan juga efektif untuk meringankan masalah pencernaan seperti heartburn.

3. Membantu menghancurkan tumor yang bersifat kanker

Gel lidah buaya membantu mendorong fungsi sistem kekebalan dan menghancurkan tumor yang bersifat kanker. Suatu studi yang diterbitkan dalam International Immunopharmacology (1995) menunjukkan bahwa polisakarida dalam lidah buaya memiliki aktivitas yang ampuh dalam mengaktivasi makrofage termasuk meningkatkan produksi nitrat oksida (yang mana memiliki potensi antitumor).

READ:  Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

4. Menstabilkan gula darah

Gel lidah buaya yang dikeringkan membantu menurunkan gula darah. Telah diteliti bahwa penderita diabetes yang mengambil lidah buaya selama 3 bulan mengalami penurunan tingkat gula darah puasa dan perbaikan kolesterol total. Ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki sifat anti-diabetik.

5. Memperbaiki kolagen

Lidah buaya sangat baik dalam memperbaiki kolagen. Sari lidah buaya memberikan bahan baku ke dalam makanan Anda yang bertanggung jawab dalam menjaga dan meghasilkan kulit sehat.

Saat kulit kita berubah setiap 28 hari, blok nutrisi dari lidah buaya membantu melawan efek penuaan. Lidah buaya juga meringankan luka bakar, sayatan, goresan, dan iritasi kulit.

6. Meningkatkan kesehatan gigi

Lidah buaya sangat baik untuk kesehatan mulut dan gusi. Aksi anti-bakteri dan anti-mikroba mempromosikan pertumbuhan dan penyembuhan sel. Ada beberapa gel gigi yang tersedia yang mengandung lidah buaya murni dan membantu menghilangkan masalah gusi berdarah dan sariawan.

7. Kesehatan kardiovaskular

Ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa ketika ekstrak lidah buaya diinjeksikan ke dalam darah, ia meningkatkan kemampuan difusi dan pengangkutan oksigen dari sel darah merah. Pada tahun 2000, suatu studi menyimpulkan bahwa lidah buaya dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan kolesterol tinggi karena ia memperbesar oksidasi dan sirkulasi darah.

READ:  Lidah Buaya, Tanaman Kenyal Beragam Manfaat

8. Menurunkan berat badan

Saat membantu membersihkan sistem pencernaan, lidah buaya memiliki sifat yang dapat membantu melawan kelelahan akibat diet. Lidah buaya dapat membuat Anda merasa lebih baik dan membantu menjaga berat badan. Lidah buaya dapat meningkatkan tingkat energi dan membuat Anda tetap segar dan aktif.

9. Meringankan nyeri sendi

Efek terkait penggunaan lidah buaya, eksternal dan internal. Lidah buaya bertanggung jawab dalam mengurangi peradangan dan menyingkirkannya. Hindari konsumsi daging merah, gula, dan makanan gorengan karena mereka merupakan pro-inflamasi dan tidak dapat dikurangi dengan lidah buaya. Lidah buaya dapat meringankan nyeri sendi dan otot.

10. Pelembab alami

Lidah buaya memiliki sifat melembabkan alami yang membantu menjaga kelembaban kulit. Dan juga membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan meningkatkan elastisitas. Lidah buaya memperkuat jaringan kulit dan menjaga kulit Anda sehat dan bersinar, sempurna untuk kulit berminyak karena menutrisi kulit tanpa membuatnya berminyak.

Lidah buaya melepaskan vitamin dan enzim alami ke dalam kulit yang mana membantu menjaga keseimbangan pH kulit Anda.